Pidato : Nama Erin Tania

Nama : Erin Tania

Kelas : XII IPA SMA

Pel : Teks Pidato (Bhs.Indo)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul ditempat dan waktu yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang kita harapkan syafaatnya di yaumul akhir kelak

Para guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian

Pada siang hari yang cerah ini saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul : Maraknya Kasus Kriminalitas di Lingkungan Masyarakat

Para guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian

Seperti yang kita ketahui bersama Negara kita adalah Negara hokum. Sebuah Negara akan dapat hidup dengan aman dan makmur apabila warga negaranya mematuhi dan menyadari hokum yang berlaku di negaranya. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita terlepas dari hukum-hukum atau aturan-aturan yang berlaku.

Para guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian

Jika kita lihat sekarang ini, tindakan kriminal semakin marak terjadi, tidak hanya dari ruang lingkup pemerintahan saja yang melakukan tindakan kejahatan seperti korupsi tetapi dari lapisan masyarakat baik kecil maupun menengah juga banyak yang melakukan tindakan kriminal seperti : pembunuhan, pencurian, perampokan, pemerkosaan dll. Mereka melakukan semua ini tanpa memperdulikan kerugian yang dialami orang lain, mereka hanya melakukan hanya untuk demi kepentingan hawa nafsu sesaat. Dan hal inilah yang terjadi karena kurang kuatnya kesadaran hukum pada masyarakat.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tindak kriminal ini terjadi, yang menjadi faktor utamanya adalah faktor kesejahteraan ekonomi, seperti yang kita lihat sekarang ini banyak sekali para penganggur di Indonesia meskipun S-1 tapi kenyataannya banyak juga yang susah untuk mencari pekerjaan dan disinilah kurangnya peranan pemerintah dalam memperluas lapangan pekerjaan, sehingga para penganggur mencari uang untuk bertahan hidup dengan cara apapun tanpa memperhatikan itu halal ataupun haram.

Selain faktor kesejahteraan ekonomi, faktor kurangnya pemahaman tentang norma-norma agama dan hukum juga menyebabkan meningkatnya kasus kriminal di Negara kita. Banyak sekali di masyarakat kita yang tidak memahami dengan benar norma-norma agama dan hukum yang telah di tetapkan di Negara kita disinilah hingga akhirnya menyebabkan kasus kejahatan semakin marak terjadi sekarang ini.

Para guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian

Ada beberapa solusi yang dapat mungkin mengurangi kasus kriminal di negara kita yang pertama adalah pemerintah harus memberikan sanksi tegas kepada pihak yang melakukan tindak kejahatan, yang kedua pemerintah harus lebih sering menyuluhkan tentang bagaimana dampak atau akibat dari kasus kriminalitas, dan yang terakhir adalah pentingnya peranan orangtua dan guru dalam mendidik anaknya dalam memahami norma-norma agama dan hukum.

Para guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian

Kesimpulan dari pidato yang saya sampaikan pada siang hari ini adala bahwa kita harus selalu waspada dimanapun , kapanpun karena kita tidak tahu kapan orang melakukan tindakan kejahatan kepada diri kita dan marilah kita dari sekarang menanamkan kembali keimanan kita agar kita tidak terjerumus ke dalam tindak kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Demikianlah Pidato dari saya. Terima kasih atas semua perhatiannya. Kurang lebih saya mohon maaf. Saya akhiri dengan

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

_________________________________

Leave a Reply