Pidato Tentang Kedisiplinan

Pidato tentang kedisiplinan

Yang terhormat Kepala Sekolah SMAN 55

Yang Terhormat Bapak/Ibu guru

Yang saya banggakan teman teman sekalian

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

        Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan tentang pentingnya kedisiplinan di sekola.

        Seperti yang kita tahu bahwa disiplin adalah taat, patuh dan ikut terhadap peraturan yang ada yang bertujuan untuk membuat semua hal yang kita lakukan menjadi teratur dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Salah satu macam disiplin yang kita temui didalam kehidupan sehari hari yaitu disiplin disekolah. Kedisiplinan merupaka sesuatu yang sangat penting, karena disiplin juga merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan.

        Setiap sekolah pasti ada yang namanya peraturan sekolah. Peraturan Sekolah bertujuan untuk membina pelajar yang berdisiplin, berakhlak mulia, adil, rasional dan bertimbang rasa. Disiplin yang baik mewujudkan suasana sekolah yang harmonis dan teratur di samping menjamin keberkesanan pengajaran dan pembelajaran. Lembaga Disiplin sekolah akan menambah peraturan dari masa ke masa apabila timbul keperluan. Tambahan ini akan diumumkan dan dikuatkuasakan. Adalah menjadi tanggungjawab setiap pelajar untuk mengetahui dan mematuhi Peraturan Sekolah. Pihak sekolah berhak mengenakan tindakan tatatertib terhadap pelanggaran Peraturan Sekolah.

Disiplin disekolah berarti usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya.  Membicarakan tentang disiplin sekolah tidak bisa dilepaskan dengan persoalan perilaku negatif siswa. Perilaku negatif yang terjadi di kalangan siswa remaja pada akhir-akhir ini tampaknya sudah sangat mengkhawarirkan, seperti: keterlibatan dalam narkoba, dan berbagai tindakan yang menjurus ke arah kriminal lainnya, yang tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan masyarakat umum. Di lingkungan internal sekolah pun pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan yang merentang dari pelanggaran tingkat ringan sampai dengan pelanggaran tingkat tinggi, seperti : kasus bolos, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku lainnya.Tentu saja, semua itu membutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangannya, dan di sinilah arti penting disiplin sekolah.

        Disiplin di sekolah tentunya juga membawa dampak yang positif dalam belajar. Dengan disiplin siswa cenderung akan belajar dengan baik dan teratur sehingga akan menghasilkan prestasi yang baik. Dengan prestasi yang baik tersebut, sekolah tentu juga akan mendapatkan dampak positif, karena memiliki siswa-siswa yang berprestasi, sehingga secara tidak langsung nama sekolah tersebut akan maju. Lain halnya dengan siswa-siswa yang tidak atau kurang disiplin, siswa-siswa tersebut cenderung akan merusak nama baik sekolah dengan perilaku mereka yang tidak disiplin.

Adapun tujuan dari  disiplin sekolah adalah untuk :
(1) memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang. 
(2) mendorong siswa melakukan yang baik dan benar, 
(3) membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah, dan 
(4) siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya.

Memang masih sangat banyak bahkan sebaagian besar orang yang selalu melanggar peraturan yang ada alias tidak disiplin. Akibat perlakuan orang yang tidak disiplin menyebabkan kerugian terhadap orang lain. Tidak ada ruginya sama sekali jika kita disiplin. Malahan yang kita dapat adala keuntungan yang sangat luar biasa. Keuntungan yang membuat diri kita menjadi lebih baik, lebih percaya diri dan lebih disegani oleh orang lain. Maka dari itu tanamkanlah sikap disiplin sejak kecil. Mulai dari sikap disiplin yang kecil hingga sifat disiplin yang besar. Agar kita selalu mendapatkan apa yang kita inginkan.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf

Selamat siang

Leave a Reply