Pidato Awwa Jg : Hari Kamis, Tanggal 7 Mei 2009, Jam 2

Hari Kamis, tanggal 7 Mei 2009, jam 2 siang, di gedung Koperasi, SMA Yayasan Pupuk Kaltim mengadakan agenda tetap tahunan yaitu Perpisahan Kelas XII. Sebuah acara yang setiap tahun dilakukan, dikenang, akhirnya akan terhapus oleh acara perpisahan berikutnya. Begitu seterusnya. Acara perpisahan kali ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Bapak Ibu guru yang biasanya tampil sederhana dengan seragam lurik birunya, kini tampil lebih segar dengan baju batik. Siswa-siswa pun untuk terakhir kalinya memakai seragam khas batik YPK. Siswa yang biasanya tidak rapi untuk pertama kalinya tak perlu di ingatkan untuk memasukkan bajunya. Tak perlu panjang lebar hanya untuk memakai sabuk ikat pinggangnya. Siswa yang berbadan tambun pun tampak rapi dengan baju dimasukkan lengkap dengan ikat pinggang hitamnya.
Sambutan-sambutan yang disampaikan di atas podium tak menggetarkan hati kami, sampai saat seorang guru "Pak Achmad Riwayadi" tampil ke atas podium dan menyampaikan untaian kata hatinya. Kata-kata yang disampaikan Pak Achmad benar-benar menyentuh perasaan kami. Kata-kata bijak yang memperkokoh keyakinan kami akan pilihan hidup untuk menjadi seorang guru. Kata-kata yang sarat makna itu mampu merobohkan benteng ketegaran yang coba kami tahan di dalam mata kami. Mata kami basah air mata…..

"Seorang guru, ibarat mengibarkan bendera-bendera ke angkasa. Bendera itu adalah murid-murid kita. Kibarkanlah bendera itu setinggi-tingginya hingga sampai ke puncak kejayaan. Jangan berkecil hati jika suatu saat sang pengibar bendera itu pun aka menghormati bendera yang dikibarkannya. 
Jika anak-anak didik kita lupa pada gurunya, lupa pada orang yang hafal namanya, yang hafal nilai-nilainya, bahkan hafal nomor plat motornya, maka mungkin kita jugalah yang telah melupakan guru-guru kita." 

Pesan tersirat yang disampaikan Pak Achmad bagi para orang tua dan pengurus yayasan adalah bahwa:

"Jam kerja guru tak terbatas. Jam kerja guru bukan hanya di kelas, bukan hanya di sekolah. Sampai-sampai waktu untuk keluarg terkurangi demi membuat soal-soal Try Out atau mengoreksi pekerjaan siswa. Menjadi guru adalah cita-cita dan pilihan hidup. Jika Allah berkenan kami ingin menjadi guru di Yayasan Pupuk Kaltim ini hingga akhir masa pensiun kami. Hingga pensiun nanti kami masih tercatat sebagai pensiunan guru di Yayasan Pupuk Kaltim ini."

Kata-kata pilihan Pak Achmad sangat bermakna. Kalimat tersusun dengan cantik. Ungkapan hati Pak Achmad ini dapat mewakili kami, guru-guru yang tak semuanya piawai berbicara. Orang-orang seperti Pak Achmad harus tampil lagi di acara perpisahan tahun-tahun berikutnya. Orang yang cakap berpikir, mahir berbicara, dan santun bertutur. Sehingga ucapan perpisahan ini akan dikenang siswa-siswa hingga mereka berkelana entah ke mana. Kata-kata perpisahan seperti yang disampikan Pak Achmad inilah yang akan menutup lembaran sekolah siswa berwarna lebih indah. Kata-kata yang disamapaikan Pak Achmad berasal dari hatinya yang tulus maka akan sampai pula pada hati para pendengarnya.

Ketika lagu "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" di lantunkan dengan iringan gitar akustik yang merdu…tetes air mata semakin deras mengalir………..

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sbagai prasasti terima kasihku
Tuk pengaabdianmu..
Engkau s’bagai pelita dalam kegelapan 
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa.

Lagu ini, setiap tahun dinyanyikan, selalu tak dapat menahan air mata kami. Tetesan air mata masih membekas hingga acara ditutup dengan bersalam-salaman. 

Selamat Jalan anak-anakku
Doa kami merestui langkahmu
raih cita dan cintamu
berkibarlah di angkasa raya…..

00000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000

Pidato Perpisahan Kepala Sekolah Drs. H. Odang P. Heryana
oleh H. Tedi Setiadi S.Pd. M.Pd ( Ketua Pelaksana)

Assalamualaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillhirabilalamin.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Karena atas karunia dan rakhmatnya kita masih diberikan kekuatan dan keselamatan serta kenikmatan. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjunan dan tauladan kita yakni Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya dan kepada umatnya hingga akhir zaman.

Yth.

Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

Bapak Plh. SMAN 2 Tasikmalaaya

Pengawas Pembina SMAN 2 Tasikmalaya

Bapak Ketua Komite SMAN 2 Tasikmalaya

Bapak Drs. H. Odang P. Heryana berserta Ibu

Para Mantan Kepala, Guru dan TU SMAN 2 Tasikmalaya

Serta Bapak Ibu Guru dan TU SMAN 2 Tasikmalaya

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami seluruh keluarga besar SMAN 2 Tasikmalaya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadirannya serta menyampaikaan Taqoballahu Mina WaminKum Siamana Wasiyamakum, mohon maaf lahir dan batin.

Bapak dan ibu serta hadirin yang kami hormati,

Hari ini merupakan hari yang paling berbahgia karena pada hari yang fitri ini Insya Allah kita bisa saling memaafkan atas segala kekhilafan-kekhilafan yang telah kita lalui bersama dan setelah kita kurang lebih 1 bulan kita melaksanakan ibadah puasa. Akan tetapi pada hari ini pula kita merasakan kesedihan yang mendalam karena orang yang kita banggakan,  orang yang telah berjasa memajukan SMAN 2, dan telah banyak berkorban demi kemajuan kita, kini akan meninggalkan kita karena telah memasuki masa purna bakti yaitu Bapak Drs. H. Odang P. Heryana.

Memang kami sadar bahwa setiap ada perjumpaan pasti ada perpisahan. Karenanya apalah daya kami, walau berat hati terpaksa merelakan bapak untuk memasuki masa pensiun.

Namun demikian pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah kami mengenang kembali secara garis besar prestasi prestasi  yang telah dilakukaan oleh Bapak H. Odang selama kurang lebih 4 tahun 6 bulan  antra lain :

a. Secara Kelembagaan

SMAN 2 Ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah BI. (Se Jabar hanya 42 sekolah)

Memiliki nilai akreditasi tertinggi yaitu A  dengan nilai amat baik (tertinngi di Tasikmalaya dan berada urutan ke 4 di Jabar)

Mampu menggeser raw input yang semula selalu berada di urutan ke-2 menjadi urutan ke-1 dari passing grade.

Memiliki Nilai rata-rata Nilai Ujian Nasional terbaik Se Jabar untuk Program IPA tahun 2008.

Guru-guru berlomba-lomba mengikuti kuliah S2. Yang telah selesai sebanyak 15 orang, dan sedang menyelesaikan 5 orang.

b.  Sarana Prasarana dilengkapi a.ll :

1. Perubahan tampak muka sekolah sehingga menjadi lebih tangibel

2. Adanya ruang TRRC (sebagai pusat referensi guru)

3. Fasilitas Teknologi Iinformatika dan Komputer dilengkapi dengan 2 ruang lab komputer lengkap dengan hot spot

Terwujudnya Lab. Biologi dan Bahasa

Gedung ruang Komite dan satpam

Pembangunan aula serbaguna.

c. Selanjutnya dalam bidang Kurikulum dan Kesiswaan ada Kurang lebih 280 prestasi kejuaraan mulai TK Kota, Priangandn Provinsi dan Nasional dari :

1. Juara juara Olimpiade Sains (Mat, Fis,Kim,Bio,Astro,Kebu

2. LCT IPA dan IPS dan bahasa

3. Debating

4. Olah raga dan Seni (

5. Musabqoh Fahmil Quran

Bapak Ibu yang terhormat selanjutnya :

1. Kurang lebih 201 orang lulusan bisa diterima di beberapa perguruang tinggi ternama itupun yang melapor

2. Juara Olimpiade TK. Kota, Provinsi dan Tingkat Nasional a.l. Medali emas olimpiade matematika

3. Juara 1 LCT UUD RI TK Jabar se indonesia

d. Bapak Ibu yang terhormat selain dari siswanya yang berprestasi , guru pun ikut berprestasi pula a.l. :

1. Guru prestasi tahun 2005 Tedi Setidi Juara 1 TK.Kota dan 2 TK. Provinsi

2. Tahun 2006 Drs. Solihin Juara 1 TK. Kota

3. Tahun 2007 Drs. H. Dudung B Jur 1 TK Kot

4. Tahun 2008 Dra. Elin Darliah  Jur 1 TK Kota dan Jur 1 Tk Provinsi

5. Tahun 2009 Dra. Elin Yuliani Jura 1 Tk Kota

Bapak ibu serta hadirin yang terhormat kami seluruh keluarga besar SMAN 2 tsm  memohon kepada bapak ibu sekalian untuk memaklumi dan memaafkan kesalahan-kesalahan kami selama ini baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Karena kami sadar bahwa kami tetap tidak luput dari salah dan dosa.

Selanjutnya Kepada Bapak Drs. H. Odang kami mendoakan semoga bapak dan ibu sekeluarga dalam keadaan sehat selalu, sellu diberikan rahmat dan hidayah serta diberikan rizki yang banyak. Semoga di lingkungan baru nanti, bapak dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan mampu membawa kemajuan pula seperti yang telah bapak lakukan terhadap SMAN 2 . Dan juga semoga setelah kepergian bapak nanti, tidak serta merta melupakan kami dan sekolah ini, Kenangan selama bapak memimpin sekolah ini akan selalu kami kenang

Selanjutnya kamipun memohon doa kepada para mantan serta hadirin sekalian bimbinglah kami, tegorlah kami bila salah, dan doakan kami karena dimasa yang akan datang akan begitu banyak tantangan dan rintangan, akan tetapi kami meyakini bahwa dibalik tantangan itu pasti ada peluang untuk dijadikan kekuatan untuk bisa lebih maju dan berkiprah sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Bapak Kepala Dinas Yang terhormat, siapun yang akan menjadi Kepala SMAN 2 menggantikan Bapak Drs. H. Odang  kami menerima dengan senang hati, yang terpenting mau mengemban visi dan misi SMAN 2 Tsk,

Dan yang paling utama mohon secepatnya ada penujukan kepala sekolah yang definitive.

Akhirnya kepada bapak ibu guru/TU serta panitia kami mengucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya dengan baik.

Selamat jalan Bpk H. Odang selamat menikmati masa pensiun.

Demikian yang bisa saya sampaikan.

wassalamualaikum wr.wb.

Incoming search terms:

  • contoh untaian kata dan ungkapan perasaan dari wakil guru
loading...

Leave a Reply