Pidato Agama Islam :

Pidato Agama Islam

Nama : Windy Hendriati Puspitasari

Kelas: XII IPA 3

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarukatuh

Alhamdulillah hirrabbil alamin, Washolatu wassalamu ala ashrafil anbiyai wal mursalin waala alihi waashhabihi ajmain.

Yang saya hormati bapak Guru beserta teman teman sekalian.

Patutlah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita dapat hadir di sini dalam keadaan sehat walafiat Insya Allah.

Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan pada junjungan besar kita, Rasulullah SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang Islamiyyah.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya menyampaikan topik berkenaan tentang Membina Generasi Muda dengan Akhlak Qurani. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa saat ini kemerosotan kualitas dalam segala aspek kehidupan tersebar di tengahtengah masyarakat, seperti kemiskinan, kebodohan, kezaliman, penindasan, ketidakadilah di segala bidang, kemerosotan moral, peningkatan tindak kriminal dan berbagai bentuk penyakit sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. sehingga hal tersebut menjauhkan generasi muda sebagai sosok generasi dambaan umat.

Pembinaan kepribadian memang semestinya dilakukan mulai masa kanakkanak. Proses perkembangan dan pertumbuhan yang dilalui seseorang di masa kanakkanak akan menentukan bagaimana kelak ia dimasa dewasa. Sehingga sangat tepat kalau dikatakan bahwa masa kanakkanak adalah masa yang sangat vital bagi penentu arah kehidupan manusia. Tumbuh dan berkembangnya seorang anak tergantung pada pola asuh orang tuanya.

Islam memberikan peran pokok kepada wanita sebagai ibu, yang memiliki hak mengasuh dan mendidik anaknya. Untuk itu, seorang ibu perlu memperhatikan penanaman keimanan seorang anak dengan mengenalkan Allah sebagai pencipta diri mereka dan apa yang ada di sekitarnya, Di sisi lain, ibu juga wajib membentuk pola jiwa anak agar menjadi Islami, yakni perlunya melatih anak untuk cenderung terbiasa menjalankan perintah Allah. Seperti pembiasaan sholat fardu, pembiasaan menutup aurat ketika keluar rumah, pembiasaan berakhlak mulia. Pembinaan kepribadian awal anak juga dilakukan dalam keluarga Luqman yang tertulis dalam Al Quran surat Luqman (31) ayat 13, 16, 17, 18 dan 19. Diceritakan bahwa Luqman memberikan nasehat kepada anaknya untuk tidak mempersekutukan Allah karena hal tersebut adalah kezaliman yang besar, mendirikan shalat, menyuruh manusia pada kebaikan dan mencegahnya pada kemungkaran, bersabar dalam cobaan yang menimpa. Sebab hal tersebut merupakan kewajiban yang diperintahkan Allah. Luqman juga menasehati sang anak agar tidak bersikap sombong karena Allah tidak menyukai orangorang yang sombong.

Nampaklah bahwa pembinaan pribadi yang Islami kepada anak perlu diterapkan sejak usia dini sebagai langkah awal terwujudnya generasi yang berdaya, cerdas dan peduli umat. Selain pembina kepribadian anak mulai masa kanakkanak, juga perlunya perhatian pada pembinaan akhlak dititik beratkan kepada pembersihan pribadi dari sifatsifat yang berlawanan dengan tuntutan agama, keluhuran akhlak sebagai media untuk menduduki tingkat kepribadian remaja yang berbobot Islami.

Demikianlah pidato ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatian teman teman sekalian. Semoga yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin ya robbal alamin.

Leave a Reply