Pidato : Nama Dita Susanti

Nama: Dita Susanti

Kelas : XII IPA A

Tugas : Pidato

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat wali kelas XII ipa A, dan teman-teman yang saya cintai

Puji syukur kita panjatkan kehadirat allah swt yang telah memberikan kita rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat hadir di ruang kelas XII IPA A ini dalam rangka penyampaian pidato oleh masing-masing siswa. Pada kesempatan ini saya mencoba untuk menyampaikan pidato tentang pendidikan.

Ibu guru beserta teman-teman yang saya banggakan. Kita semua menyadari bahwa pendidikan itu sangatlah penting bagi setiap manusia. Karena perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh terutama melalui jalur pendidikan. Pendidikan itu sendiri adalah usaha dalam proses belajar mengajar untuk mengembangkan potensi diri yang berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pendidian itu tidak hanya dihasilkan melalui jalur pendidikan formal, akan tetapi juga melalui jalur pendidikan informal, maupun belajar secara mandiri. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan dapat berlangsung sepanjang kita hidup.

Seperti halnya di Indonesia saat ini. Pertabahan umur anak sekolah yang cepat dan kenaikan standar kelulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tidak diikuti dengan pertambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai di setiap daerah. Sehingga, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan pendidikan dan pengajaran secara merapa pada semua warga negara. Apalagi di daerah terpencil yang jauh dari kota. Sarana dan prasarana pendidikan disana sangatlah minim dan kurang memadai. Itulah yang membuat sebagian masyarakat berpendapat bahwa bangsa kita masih sebagai bangsa yang tertinggal dibandingkan dengan bangsa lain.

Oleh karena itu, cara satu-satunya untuk mancerdaskan bangsa ini adalah dengan meningkatkan pendidikan. Berbagai alasam masyarakat kita tidak menempuh pendidikan adalah terkait dengan masalah ekonomi dan masalah sosial.

Dengan pendidikan yang baik dapat menciptakan masyarakat yang cerdas dan dapat menumbuhkan jiwa yang baik dan bijak yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Serta dapat menjadi sumber daya manusia yng berkualitas dan mandiri, yang dapat bersaing di tingkat regional maupun global. Sehingga bangsa kita dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain, khususnya dikawasan asia.

Demikian pidato singkat dengan tema pendidikan yang dapat saya sampaikan. Dengan harapan dapat bermanfaat bagi kita bersama. Mohon maaf apabila dalam penyampaian ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Akhir kata wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum ww.wb

Leave a Reply