PIDATO : Nur M. Abdurrahman

Nur M. Abdurrahman Kelas: X-1

PIDATO

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat Pagi / Siang / Sore!

Yang terhormat Ibu Helfi dan teman-teman sekalian yang saya sayangi!

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat ALLAH SWT. Karena atas rahmatnyalah kita dapat dikumpulkan lagi di pagi yang cerah ini. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Beserta keluarganya, sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir zaman nanti.

Teman-teman yang saya sayangi!

Pada kesempatan yang mulia ini, saya akan berpidato tentang kerusakan lingkungan. Karena pada saat ini hanya segelintir orang yang peduli akan lingkungan. Padahal kita semua harus menjaga bumi ini agar kita dapat hidup damai dan tentram.

Teman-teman yang saya sayangi!

Selama ini banyak terjadi beragam jenis bencana alam yang hakekatnya karena ulah tangan manusia itu sendiri. Seperti: Banjir, Tanah Longsor, dan yang paling sering dibicarakan yaitu Global Warming. Sebenarnya, manusia tidak ingin mendapatkan beragam jenis bencana alam tersebut. Namun, tingkah laku manusialah yang telah mengundang bencana itu. Manusia membuang sampah sembarangan, menggunduli hutan, membuang emisi gas yang berlebihan, dan lain-lain.

Teman-teman yang saya sayangi!

Hal-hal tersebut dapat dihindari oleh kita semua. Penyebab utama bencana-bencana tersebut adalah manusia, maka manusia pasti bisa menghindari bencana-bencana tersebut. Bencana tanah longsor bisa kita cegah dengan: tidak menebang atau merusak hutan, penanaman pada daerah yang gundul, dan lain-lain.

Musibah banjir bisa kita cegah juga dengan: Membuang sampah pada tempatnya, menanam banyak pohon sebagai sumber resapan air, dan lain-lain.

Global Warming tidak bisa kita cegah, namun kita berusaha menanggulangi dengan cara: Menghemat energi, memakai kendaraan bermotor yang teruji ramah lingkungan, memakai kertas daur ulang, dan menanam pohon dalam jumlah banyak.

Teman-teman yang saya sayangi!

Saya sangat mengharapkan pidato ini dapat menggugah teman-teman untuk selalu menjaga alam yang kita gunakan bersama-sama ini.Semoga keturunan-keturunan kita di masa depan masih dapat menikmati bumi kita ini. Amin.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply