Pidato Teks : (

() S I U Y I N G ()

Apakah anda tahu ? Pada akhir akhir tahun ini, di Negara kita sering kali terjadi bencana alam, salah satunya adalah banjir. Hal ini disebabkan oleh banyaknya penebangan hutan secara liar yang membuat hutan menjadi gundul. Kelestarian hutan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita yang mana seperti yang kita ketahui bahwa hutan merupakan paru paru dunia yang memberikan asupan oksigen terbesar bagi kehidupan di bumi ini.
Permasalahan dalam melestarikan hutan ini beraneka ragam mulai dari yang kecil sampai yang besar, dari yang bisa diatasi sampai yang tak terselesaikan. Hutan yang rusak memiliki sistem penyerapan air yang buruk karena sedikitnya pepohonan yang ada mempengaruhi daya serap air sehingga air hujan yang turun tetap mengalir. Akibatnya, banyak sekali bencana bencana alam yang timbul dari kerusakan hutan, antara lain : banjir, erosi, longsor dan lainnya. Sekarang ini kebanyakan masyarakat sulit sekali untuk peduli terhadap kelestarian hutan. Kita dapat mengambil contoh di lingkungan gunung camang. Dahulu pohon pohon rimbun dan hijau memenuhi gunung itu, namun dalam waktu singkat, kini pohon pohon itu sebagian besar sudah ditebang, dan mulai di bangun rumah rumah besar. Sehingga sewaktu hujan, air tidak terserap baik dan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Hal itu mengakibatkan, daerah daerah yang lebih rendah tergenang air atau banjir.
Tujuan menjaga kelestarian hutan antara lain ;
1) Supaya kita dapat mengurangi pencemaran udara akibat kendaraan bermotor dan lainnya.
2) Agar kita terhindar dari berbagai bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia.
3) Agar anak cucu kita juga dapat merasakan keindahan alam sekitar.
Hutan adalah tempat tinggal utama bagi hewan hewan liar yang terlindungi untuk bisa mendapatkan makanan agar bertahan hidup. Hutan juga merupakan bagian dari alam kita. Alam adalah segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi yang setiap bagiannya tersedia sangat banyak dan beraneka ragam, seperti ; energi, tumbuhan, binatang, udara, air, dataran, bahkan gurunpun memiliki potensi untuk mendukung kehidupan penduduk dunia asalkan manusia mampu memanfaatkan dan menjaganya dengan baik.
Masalah hutan sudah merupakan masalah dunia dan masalah kita semua. Tak bisa dipungkiri bahwa semua masalah yang terjadi di alam ini sebenarnya disebabkan oleh keserakahan manusia itu sendiri yang tidak memperlakukan alam sekitarnya dengan bijaksana. Hal itu tentu saja merusak potensi dan ekosistem alam. Ada potensi alam dunia yang bisa digunakan oleh manusia tanpa harus takut potensi alam tersebut akan habis diantaranya adalah air, udara, dan energi matahari. Ada pula potensi alam lain yang bisa

diperbaharui namun masih harus lebih teliti dalam pemanfaatannya yaitu, hutan, hewan, tumbuhan, tanah.
Pemanfaatan kekayaan alam yang tidak seimbang telah banyak menimbulkan permasalahan bagi penduduk dunia. Hutan hutan telah banyak yang gundul akibat penebangan hutan secara terus – menerus diusahakan tanpa adanya usaha pemulihan kesuburan tanah melalui pemupukan. Sumber-sumber mineral telah kering dengan mineral karena sudah terlalu banyak digunakan untuk industri tanpa adanya batas-batas larangan pengambilan. Itulah sebab utama yang menyebabkan alam ini semakin hari semakin rusak.
Upaya upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan antara lain ;
a) Melakukan reboisasi terhadap hutan hutan yang gundul.
b) Melakukan daur ulang sehingga pengambilan sumber daya alam dapat diperkecil.
c) Melakukan pengawetan terhadap sumber daya alam berupa kayu, sehingga kayu tersebut
dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
Selain itu adapun manfaat dari melestarikan hutan, antara lain ; terciptanya lingkungan yang asri dan indah, terhindar dari berbagai bencana alam yang diakibatkan oleh ulah manusia, terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak, serta dengan melestarikan hutan ini kita juga dapat menjauhkan bumi kita dari pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor dan lain sebagainya.
Setelah sukses melakukan pelestarian dan perawatan hutan, lingkungan akan menjadi asri dan indah. Hutan yang terjaga akan sangat menguntungkan bagi setiap manusia yang terlibat didalamnya. Salah satunya yaitu kita dapat terhindar dari berbagai bencana alam yang diakibatkan oleh ulah manusia. Selain itu, hutan yang terawat pepohonannya juga dapat memberikan asupan oksigen atau udara segar yang baik untuk kesehatan manusia.
Melestarikan hutan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi. Untuk itu marilah kita melakukan usaha untuk menyelamatkan paru paru dunia yang ada di sekitar kita karena sekecil apapun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak.

() S I U Y I N G ()

Leave a Reply