Pidato : PMB (Penerimaan Mahasiawa Baru)

Nama : Dery Prasetyo

NIM : 21060111083019

Tema : PMB (Penerimaan Mahasiawa Baru)

Topik : sambutan komandan tingkat (komting) 2011

Yang terhormat Ketua Jurusan Program Studi Diploma III Teknik Elektro

Yang saya hormati bapak/ibu dosen pengajar

Yang saya cintai dan saya banggakan teman-teman angkatan 2011dan mahasiswa baru angkatan2013

Assalamualaikum wr.wb. , salam sejahtera bagi kita semua

Dengan menyebut nama ALLAH SWT marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirttNYA yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNYA untuk kita semua,sehingga kita bisa berkumpul di ruangan ini dengan sehat wal afiat dan selamat sentosa. Dan senantiasa kita harus selalu berterima kasih kepadaNYA karena kita masih diberikan kesempatan yang baik ini untuk bertemu bersama dalam acara PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) Program Studi Diploma III Teknik Elektro tahun ajaran 2013. Oleh karena itu kita tidak boleh lupa untuk selalu berdoa dan berterima kasih kepadaNYA.

Adik-adikku yang budiman ada pepatah mengatakan tak kenal,maka tak sayang, maka pepatah inilah yang selalu menjadi pengingat bagi saya untuk selalu memperkenalkan diri terlebih dahulu siapa saya dan kenapa saya berada di depan adik sekalian. Tidak sopan rasanya bila tidak memperkenalkan terlebih dahulu siapa saya dan apa yang hendak saya lakukan pada kesempatan yang bagus ini. Perkenalkan nama saya Dery Prasetyo, saya adalah komandan tingkat angkatan 2011, angkatan paling atas yang masih aktif di jurusan ini. Saya senang sekali mendapat kehormatan untuk bisa berpidato didepan kalian semua atas permintaan ketua panitia acara PMB sebagai perwakilan angkatan untuk mengisi sambutan pada acara PMB ini. Semoga dengan perkenalan yang singkat ini bisa menjadi perkenalan yang baik untuk kalian.

Selamat datang dan selamat bergabung dengan jurusan yang tercinta ini. Adikku sekalian dengan ucapan selamat kepada kalian ini tak lepas merupakan sebuah apresisasi terhadap prestasi kalian yang membanggakan dan sebagai penanda bahwa kalian kini sudah duduk di bangku perkuliahan. Dalam pidato saya kali ini saya selaku komandan tingkat angkatan 2011 ingin berbagi pengalaman saja untuk kalian dengan harapan apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi pedoman kalian dalam masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa.ada beberapa hal yang akan saya sampaikan dalam pidato ini yaitu tentang kemandirian,adaptasi, dan pengembangan diri baik secara individu maupun angkatan. Perlu diketahui terlebih dahulu, menjadi seorang mahasiswa merupakan salah satu proses pendewasaan bagi kalian yang kini duduk di bangku perkuliahan. Suasana dalam perkuliahan sangat jauh berbeda dengan suasana saat kalian masih duduk di bangku SMA. Kini kalian dituntut untuk mandiri. Baik mandiri bagi diri sendiri dan mandiri secara angkatan. Mandiri bagi diri sendiri sudah harus kalian lakukan dari sekarang. karena tidak dipungkiri lagi banyak diantara kalian merupakan perantauan dari daerah asal kalian yang mungkin jaraknya jauh dari Semarang. Siap atau tidak siap kalian harus tetap siap menghadapi keadaan. Kini kalian jauh dari rumah, berarti jauh pula dari segala fasilitas yang mungkin kalian dapatkan ketika masih tinggal di daerah masing-masing. Maka saya tidak pernah lupa untuk terus mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk selalu mengingat akan hal ini.

Kemudian, mandiri secara angkatan. Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa PSD III Teknik Elektro. Kalian semua dituntut untuk selalu kompak dan sigap dalam menghadapi segala hal, tetapi tetap pada jalur yang benar. Kekomakan itu perlu dibangun agar kedepan angkatan kalian ini mampu memunculkan bibit unggul yang bisa meneruskan perjuangan kakak tingkat kalian dalam mengembangkan dan berprestasi bagi jurusan kalian ini.

Adaptasi merupakan solusi tepat bagi kalian.Cepatlah adaptasi dengan keadaan di dunia perkuliahan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Karena kalian dituntut untuk mapan secara akademis atau hardskill dan punya kemampuan lebih dalam bidang softskill. Saya yakin softskill merupakan barang baru bagi kalian yang belum mengerti organisasi. Maka pelajarilah dengan baik materi softskill yang nanti akan diberikan oleh kakak angkatan kalian. Dalam bidang akademis kalian juga dituntut untuk berperan aktif dalam perkuliahan karena kini kalian sendirilah yang menentukan prestasi anda. Berbeda sekali dengan SMA kalian diarahkan oleh sekolah dalam bidang akademik, tetapi kini kalian sendirilah yang menentukan arah bagi diri kalian sendiri, karena kampus hanya fasilitas saja untuk anda. Adaptasi dalam lingkup angkatan juga sangat perlu karena kalian disini sebagai keluarga baru yaitu keluarga angkatan 2013 maka cepat-cepatlah kenali teman-teman anda karena dialah yang nantinya menjadikeluarga anda saat anda di Semarang.

Dan hal terakhir yang akan saya sampaikan yaitu tentang pengembangan diri. Secara individu dalam dunia perkuliahan itu bisa berbeda satu dengan yang lainnya tergantung pengembangan diri dari pribadi yang bersangkutan. Saya berharap kalian bisa belajar banyak hal dari dosen anda dan kakak angkatan. Karena banyak ilmu yang mungkin tidak kalian temukan dalam mata kuliah yang anda dapatkan nantinya. Pepetah mengatakan malu bertanya, sesat di jalan pedman ini lah yang harus kalian pahami. Tingkatkan lah rasa iningin tahu kalian dlam segala bidang baik bidang akademis maupun non akademis. Karena inilah yang akan membuat diri anda berkembang dan tumbuh menjadi pribadi ang lebih mantap dari sebelumnya. Dalam lingkup angakatan saya harapkan nantinya muncul banyak bibit unggul dalam bidang akademis dan non akademis yang bisa membantu dan mengembangkan jurusan menjai jurusan yang lebih hebat dari jurusan jurusan yang lain. Jangan khawatir karena dijurusan kita memiliki HIMA yang siap membantu apapun bagi pengembangan diri mahasiswanya demi kemajuan jurusan kita yang tercinta ini

Mungkin ini bukanlah hal terbaik yang bisa saya sampaikan kepada kalian semua namun ini merupakan usaha terbaik saya untuk mencoba membantu mengarahkan dan membimbing kalian dalam menghadapi dunia perkuliahan yang akan kalian hadapi kelak. Saya minta maaf apabila tadi dalam pidato saya terdapat kata-kata yang tidak berkenan di hati kalian, tak lepasnya bahwa saya adalah manusia yang tidak sempurna. Atas perhatian adik angkatan 2013, saya ucapkan terima kasih dan selamat datang dan bergabung dalam keluarga Program Studi Diploma III Teknik Elektro.

Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply