Pidato Bahasa Indonesia di Bali Om Swastyasu

PIDATO BAHASA INDONESIA

Terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa patah kata pada kesempatan yang baik ini. Namun sebelumnya, marilah kita awali perjumpaan di hari yang berbahagia ini dengan mengucapkan pangastunkara panganjali,

Om Swastyasu

Pertama-tama perkenankan saya mengucapkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas anugerah Beliau kita bisa berkumpul di sini. Bapak Ibu dan para hadirin sekalian yang saya hormati, saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dan meluangkan waktu para hadirin sekalian untuk berada di sini.

Perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa patah kata, dengan harapan semoga apa yang sampaikan pada kesempatan ini bermanfaat bagi kita semua. Adapun tema yang saya akan utarakan pada kesempatan ini adalah tentang pentingnya informasi teknologi terkait dengan perkembangan pendidikan Negara kita.

Para hadirin sekalian, seperti yang telah kita ketahui bersama bawasannya kemajuan Negara kita dibandingkan dengan Negara-negara lain di dunia masih sangat jauh tertinggal. Hal ini dikarenakan SDM kita yang masih jauh di bawah standar. Bila kita telaah lebih jauh tentunya kita akan melihat system pendidikan di Negara kita. Dimana Negara-negara barat telah terbang di atas angin menghadapi globalisasi jaman namun kita masih sangat jauh di bawah mereka.Mari kita bercermin dengan Negara barat, kita cari salah satu kunci kesuksesan mereka.

Salah satu yang telah kita adopsi dari mereka adalah IT (informasi teknologi) pendidikan. Bisa dikatakan kunci kemajuan Negara tersebut adalah kemajuannya pada bidang ini. Semua pejerjaan mereka telah terkomputerisasi dan dikerjakan oleh mesin canggih yang sudah terotomatisasi. Bagaimana dengan keberadaannya di Negara kita?

Jawabannya adalah masih sangat jauh. Tentunya kita harus berani membayar besar untuk mencapai keberhasilan ini. Kita tidak gagal, hanya saja belum berhasil. Rendahnya kontribusi penyediaan sarana oleh pemerintah di sekolah dan mental siswa adalah kendala kemajuan ini. Apabila pemberdayaan IT ini kita bisa manfaatkan dengan benar-benar bukan tidak mungkin kita bisa menyamai Jepang, Inggris, bahkan Amerika sekalipun.

Tapi itu hanya mimpi apabila anak-anak kita masih saja buta. Dunia bisa kita lihat dengan satu kali klik tapi lihat anak-anak kita bukan untuk edukasi tetapi mereka berbondong-bondong ke Warnet hanya untuk facebook, twitter, dan sekedar mengunduh video yang tidak layak dikonsumsi mereka.

Negara kita tidak akan pernah maju kalau kita tidak bisa memberdayakan apa yang telah ada. Mungkin para hadirin sekalian telah ketahui bahwa berita, sejarah, pendidikan, semua ada di dunia maya. Kenapa kita tidak memanfaatkannya untuk pengembangan pendidikan? Masih ada yang lebih penting dari sekedar main-main.

Peranan orang tua disini sangat membantu dalam hal ini, dimana orang tua seharusnya mampu membimbing anak-anaknya untuk bisa mendayagunakan internet dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan pendidikan mereka. Negara kita tidak akan bertahan dalam globalisasi apabila kita kalah di bidang IT. Jadi manfaatkan hal itu untuk hal positif.

Untuk itu, saya menghimbau para hadirin sekalian mari kita kenali dunia kita lebih jauh melalui internet. Karena apapun yang anda ingin ketahui di dunia ini akan anda ketahui dengan satu sentuhan. Negara yang maju adalah Negara yang rakyatnya cerdas, rakyat yang cerdas adalah rakyat yang mengerti perkembangan dunia.

Demikian yang saya bisa sampaikan, mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Terima kasih atas perhatian saudara sekalian. Sebagai penutup kita panjatkan parama santih.

Om Santih Santih Santih Om

Leave a Reply