Naskah Pidato : Memperingati Bulan Bakti Peternakan

NASKAH PIDATO

Oleh : Nuryanto

NPM : 200110100274

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji hanya milik Allah tiada Tuhan selain Dia Yang Maha tunggal dan tiada sekutu bagi-Nya. Pada-Nya kerajaan langit dan bumi, Yang Maha Menghidupkan dan mematikan, dan pada-Nya pula tempat bergantung segala sesuatu. Dia-lah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada baginda yang mulia dan Al-Amin, Rasulullah SAW, beserta keluarga, sahabat-sahabatnya, dan umatnya yang selalu setia di bawah naungan Quran dan Sunnah hingga akhir zaman.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas kesempatan yang telah diberikan sehingga saya berada di depan pada saat ini. Dan yang saya hormati Bapak Kepala Dinas Peternakan wilayah Kabupaten Bandung, para pimpinan perusahaan dan koperasi se-Jawa Barat, para tokoh masyarakat dan hadirin yang berkesempatan hadir pada hari ini.

Dalam rangka memperingati bulan bakti peternakan yang tema tahun ini adalah meningkatkan usaha peternakan yang sejahtera dan berkelanjutan, saya akan memberikan 5 kata kunci untuk mencapai hal tersebut.

Pertama adalah manajemen usaha. Kalau kita mau mengelola sesuatu tentu yang kita pikirkan adalah bagaimana mengatur usaha agar bisa seefisien mungkin. Suatu usaha tanpa manajemen yang bagus hanya tinggal menunggu waktu bangkrutnya saja. Manajemen usaha memegang peranan penting dan kurang lebih 50% keberhasilan suatu usaha ditentukan oleh faktor bagaimana kita memanagemen usahakita. Kebanyakan dari kita masih memegang prinsip yang penting jalan dulu masalah managemen usaha urusan belakangan. Apa yang terjadi kemudian? Usaha tersebut berjalan berjalan apa adanya tanpa proses perencanaan, pelaksanaan rencana, control usaha dan evaluasi usaha, bisa dibayangkan selanjutnya.

Kedua adalah jalur pemasaran. semakin pendek jalur pemasaran maka keuntungan kita akan semakin besar. Memangkas jalur pemasaran akan menguntungkan semua pihak. Konsumen akan mampu menikmati produk kita dengan harga yang murah dan kita sudah mendapatkan keuntungan yang cukup. Mengapa produk peternakan kita masih mahal? Mengapa produk peternakan negara lain yang ada di negara kita harganya bisa lebih murah dari produk lokal? Salah satu jawabnya adalah panjangnya jalur pemasaran di pasar kita dan masih besarnya biaya produksi.

Kata kunci ketiga adalah penerapan ilmu dan teknologi. Peternak di luar negeri rata-rata termasuk masyarakat yang gampang menerima dan mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi baru. Mereka sadar teknologi akan membawa perubahan baru meskipun tidak secara langsung. Mereka sadar laju pertumbuhan dan perkembangan ternak tidak sebanding dengan tingkat kebutuhan manusia akan bahan pakan asal ternak. Oleh karenanya mereka yakin ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang ditemukan akan membawa perubahan hasil.

Keempat, Peran dinas atau instansi terkait. Ilmu pengetahuan seperti cara beternak yang benar tidak akan sampai kepada masyarakat lapisan bawah kalau tidak ada peran lembaga atau dinas terkait. Oleh karenanya tidak akan berguna sama sekali ilmu pengetahuan dan teknologi kalau peran dari dinas kurang berfungsi . Masyarakat dapat menerima ilptek baru bisa melalui bimbingan dari dinas terkait atau belajar secara sendiri. Sebagai contoh orang yang belajar kawin suntik pada unggas dia berhasil mengawinsilangkan itik dengan entok dan hasilnya bisa kita lihat sekarang. Banyak orang yang memburu tiktok akan tetapi produk tidak ada. Kalau hal ini kita sosialisaikan maka akan banyak orang bisa mengambil manfaat dari hal tersebut

Demikian kata kunci yang dapat saya sampaikan untuk meningkatkan usaha peternakan yang sejahtera dan berkelanjutan. Maka apakah yang menghalangi kita untuk berubah kepada yang lebih baik? Apakah yang menghalangi kita untuk mencoba cara beternak model baru yang lebih modern? Apakah yang menghalangi kita untuk menerapkan teknologi yang berkembang untuk kemajuan peternakan Indonesia? Maju peternakan Indonesia!. Terima kasih.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply