Pidato Bi : Tema Kesenian

Tema: Kesenian

Penghargaan Kesenian Tradisional

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru bahasa Indonesia,

Serta teman-teman yang saya cintai.

Puji Syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena pada siang hari ini kita masih dapat berkumpul di tempat ini. Terima kasih saya ucapkan karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato singkat saya tentang kesenian.

Saudara sekalian, sebagaimana kita ketahui, tiap bangsa mempunyai budaya / kesenian tersendiri yang menjadi ciri khas tiap tiap bangsa. Seperti kesenian tradisional yang kita punya.

Namun, kesenian tradisional ini mulai luntur, dengan banyaknya pemuda / pemudi yang tidak mengetahui dan mengenal kesenian tersebut. Minimnya ahli seni di Indonesia juga membuat informasi tentang kesenian berkurang. Selain itu kata tradisional yang membuat masyarakat mengartikannya kuno dan dianggap tidak keren.

Hilangnya apresiasi terhadap kesenian tradisional tampak pada beberapa hal. Antara lain, remaja lebih menguasai alat musik, tarian, lagu lagu, serta bahasa bahasa dari negri orang, dibanding dari negri kita ini. Dan yang lebih parah, kesenian asli Indonesia kebanyakan lebih popular di luar negri. Dan lebih diapresiasi, tidak hanya dari segi pengenalan tetapi juga tentang seluk beluk kesenian kita.

Lunturnya kesenian tradisonal ini mungkin belum dirasa saat ini. Karena kesenian tersebut masih hadir ditengah tengah kita walaupun dalam jumlah yang sedikit. Pengambilan kesenian kita oleh negara lain merupakan peringatan bagi bangsa ini. Bila terus berlanjut, budaya kita akan hilang, sehingga bangsa ini tidak akan punya ciri khas lagi yang bisa dibanggakan.

Ada baiknya dilakukan pencegahan sebelum terlambat. Memberi atau memperkenalkan kesenian tradisional pada siswa dasar dan memulai membiasakannya di kehidupan sehari hari. Peran ini baiknya didukung tidak hanya oleh sekolah melainkan juga para orang tua. Karena lingkungan juga akan mempengaruhi kebiasan seseorang. Pemerintah juga baiknya membawa kembali antusiasme masyarakat pada kesenian tradisional dengan memberlakukan beberapa kebijakan. Selain itu, juga perlunya penghargaan kepada para ahli seni khususnya kesenian tradisional yang masih memperhatikan kesenian ini. Supaya generasi berikutnya juga termotivasi dalam mengembangkan kesenian tradisional ini.

Sebagai remaja hendaknya kita mengembalikan kebudayaan kita yang nyaris hilang ini. Mari kita ganti persepsi kuno menjadi suatu kebanggan karena telah memiliki kesenian yang hebat ini. Bagaimana jadinya kalu bangsa ini nantinya tidak mempunyai ciri khas ? Oleh karena itu, mari kita mulai dari diri kita masing masing untuk memulai mengenal dan mencintai kesenian tradisional ini. Mari kita beri penghargaan yang pantas pada kesenian ini. Karena kita lah yang nantinya akan meneruskan kepemimpinan bangsa ini dan meneruskan warisan budaya ini. Karena kesenian tradisional ini merupakan inventaris bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan adanya.

Sekian pidato singkat saya. Terima kasih, selamat pagi.

Leave a Reply