Teks Pidato : . .

. .

. .

Untaian puji syukur, mari sama-sama kita ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam sehingga kita dapat membedakan antara hak dan yang bathil. Selanjutnya shalawat dan salam tidak lupa pula kita haturkan keharibaan baginda Rasulullah SAW yang telah membawa kita selaku ummatnya dari alam Jahil kepada alam ilm, dari alam kebodohan kepada alam yang berilmu pengetahuan.

Penghormatan saya, kepada bapak dan ibu dewan juri..

Penghormatan saya, kepada seluruh Dewan Guru kami yang tidak mengenal lelah dalam membimbing kami..

Dan yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Maasyiral muslimin wa jumratul mukminin rahimakumullah

Pada kesempatan ini saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul.

TENGGANG RASA (EMPATI) ANTAR SESAMA

Maasyiral muslimin rahimakumullah..

Sebagaimana kita ketahui, negara kita adalah Negara yang kaya akan budaya dan agamanya. Seseorang bebas melakukan apa yang ia mau asalkan tidak melanggar hukum, norma dan tidak mengganggu orang lain. Hal ini telah dicantumkan di dalam teks proklamasi yang berbunyi Kemerdekaan itu adalah segala hak segala bangsa. Maksudnya adalah setiap orang bebas berekspresi atas apa yang dia inginkan selama itu tidak melanggar hukum, norma dan lainnya. Dengan kata lain, Indonesia adalah Negara yang bertenggang rasa (toleransi) tinggi.

Yang menjadi pertanyaan adalah adakah toleransi antara pemeluk Agama Islam dengan Agama lain di dalam Al-Quran?

Allah SWT berfirman dalam surah Asy-Syura ayat: 15

(: )

Artinya: Allah adalah Tuhan kami dan Tuhan kalian. Bagi kami perbuatan dan bagi kalian perbuatan kalian. Tidak perlu ada pertentangan antara kami dan kalian. Allah yang mengumpulkan antara kita dan kepada-Nya lah kita kembali.

Dari ayat di atas, maka jelaslah sudah bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi toleransi antar ummat beragama. Jika ada yang mengaku Islam dan melakukan suatu tindakan terorisme, mak ia bukanlah tergolong orang yang taat beragama.

Mengapa?

Karena ia tidak dapat menjalankan amar maruf nahi mungkar, sebagaimana yang telah diperintahkan Allah.

Maasyiral muslimin rahimakumullah..

Dari uraian singkat yang telah saya uraikan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Islam adalah agama yang komplek (lengkap), Islam telah mengatur seluruh permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari termasuk toleransi antar ummat beragama. Disamping itu mari sama-sama kita memperbaiki citra ummat Islam dari gossip miring yang mengatakan Islam adalah agama teroris. Hal itu adalah tidak benar, karena terorisme yang mengatasnamakan Islam dilakukan demi kepentingan segelintir orang saja.

Semoga Allah menjauhkan kita dari apa yang mereka katakan.

….

……

Leave a Reply