Naskah Pidato Bu Rachama To Dies Natalis XI

SAMBUTAN KETUA DEWAN PEMBINA

YAYASAN PENDIDIKAN SOEKARNO

IBU Hj. RACHMAWATI SOEKARNOPUTRI, SH.

DALAM ACARA WISUDA UNIVERSITAS BUNG KARNO KE XI

11 JUNI 2010

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatuh,

Selamat Pagi, Salam Sejahtera untuk kita semua,

Kepada Yth. Prof. DR. Sri Edy Swasono

Kepada Yth. Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno

Kepada Yth. Rektor Universitas Bung Karno

Yang saya hormati Civitas Akademika Universitas Bung Karno

Yang saya hormati, para hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, sebagai insan yang beriman marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya pada hari ini kita dapat bersama-sama mengikuti acara yang mulia, Peringatan Dies Natalis dan Sidang Senat Universitas Bung Karno yang ke XI.

Sebagai Pendiri Universitas Bung Karno, saya menyambut baik acara ini. Seperti kita ketahui bersama, bulan Juni adalah bulannya Bung Karno. Dalam bulan Juni ini kita Bangsa Indonesia memperingati beberapa hari yang bersejarah, yaitu 1 Juni sebagai Peringatan 65 Tahun Hari lahir Pancasila, 6 Juni sebagai hari Peringatan Lahirnya Bung Karno, 11 Juni Dies Natalis Universitas Bung Karno dan 21 Juni merupakan hari peringatan wafatnya Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Penggali Pancasila dan Bapak Bangsa Indonesia. Sehingga Bulan Juni adalah bulan Bung Karno dalam arti rakyat menjadi lebih bisa berapresiasi, menyadari dan menghayati serta mengaktualisasi atas apa yang menjadi Ajaran Bung Karno.

Bung Karno pernah menyampaikan bahwa Di masa kebangunan, maka sebenarnya tiap-tiap orang harus menjadi pemimpin, menjadi guru. … hari kemudiannya manusia adalah di dalam tangan si guru itu,…hanya guru yang benar-benar rasul kebangunan dapat membawa anak ke dalam alam kebangunan….sesuatu bangsa mengajar dirinya sendiri! Sesuatu bangsa hanyalah dapat mengajarkan apa yang terkandung di dalam jiwanya sendiri. (Ir. Soekarno, Dibawah Bendera Revolusi, Jilid pertama)

Hadirin yang saya hormati.

Terkait dengan Sidang Senat Universitas dalam rangka Dies Natalis Universitas Bung Karno ke XI, dalam kesempatan ini berangkat dari pemikiran Bung Karno diatas dan kondisi obyektif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini, saya ingin menyampaikan bahwa berdasarkan Preambule UUD 1945 alenia ke IV terdapat amanat yang sangat penting yaitu : …mencerdaskan kehidupan Bangsa…. dimana Yayasan Pendidikan Soekarno setelah melalui proses yang cukup panjang dan berjuang selama lebih dari 16 tahun, akhirnya dalam rangka melaksanakan amanat konstitusi tersebut berhasil mendirikan Universitas Bung Karno yang disahkan pada tanggal 11 Juni 1999 dan di resmikan di Istana Merdeka oleh Presiden B.J. Habibie pada tanggal 25 Juni 1999.

Universitas Bung Karno sebagai institusi pendidikan memiliki posisi yang strategis dalam fungsi dan perannya di tengah krisis multi dimensi yang tengah terjadi sekarang ini dibidang Budaya, Hukum, Sosial, Politik dan Ekonomi. Di bidang budaya terjadi dekadensi dan kita seperti kehilangan jatidiri sebagai bangsa, dibidang hukum terjadi krisis kepercayaan hukum dan penegak hukumnya, dibidang sosial kesenjangan sosial antara kelompok masyarakat satu dengan yang lainnya makin melebar, dalam bidang politik terjadi proses pelemahan kedaulatan kita sebagai bangsa dan dalam bidang ekonomi terjadi proses ketergantungan dan intervensi pihak luar yang makin kuat, sebagai akibat dari praktik-praktik neoliberalisme yang berjalan sekarang ini. Oleh karenanya kita sebagai bangsa perlu mencari upaya-upaya yang luar biasa untuk dapat membawa bangsa kita keluar dari krisis tersebut.

Hadirin yang saya hormati,

Ada baiknya dalam kesempatan ini, kita semua menengok pada hal yang disampaikan Bung Karno pada Pidato Kenegaraan 17 Agustus 1964, menyampaikan yang pada intinya mengajak kita semua agar Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memiliki Kedaulatan di Bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi dan berkepribadian dalam budaya. Trisakti Ajaran Bung Karno ini merupakan identitas bangsa yang merdeka. Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini saya meng appeal kepada saudara-saudara sekalian untuk melaksanakan Ajaran Trisakti Bung Karno ini untuk membawa kita keluar dari krisis.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika Universitas Bung Karno atas kesempatan ini. Semoga Allah SWT melimpahkan Hidayah, Rahmat, TaufikNya kepada kita sekalian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatuh,

Leave a Reply