PIDATO KESEHATAN Ika : Awal

PIDATO KESEHATAN awal

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat tuhan yang maha esa, karena berkatnya kita dapat berjumpa pada pagi hari ini. yang saya hormati guru B.Indonesia, dan teman-teman yang saya banggakan. Dalam kesempatan ini saya akan berpidato tentang kesehatan.

Saat ini banyak sekali warga yang terserang penyakit, maka dari itu kita harus menjaga kesehatan karena saat ini banyak sekali penyakit yang menular seperti flu burung, penyakit mata, hepatitis, dan lain lain. Faktor-faktor yang memudahkan manusia terserang penyakit adalah. Pertama lingkungan yang kotor, agar lingkungan kita terbebas dari wabah penyakit, kita harus menjaga kebersihan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, mengubur barang-barang bekas, serta menguras bak mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk. Penyakit yang bisanya di sebabkan oleh lingkungan yang kotor adalah gatal-gatal, penyakit kulit, dan lain lain. Yang kedua adalah pencemaran udara, pencemaran udara di akibatkan oleh asap yang berasal dari pabrik dan kendaraan bermotor, serta saat ini juga banyak terjadi penggundulan hutan. Sehingga udara menjadi tidak segar dan sangat kotor. Maka dari itu mari kita lakukan penghijauan dengan menanam pohon dan hentikan penggundulan hutan. serta kurangilah penggunaan kendaraan bermotor. Dan yang ketiga adalah kurangnya istirahat, banyak masyarakat yang lebih mementingkan pekerjaannya dari pada istirahatnya. Sehingga badan terasa lemas dan lelah. maka dari itu sesibuk apapun pekerjaan kita, sempatkanlah untuk beristirahat. dan tidur dengan cukup yaitu 8 jam. terutama anak-anak kelas 9 yang akan melaksanakan ujian nasional. istirahatlah yang cukup agar kita dapat beraktivitas dengan lancar dan semangat.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolah raga, yaitu seperti senam, lari pagi dan lain lain. Makan makanan yang sehat dan bebas dari kuman, istirahat yang cukup dan tidur yang teratur. Maka dari itu jagalah kesehatan, tinggalkan pola hidup yang malas dan jorok. terapkan pola hidup yang bersih dan disiplin.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata, karena saya hanyalah manusia yang tak luput dari kesalahan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

PIDATO KESEHATAN 1

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rohmat dan hidayahnya sehingga kita dapat melaksanakan Ujian Praktek Bahasa Indonesia pada hari Sabtu ini, dengan lancar tanpa kurang suatu apapun. Shalawat serta salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Junjungan kita Nabi besarkita Muhammad SAW.

Yang terhormat bapak ibu guru dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini saya kan membahas tentang Pola Hidup bangsa Indonesia yang Kurang Sehat

Sekarang ini sedang merebak penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungn yang kurang bersih dan  pola hidup yang tidak sehat. Timbulnya penyakit ini dipengaruhi oleh rendahnya kesadaran tentang kebersihan lingkungan, dan pola makan yang tidak  teratur,makan tidak bergizi, kurang olah raga, makan makanan instan. Beberapa contoh penyakitnya antara lain: diabetes melitus, mag dan obesitas yang disebabkan pola makan yang tidak teratur, gatal-gatal, ispa, panu yang disebabkan oleh menggunakan air yang kotor, dan masih banyak penyakit lainnya.

Beberapa cara untuk mencegah dan meminimalisir penyakit tersebut, dengan:

1.      Mengurangi konsumsi makanan yang berminyak, berlemak  dan berkarbohidrat tinggi, karena ini membuat tubuh kita menjadi kurang sehat.

2.      Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

3.      Olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

4.      Hilangkan kebiasaan begadang karena itu membuat kesehatan tubuh kita menurun.

Kesimpulanya bahwa pola hidup yang sehat akan membuat hidup kita jauh lebih baik.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata dan tutur kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb

Pola Hidup Sehat

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat Ibu pembimbing, serta teman-temanku yang berbahagia

Di pagi yang cerah ini marilah kita panjatkan Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rizky berupa kesehatan. Tak lupa sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan jahiliyah menuju jalan yang terang-benerang, yakni Agama Islam. Kami ucapkan terimakasih karena telah menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini.

Teman – temanku sekalian, sudakah kalian menerapkan pola hidup sehat? Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menerapkannya, tapi bagaimana dengan kalian yang belum? Baiklah kali ini saya akan membahas tentang pola hidup sehat. Pola hidup sehat memang sangat penting, selain dapat membuat badan sehat, juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, istirahat, optimis dan pribadi yang kuat.

Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas maupun kekurangan gizi. Berikut ini cara menjaga pola makan yang benar:

1.      Tidak terlalu banyak mngkonsumsi karbohidrat dan lemak

2.      Mencukupi kebutuhan makanan berserat

3.      Menghindari bahan pangan yang dalam jangka panjang dapat memicu kanker

4.      Mencukupi kebutuhan minum air putih

5.      Memenuhi asupan sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari

6.      Manghindari minum berlebih saat makan

Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak yang mengabaikannya padahal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur dapat menberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain olahraga istirahat juga perlu diperhatikan.

Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, bahkan kegagalan dan halangan malah dianggapnya sebagai pelajaran. Optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua komponen penting yang bekaitan dengan pengendalian diri. Pertama pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak. Kedua tidak berlabih dalam menjalani.

Tidakkah pola hidup sehat itu menyenangkan? Bermanfaat pula. Pola hidup sehat ini harus diterapkan terutama kepada diri sendiri. Awalnya memang berat, tapi apabila dilakukan berulang kali lama- kelamaan juga akan terbiasa. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Maaf apabila ada salah, kami akhiri

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply