Naskah Pidato : KAP

KAP : 414062 – 711746
PIN : 1949 – 6947 – 9279 – 4153 

NASKAH PIDATO

Ujian Akhir Sekolah

Tahun Pelajaran 2013/2014

1) Bahaya Narkoba

2) Manfaat Hidup Sehat

Nama : Muhammad Fadel Baabud

Nomor Ujian : 5D23140

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 55 JAKARTA

Jalan Potlot, Durentiga, Pancoran, Jakarta Selatan

Assalamualaikum wr wb.

Salam sejahtera buat kita semua

Yang terhormat Bapak Yazid dan Ibu Dumaria sebagai guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang berbahagia .

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan rezkinya kepada kita berupa kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini, untuk melaksanakan ujian praktek Bahasa Indonesia.
Pidato saya bawakan kali ini adalah tentang bahaya nakoba.

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.  Sementara nafza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya (obat-obat terlarang, berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut).

Di Indonesia, pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar.

Penggunaan narkoba mulai sangat meresahkan. Akibat pemakaian narkoba ini, tidak saja mengakibatkan kerugian bagi si pemakai tapi juga membuat kehilangan nyawa orang lain yang tidak memakainya.
Para hadirin sekalian. Narkotika dapat menghilangkan rasa sakit dan membuat sensasi sehingga penggunanya merasa senang karena tidak terganggu masalah yang dihadapinya. Namun, penggunaan yang belebihan dapat menyebabkan kematian. Sebagai contohnya adalah kokain.

Kokain merupakan perangsang korteks yang sangat kuat. Pada manusia zat ini menyebabkan banyak bicara, gelisah dan euforia. Kokain dosis kecil dapat memperlambat denyut jantung, pada dosis sedang denyut jantung bertambah, dan pada dosis besar menyebabkan kematian mendadak karena payah jantung.

Contoh lain adalah morfin dapat menghilangkan rasa sakit. Namun, morfin menyebabkan rasa kantuk dan lesu, kebingungan, perasaan bahagia yang berlebihan dan gangguan sistem pernapasan yang tentu dapat berakibat fatal.

Jadi intinya penggunaan narkoba dapat menimbulkan komplikasi medis. Pengaruhnya pada otak dan susunan syaraf pusat, saluran napas, jantung, hati menyebabkan penyakit menular, sistem reproduksi dan komplikasi pada kehamilan.

Pada otak mengakibatkan gangguan daya ingat, gangguan pengendalian diri sehingga sulit membedakan baik dan buruk, gangguan motivasi sehingga malas untuk sekolah atau belajar. Pada saluran pernapasan dapat terjadi radang paru-paru, pembengkakan paru-paru.

Pada jantung dapat mengakibatkan peradangan otot jantung dan penyempitan pembuluh darah jantung. Pada hati dapat menyebabkan hepatitis B dan C. Dapat mengakibatkan kemandulan dan panyakit lainnya.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, mengingat dapak yang sangat berbahaya dan merugikan, sudah seharusnya kita menghindari penggunaan narkoba. Bagaimana kiranya langkah yang tepat untuk menghindarinya? Pertama hindarilah lingkungan/kelompok teman yang menggunakan narkoba. Jangan sampai terbujuk untuk mencobanya.

Usahakan memberi alasan yang cukup kuat dan masuk akal agar bisa menjauhi lingkungan atau teman pemakai narkoba. Kedua tanamkanlah rasa percaya diri dan selalu ingat bahwa narkoba hanya dapat memberikan dampak negative dan bahakan dapat menyebabkan kematian.

Terakhir aktiflah berolahraga, makan makanan sehat dan istirahat tidur yang cukup. Keempat aktiflah dalam kegiatan ibadah, selalu ingat pada tuhan dan dosa yang dapt timbul, jalin komunikasi yang akrab dengan keluarga.
Sekali lagi saya tekankan bahwa narkoba hanya akan merugikan penggunanya. Menghindari penggunaan narkoba memang harus dilandasi keyakinan dan teguh hati pada diri sendiri. Ingatlah bahwa impian dan cita-cita yang selama ini kita kejar dapat hancur berkeping-keping hanya karena narkoba. Jika sudah terjerumus, narkoba tidak akan berkata ampun dan akan terus mempengaruhi kita.

Keputusan ada ditangan kita sepenuhnya, sebelum kita menyesal di akhir nanti. Demikian pidato dari saya semoga pidato ini dapat bermanfaat pada kita semua. Terima kasih, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb.

Mardjono, Mahar. 2007. Farmakologi dan Terapi. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Rozak, Abul. 2009. Remaja dan Bahaya Narkoba. Jakarta: Prenada Media Group.

Star, Relon. 2010. Aku Bebas Dari Jerat Narkoba. Jakarta: PT. Gramedia.

Sunarno. 2012. Bahaya Narkoba dan Upaya Pencegahannya. Jakarta: PT. Bengawan Ilmu.

Arsjad, Satria. 2009. Narkoba Buat Hidup Sengsara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Assalamualaikum wr wb, Yang terhormat Bapak Yazid dan Ibu Dumaria sebagai guru Bahasa Indonesia dan teman-teman sekalian.pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul manfaat hidup sehat.

Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Karena semua itu dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu.

Adapun beberapa hal yang harus kita lakukan, ini cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan tiga langkah pokok sebagai berikut:

Langkah pertama. Olahraga. Ini adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Jenis olahraga yang kita lakukan untuk membantu pembakaran metabolisme didalam tubuh. Adapun manfaat dari olahraga yaitu: Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, meningkatkan kemampuan untuk bergerak,mencegah osteoporosis,Meningkatkan kemampuan otak pada orang usia lanjut.

Langkah kedua. Melakukan gerakan ringan. Anda dapat mengurangi berat tubuh, tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Berikut ini adalah kegiatan untuk melakukan gerakan ringan.

Matikan televisi anda. Bermainlah bersama teman, keluarga. Aktifitas apa saja daripada duduk terdiam sambil menonton televise,Berjalan-jalan. Cobalah untuk menyempatkan diri untuk berjalan kaki. Tidak peduli berapa lama dan berapa jauh,Lakukan kegiatan rumah. Melakukan kegiatan dirumah seperti membersihkan lantai rumah, merapikan dan menyapu dihalaman rumah.

Langkah ketiga. Makan yang cukup. Makan dengan gizi seimbang dan cukup adalah salah satu penunjang untuk hidup sehat. Adapun makanan yang harus ada dalam daftar menu anda sebagai berikut:

Makan lebih banyak buah-buahan,Lebih banyak untuk mengkonsumsi sayur-mayur,Makanlah makanan yang rendah lemak,Menyiapkan makanan pengganti. Misalkan, ikan diganti daging, nasi diganti gandum dan begitu pula sebaliknya.

Manfaat vitamin dan mineral berperan cukup besar bagi kesehatan tubuh. Contohnya vitamin A pada makanan berperan mencegah penyakit jantung arteri koroner,memiliki efek anti kanker dan menjaga kesehatan mata.

Kekurangan atau devisiensi vitamin dan mineral menimbulkan berbagai gejala atau gangguan pada tubuh seseorang contohnya kekurangan vitamin B1 dapat menimbulkan penyakit beri-beri,kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan gejala sakit tenggorokan dan radang disudut mulut. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi melunak,mudah berdarah dan membengkak dan pendarahan diotak

Untuk membuat hidup kita menjadi lebih sehat, lakukan perubahan kecil terlebih dahulu. Agar kita lebih siap untuk menyusun program hidup sehat yang lebih tersusun.

Dan apabila seseorang telah melakukan dan menerapkan pola hidup sehat akan mendapatkan manfaat, yaitu : Dapat tidur dengan nyenyak, dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja, dapat belajar dengan baik,Berpikiran positif dan sehat merasa damai, nyaman dan tentram ,memiliki penampilan yang sehat, menghemat pengeluaran untuk kesehatan, terhindar dari penyakit.

Dengan demikian jelas bahwa dengan melakukan pola hidup yang sehat, banyak manfaat yang akan didapat. Maka di akhir pembicaraan, marilah kita jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat.

Sekian pidato yang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam saya menyampaikan pidato. Wabillahi Taufik Wal Hidayah,

Wassalamualaikum wr wb.

Mardjono, Mahar. 2007. Farmakologi dan Terapi. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Waluyo, Kusno. 2009. Gizi dan Pola Hidup Sehat. Jakarta: PT. Yrama Widya.

Hartati, Sugi. 2013. Anakku Sehat tanpa Dokter. Jakarta: Stiletto Book.

Wang, Andri. 2014. Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Almatsier, Sunita. 2011. Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

http://www.kaskus.co.id/thread/522c80a205346a237d000007/syarat-syarat-tes-akpol/

Leave a Reply