Pidato Hari Kesaktian Pancasila di Bali

Pidato Hari Kesaktian Pancasila

Yth. Bapak Bupati dan Wakil Bupati Jembrana beserta Ibu.

Ykh. Bapak Ketua DPRD Kabupaten Jembrana beserta Ibu

Ykh. Bapak Kepala Polres Jembrana beserta Ibu

Ykh. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana beserta Ibu

Ykh. Bapak Camat Jembrana beserta Ibu

Dan seluruh hadirin masyarakat se-Kabupaten Jembrana yang kami hormati dan kami banggakan.

Om Swastyastu Puji syukur kita panjatkan kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) karena berkat anugrah beliau kita dapat berkumpul disini dalam keaadan sehat walafiat.

Perkenankan saya selaku perrwakilan Fron Generasi Pemuda Jembarana (FGPJ) untuk menyampaikan pidato dihadapan hadirin semua.

Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati bersama pada hari ini tanggal 1 Oktober 2012 merupakan hari yang sangat bersejarah, karena dulu detik-detik masa sekaranglah Pancasila dikokohkan sebagai dasar Negara kita, pilar persatuan kita. Sudah tujuh Jendral disiksa dan nyawanya terbuang sia-sia di lubang buaya pada G30SPKI demi pancasila kita. Dulu Pancasila ingin dihapus oleh PKI pada masa itu, bangsa ini ingin dijadikan bangsa komunis yang tidak meyakini akan adanya Tuhan. Tentu hal tersebut tidak masuk kaidah kita yang sejak jaman lampau bangsa ini adalah bangsa religius dengan kepercayaan animisme dan dinamismenya yang terus mendarah daging.

Pancasila berkatnya kita bersatu dari sabang sampai merauke, dan tanpa adanya kita tidak akan pernah melihat bangsa yang seperti sekarang. Semestinya kita sebagai generasi muda penerus bangsa bisa memperkokoh persatuan kita, bukan sebaliknya kita berperang dengan saudara se-Bangsa se-Tanah air, hanya karena uang dan kekuasaan. Kita lihat bersama penegak hukum kita sedang berperang KPK Vs POLRI sungguh memalukan aparat penegak hukum yang semestinya memberikan contoh, malah sebaliknya mereka berperan sebagai penjahat hukum. Kemudian kita bertanya, apa bangsa ini pantas disebut bangsa berlandaskan Pancasila, dengan melihat hal tersebut?

Mari kita bangun kesaktian Pancasila kembali ke Bumi Pertiwi ini, jangan kita buat pendahulu kita menangis, bersedih diatas sana. Mari buat mereka bangga karena kita, buat Negara ini tidak terus menerus menjadi Negara berkembang tapi menjadi Negara yang maju dengan persatuan.

Demikian patah se-patah kata yang bias saya sampaikan lewat pidato ini.semoga semua insan masyarakat Jembrana Pada khususnya bisa paham, bahwa kita dapat bersatu dari bermacam warna karena satu,yaitu PANCASILA.

Terimakasih atas perhatiannya, dan mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati hadirin semuanya. Akhir kata saya tutup dengan Prama Santih Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

NAMA : TANGKAS MADE ADHIWIBOWO

NO/KLS : 35/XII IPA 1

Pahlawan insan

karya: Tangkas Made Adhiwibowo 35/XII IPA1

hari gelap seakan cerah

mata terpancar disaat gundah

bingung mereda dikala susah

berkat dirimu

seakan berjalan di lorong yang sempit

tanpa jerit walau sakit

kau taklukan semua

dan kau terjemahkan semua

pada kami,dengan nada indah

guru

wahai engkau jiwa mulia

engkaulah pahlawan

banyak jasa yang kau beri

untuk masa depan insan

loading...

Leave a Reply