Pidato B.ind Gita SM

Sagita Widiyastuti

Reguler II A Farmasi

Teks Pidato Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT sehingga kita dapat berkumpul disini. Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan pidato saya mengenai Pengobatan Sendiri.

Pada umumnya, pengobatan sendiri dengan menggunakan obat bebas yang dibeli di apotik, toko obat, warung tanpa resep dokter bertujuan untuk mengatasi keluhan ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya seperti flu, maag, sakit kepala, diare, dll secara tepat dan bertanggung jawab.

Adapun keuntungan pengobatan sendiri yaitu biaya menjadi lebih rendah karena tidak perlu mengeluarkan biaya jasa untuk dokter, obat dapat diperoleh dengan mudah dan praktis karena dapat beli di warung atau toko terdekat, serta relatif cepat tanpa perlu ngantri.

Tetapi terdapat juga kerugian yaitu obat menjadi tidak aman , jika tidak memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada di brosur, dan sakit dapat menjadi lebih parah karena penyebab penyakit yang tidak diobati, yang diobati hanya akibatnya saja.

Pengobatan sendiri yang tidak rasional tersebut dipengaruhi oleh rendahnya tingkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku masyarakat dalam pemilihan obat. Hal ini dikarenakan beberapa hal antara lain sifat malas masyarakat untuk meminta bantuan tenaga kesehatan, kurangnya informasi yang benar dan objektif tentang obat.

Untuk itu sebagai tenaga kesehatan khususnya bidang farmasi marilah untuk meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang obat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat itu sendiri, selanjutnya berpengaruh pada kebiasaan atau perilaku masyarakat dalam melakukan pengobatan sendiri ke arah yang lebih benar dan rasional. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat antara lain melalui lisan dan tulisan. Dengan lisan misalnya dilakukan dengan pemberian ceramah, dialog, diskusi/ seminar. Dengan tulisan dapat berupa brosur, pamflet, poster, majalah, dan koran.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri wassalam Wr. Wb

Incoming search terms:

  • pidato tentang pemberian dan pengunaan obat yang benar
loading...

Leave a Reply