Pidato Hari Guru 2010

Rekan-rekan guru dan staf pegawai yang terhormat beserta para anak didik yang saya sayangi,

Segala Puji Syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas Berkat dan Karunia Nyalah kita bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Guru Tahun 2010.

Rekan-rekan guru dan staf pegawai yang terhormat beserta para anak didik yang saya sayangi,

Kita semua ingat dan tahu bahwa guru yang spesial adalah orang yang tidak hanya mengajarkan kita, tetapi juga mengilhami dan mengubah hidup kita. Seorang ahli yang bernama William Arthur Ward pernah berkata bahwa Guru yang biasa-biasa saja memiliki tugas memberitahu, Guru yang baik tugasnya menjelaskan, Guru yang unggul memiliki tanggungjawab mendemonstrasikan serta Guru yang istimewa itu memiliki peranan untuk mengilhami.

Para guru dan staf pegawai yang saya cintai,

Ada beberapa hal penting yang harus kita lakukan agar kita tidak terlupakan oleh anak didik kita, yaitu :

Pertama, kita harus mengajarkan arti penting belajar dan pengetahuan. Guru seperti ini sangat antusias mengenai pelajaran yang kita ampu. Namun, kita tidak sekadar memberikan pengetahuan. Kita menunjukkan bagaimana belajar dapat meningkatkan kreativitas, menggugah minat, dan menguak bakat. Kita menanamkan rasa ingin tahu dalam diri peserta didik dan mematri keinginan yang tak pernah pupus untuk terus belajar.

Kedua, kita juga harus mengajarkan nilai-nilai kehormatan. Selayaknyalah kita memperlakukan orang lain dengan sikap hormat yang tulus dan berusaha menjelaskan betapa kata-kata yang baik, dan adakalanya diam, dapat mencegah timbulnya pertikaian yang menyakitkan dan dapat mengubah musuh menjadi teman. Kita mengajarkan pentingnya sikap hormat bagi masyarakat dan juga bagi individu.

Ketiga, kita mengajarkan pentingnya integritas. Kita menunjukkan empati terhadap kita yang sedang sakit atau mengalami musibah ataupun kebahagiaan. Sikap kita harus bisa mengilhami para anak didik untuk menunjukkan keberanian dalm menghadapi tantangan kehidupan ini dan melakukannya dengan penuh kejujuran, kehormatan, dan harkat diri.

Keempat, kita mengajarkan tanggung jawab. Kita mengajarkan bahwa setiap tindakan mengandung konsekuensi, apapun itu dan orang yang melakukannya bertanggung jawab atas pilihan tindakannya. Kita menekankan untuk tidak gampang menyalahkan orang lain. Kita mengajarkan bahwa setiap anak didik akhirnya bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan dampaknya bagi kehidupan mereka sendiri di kemudian hari.

Kelima, kita mengajarkan pentingnya keteguhan hati dan kesabaran. Kita mengajarkan bahwa hendaknya pendidikan berlangsung sepanjang hayat. Kita bercerita tentang masa-masa sulit yang kita hadapi dan betapa Tuhan telah mengubah kesulitan itu menjadi berkah. Kita mengajarkan anak didik kita untuk tidak gampang menyerah. Kita mengajarkan bahwa keyakinan adalah jaminan untuk hal-hal yang belum terwujud.

Rekan-rekan guru dan staf pegawai yang terhormat beserta para anak didik yang saya sayangi,

Tidak semua guru yang dapat mengilhami ini mengajar dalam kelas formal. Boleh jadi pendidikan formal kita pun belum memadai dan mungkin juga belum memperoleh sertifikat sebagai pendidik. Sebagian dari kita boleh jadi masih mengajar dalam usia yang tidak muda lagi, tetapi pendidikan yang kita berikan tidak ternilai harganya. Saya percaya bahwa hadiah paling berharga yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita adalah nilai-nilai yang sama seperti yang dilakoni oleh para guru yang tak terlupakan itu. Nantinya, kitapun boleh berbesar hati dengan harapan bahwa anak-anak kita juga akan menjadi guru yang tak terlupakan, sekalipun kita tidak berprofesi sebagai guru, dengan berbagi nilai-nilai yang mengilhami kebahagiaan dan keyakinan bagi generasi masa depan.

Khusus bagi siswa yang sangat saya banggakan,

Terimakasih atas sikap dan perilaku kalian selama menimba Ilmu Pengetahuan di Sekolah tercinta ini yang walaupun masih terdapat kekurangan tapi sudah lebih dari cukup. Hanya saja, biarlah pada momen yang berharga ini, sikap dan perilaku itu bisa ditingkatkan kearah yang lebih baik.

Inilah kami para guru-gurumu yang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Harapan kami kepada anak didik yang kami sayangi – hari ini dan dikemudian hari – adalah agar kalian dapat menilai bahwa kami adalah manusia yang menginginkan masa depan yang cerah disetiap pribadi walaupun tidak lepas dari salah. Oleh karena itu, biarlah para anak didik kami mengambil hikmah dari setiap apa yang kami ajarkan, arahkan, dan nasehatkan baik dalam Proses Pembelajaran di Kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang ternyata pada akhirnya, kalianlah yang akan menjalani hidup ini dan meraih semua mimpi di masa depan. Anggo hami, on nama poang…

Akhir kata, Saya ingin menutup arahan hari ini dengan permintaan kepada Para Siswa untuk menyanyikan secara khusus lagu himne guru ..

………………………………………………………………………
"Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sbagai prasasti trima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendekia"

………………………………………………………………………

(tepuk tangan) TERIMAKASIH

loading...

Leave a Reply