Pidato Rifa : Kepada Yth, Dra. Agustina Djati Selaku Penguji

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Kepada Yth, Dra. Agustina Djati selaku penguji ujian praktik Bahasa Indonesia, serta teman-teman yang saya cintai dan saya hormati. Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah telah memberikan rahmat dan kenikmatan-Nya, sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua kata. Pada ujian kali ini saya akan membawakan pidato dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Memperoleh Kesempatan Kerja.

Bicara tentang Sumber Daya Manusia, kita pasti bertanya apa sih sebenarnya Sumber Daya Manusia? Sumber Daya Manusia bukan hanya dilihat dari jumlah jiwa yang mendiami suatu negara, namun juga menusia-manusia yang terampil, kreatif, dan inovatif. Dalam dunia pekerjaan sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkualitas dalam segi pengetahuan, ketrampilan dan sikap.

Pengetahuan dapat kita dapatkan dalam sebuah pendidikan, bukan hanya pendidikan formal saja melainkan juga dari pendidikan non formalnya karena belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dimana saja bukan?

Selain juga pengetahuan, ketrampilan dan sikap juga perlu dalam sebuah pekerjaan. Menurut teori ESI bahwa dalam dunia pekerjaan IQ (Intelegent Quotient) hanya dipakai sebesar 20% dan 80% nya adalah EQ (Emotional Quotient) jadi sebuah emosial dalam meningkatkan hubungan kepada atasan dan juga para klien. Intinya manusia yang berkualitas itu siap untuk bekerja dimana saja, mau terus memperbaiki dirinya baik pengetahuannya, ketrampilan dan juga sikapnya.

Sekian yang dapat saya sampaikan, maaf apabila ada kesalahan kata, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Nama: Rifa Puji Astuti

No.: 33

Kelas: XII IPA 1

Leave a Reply