Naskah Lomba Pidato UNPAR

NamaPeserta: HERI SETIAWAN

Asal Sekolah: SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA

Naskah Lomba Pidato Peranan Pendidikan Dalam Era Globalisasi

Assalamualaikum wr. wb

Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat

Bapak / Ibu Dewan Juri Lomba Pidato Peranan Pendidikan Dalam Era Globalisasi

Peserta Lomba Pidato yang saya cintai.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berkat dan karunianyalah kita dapat berkumpul di acara lomba pidato dalam rangka HARDIKNAS Tahun 2009 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Universitas Palangka Raya.

Pidato yang saya bawakan ini bertopik Peranan Pendidikan Dalam Era Globalisasi dengan judul Paradigma Peran Pendidikan Indonesia di Era Globalisasi di Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan 101 Tahun Hari Kebangkitan Nasional sebagai apresiasi saya dalam turut serta membangun martabat dan memaksimalkan peran pendidikan di Indonesia dalam menyongsong era globalisasi.

Pendidikan adalah fondasi utama dalam upaya memajukan bangsa. Pendidikan juga merupakan penentu arah keberhasilan negara. Melalui pendidikan akan tercipta Sumber Daya Manusia yang siap menuju era globalisasi. Dengan demikian, pendidikan memegang peranan yang sangat vital bagi keberlangsungan pembangunan oleh para tunas bangsa. Era globalisasi yang telah menghadang di depan mata harus disinergiskan dengan pendidikan yang berkualitas. Realitas menunjukkan bahwa hanya 80% – 90% tunas-tunas bangsa yang dapat menyenyam pendidikan. Sisanya menghabiskan masa-masa pendidikannya dengan mengarungi kerasnya hidup dengan mencari nafkah. Sungguh ironis , padahal dengan jelas tertera pada konstitusi kita, UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1) yang menyatakan bahwa Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan tapi apakah terbukti atau hanyalah konstitusi yang tertulis tanpa implementasi. Kita tunggu saja bagaimana langkah pemerintah sekarang dalam memenuhi konstitusi itu.

Sebelum kita menelaah peran konkrit dari pendidikan di era globalisasi, apakah kita telah sadar bahwa tunas-tunas bangsa yang mampu mengubah nasib bangsa ini tidak ikut berperan dalam memajukan bangsa ini melalui pendidikan. Tidak pula ikut bersaing dikancah globalisasi dengan mendapat pendidikan yang tinggi. Dan sungguh menyayat hati ketika fakta berbicara bahwa sampai detik ini pun belum tampak adanya pembenahan yang signifikan dalam pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan. Masih banyak yang buta pendidikan karena berada di garis kemiskinan dan berada di pedalaman kota sehingga tidak terjamah oleh peran pendidikan. Padahal betapa pentingnya pendidikan bagi pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, siap latih, siap kerja dan siap bersaing.

Globalisasi membawa pengaruh yang luas di berbagai bidang kehidupan mulai dari politik, ekonomi, budaya hingga pendidikan. Pendidikan dan era globalisasi menjadi issu penting dalam wacana skala nasional maupun internasional. Globalisasi akan memacu pendidikan dalam peran sentralnya membangun masyarakat berpengetahuan dari tingkat standar hingga professional yang menjadi penentu kemajuan ekonomi. Maka, pendidikan menjadi investasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan yang terdepan.

Paradigma peran pendidikan di kalangan masyarakat luas masih memprihatinkan. Tidak sedikit masyarakat yang menganggap remeh peran pendidikan bagi masa depannya di era globalisasi ini. Segelintir anggapan masyarakat yang menganggap pendidikan tidak akan mampu mengubah nasib mereka telah mendarah daging dan sulit untuk dihilangkan. Padahal, Paradigma peranan pendidikan dalam pembangunan tidak bersifat linier atau konstan tanpa hasil dan unidimensional melainkan peranan pendidikan yang bersifat interaksional (komunikatif ) dengan kekuatan-kekuatan dalam upaya pembangunan. Dalam proses pembangunan, pendidikan amatlah strategis. Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk aspek sosial, ekonomi, politik dan kultural dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan bangsa secara keseluruhan dan dapat terwujud dengan pendidikan. Pendidikan adalah tokoh sentral dalam pembangunan.

Persaingan di era globalisasi sangat membutuhkan pendidikan tinggi. Dengan pendidikannlah kita mampu bertahan dan bersaing di era bebas, era persaingan, era globalisasi. Vonis bahwa pendidikanlah yang menentukan daya saing dalam era globalisasi merupakan bukti peran pendidikan di era globalisasi. Pendidikan tidak hanya berperan dalam pemberantasan buta aksara, pembuka wahana pengetahuan, pengembangan bakat dan minat tetapi lebih daripada itu. Peran pendidikan yang utama adalah bekal pengetahuan dalam persaingan tenaga kerja era globalisasi yang menjadi tombak keberhasilan kita dan keberhasilan bangsa.

Bangsa yang mempunyai banyak tenaga terdidik, berpengetahuan, dan menguasai teknologi akan memiliki daya saing dalam era globalisasi. Inilah wujud konkrit dari peran pendidikan dalam penentu keberhasilan dalam era globalisasi.

Melalui peringatan HARDIKNAS dan 101 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, menjadi cambuk kita bersama untuk turut serta meningkatkan mutu pendidikan dengan lebih giat dan rajin belajar sehingga tercipta Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi. Kita sebagai tunas-tunas bangsa penerus perjuangan Ki Hajar Dewantara harus mampu membangkitkan semangat meraih pendidikan setinggi-tingginya. Kokohkan pilar kebangkitan nasional secara komprehensif dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya sebagai bekal dalam daya saing di kancah globalisasi.

Pertanyaan besar saya adalah apakah bangsa Indonesia ini mampu menembus globalisasi dengan mutu pendidikan yang masih dipertanyakan ini. Mutu yang masih rendah, padahal peran pendidikan sangat vital. Walupun demikian kita harus mampu mengisi pendidikan dengan sungguh-sungguh bagi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, siap latih, siap kerja dan siap bersaing di era persaingan, era globalisasi.

Mulai saat ini, mari kita maksimalkan peran pendidikan dalam era globalisasi dengan terus meningkatkan mutu belajar dan terus bangkit dari keterpurukan dan kebobrokan bangsa ini. Tumbuh dan kembangkan semangat untuk maju dan selalu pegang slogan Pendidikan adalah investasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan yang terdepan. Semoga melalui pidato ini kita mampu meraih pendidikan setinggi-tingginya sehingga mampu bersaing di era globalisasi. Amien . . .

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalah kata, sebab kesempurnaan hanya milik Tuhan semata. Pendidikan adalah investasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan yang terdepan. Pendidikan tinggi, cara mudah bersaing di era globalisasi. Terima kasih.

Selamat Pagi.

Wassalamualaikum wr. wb

HERI SETIAWAN

NIS. 7059

SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA

Leave a Reply