Pidato Dampak Globalisasi Pada Masa Kini

DAMPAK GLOBALISASI PADA MASA KINI

Kepala Sekolah dan bapak ibu guru yang saya hormati serta teman-teman sekalian. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kita sekalian bisa berkumpul di sini sehat walafiat. Pada kesempatan ini saya akan berpidato dengan topic Dampak Globalisasi Pada Masa Kini.

Para hadirin yang saya muliakan.

Kita semua patut berbangga hati karena perkembangan teknologi pada masa kini yang sangat pesat. Sekarang banyak sumber informasi yang tidak terbatas. Yang membuat kita merasa dunia semakin sempit untuk kita jelajahi. Segala media telah menunjang penyebaran segala informasi. Banyak hal yang bisa kita ambil, terutama hal-hal positif. Tetapi kita juga harus mampu menyaring hal-hal negatif yang juga terdapat pada media informasi.

Berbagai hal tersedia di media-media mesa kini. Hampir semua hal dapat diketahui seakan tanpa ada batasnya. Oleh karena itu kita juga harus menyaringnya dari hal-hal yang belum layak kita ketahui. Berbagai pihak juga harus berpartisipasi dalam proses panyaringan ini. Tidak hanya tugas pemerintah, yang membatasi informasi, tetapi juga peran orang tua dan guru untuk mengarahkan ke jalan yang sesuai. Tingkat keimanan orang juga harus ditingkatkan agar kita tidak mudah terbawa kearah perubahan yang tidak sesuai dengan budaya timur kita.

Hadirin sekalian yang berbahagia!

Globalisasi sangat berpengaruh dalm kehidupan dalam sehari-hari pada masa kini. Penggunaan teknologi untuk mengakses sumber-sumber informasi kini banyak tersedia. Akibatnya globalisasi berpengaruh dalam gaya hidup orang masa kini. Orang-orang mudah berganti-ganti Handphone seakan belum puas dangan yang dimilikinya. Karena, setiap waktu teknologi selalu berkembang sesuai kebutuhan. Penampilan pun ikut terbawa globalisasi yang bisa menggerus budaya ketimuran kita. Gaya berbicara pun juga berubah akibat globalisasi. Kata-kata yang tidak pantas diucapkan di tempat-tempat umum. Peran pedidikan harus ditingkatkan untuk menghambatnya. Kemudian peran lembaga sensor untuk menghambat akses yang berlebihan. Setelah itu, cara menaggulangi pun harus diadakan dengan cara penanaman kembali nilai-nilai budaya yang hilang akibat tergerus globalisasi.

Dari itu semua kita bisa mengambil kesimpulan bahwa globalisasi membawa banyak hal-hal positif yang bisa diambil, tapi juga harus mempu membedakan mana yang baik dan mana yang benar. Karena apabila tidak budaya kita akan hilang dan akan sulit kita munculkan lagi.

Dengan ini saya berharap kita mampu memanfaatkan efek globalisasi. Tetapi juga tetap melestarikan budaya tradisional kita agar tidak hilang tergerus globalisasi.

Demikianlah pidato dari saya, terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Wassalamualiakum warahmatullahi wabarakatuh.

Menulis Naskah Pidato

a) Tema: Moral

b) Tujuan: Memberitahukan (instruktif)

c) Menganalisis Pendengar : kepala sekolah, bapak ibu guru, dan siswa

d) Kerangka Pidato

1. Salam Pembuka

1.1 kepala sekolah

1.2 bapak ibu guru

1.3 siwa / teman-teman

2. Pendahuluan

2.1 Puji syukur kepada Tuhan YME

2.2 Topik pidato Dampak Globalisasi pada Masa Kini

3. Isi Pokok

3.1 Perkembangan teknologi masa kini

3.1.1 Sumber informasi tidak terbatas

3.1.2 Serasa dunia semakin sempit

3.1.3 Segala media menjadi penunjang menyebarnya informasi

3.1.4 Banyak hal positif yang bisa diambil

3.1.5 Tetapi juga harus mampu menyaring dari hal negative

3.2 Berbagai hal yang tersedia di media-media

3.2.1 Hampir semua hal dapat diketahui

3.2.2 Mampu menyaring mana yang benar

3.2.3 Berbagai pihak harus berpartisipasi

3.2.4 Tidak hanya pemerintah, orang tua dan guru juga berperan

3.2.5 Keimanan setiap orang juga berperan

3.3 Pengaruh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari

3.3.1 Terutama pada gaya hidup remaja

3.3.2 Perubahan membawa dampak

3.3.3 Penghambat arus globalisasi

3.3.4 Cara untuk menanggulangi dampak globalisasi

4. Simpulan

Globalisasi memberikan banyak hal positif yang bisa diambil, tapi juga harus mampu membedakan mana yang baik dan mana yang benar.

5. Harapan

Kita harus memanfaatkan efek globalisasi dengan baik

6. Penutup

6.1 Ucapan terima kasih

6.2 Permintaan maaf

6.3 Salam Penutup

Leave a Reply