Teks Pidato : Nama Kelompok

Nama Kelompok :

Achmad Aswal

Alamsyah Nurahmad Putra

Erwin Malaidji

Giordano Bandi Lolok

Rajak Ismawanto

Tugas Membuat Pidato

Nama Kelompok :

Achmad Aswal

Alamsyah Nurahmad Putra

Erwin Malaidji

Giordano Bandi Lolok

Rajak Ismawanto

Tugas Membuat Pidato

Selasa,17 September 2013

Selasa,17 September 2013

Pendidikan dan Kualitas Bangsa

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatakan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan karunianya lah sehingga saat ini kita semua dapat hadir ditempat ini dalam keadaan sehat.

Tak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bapak guru serta teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya pada hari yang indah ini untuk membawakan sebuah pidato dengan temapendidikan dan kualitas bangsa

Hadirin sekalian,

Jika kita memperhatikan realita kehidupan bangsa kita , saat ini masih banyak masalah-masalah yang terjadi, dan jika kita mengkajinya lebih dalam lagi maka pendidikan dan kualitas bangsa lah yang menjadi pokok masalah utama . Hendaknya kita sebagai generasi muda ini haruslah menyiapkan diri kita masing-masing , karena di masa mendatang kita semualah yang mampu merubah bangsa ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berbicara kualitas bangsa serta pendidikan kedua hal ini memiliki hubungan erat dimana perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh, terutama melalui pendidikan.Hal ini menunjukan bahwa kualitas bangsa yang baik ditunjang oleh pendidikan yang baik pula Pendidikan itu proses yang memerlukan waktu yang lama, yang tak henti-hentinya dilakukan untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkanbudaya baru dengan manusia yang bukan sekedar pintar bahkan cerdas.

Bapak guru serta teman teman sekalian.

Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam dirinya.Manusia cerdas inilah yang dibutuhkan untuk bangsa indonesia yang membawa sikap ini kemudian masuk ke dalam tatanan masyarakat (budaya) dan menjadi alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini. Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi, pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.Namun, Hal ini tampaknya akan menjadi momok tersendiri bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan serta banyak siswa didik yang lebih mementingkan hasil dibandingkan proses.

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan bangsa melalui 3system pendidikan nasional yang menyeluruh , terencana, serta terbuka secara umum.

Namun untuk menuju sistem3itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku. Karena persoalan pendidikan sangat berkaitan dengan sistem lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah 3sistem lainnya lagi. Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa. Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal yang cenderung mampu berdampak terhadap kepribadian siswa didik .

Ibu guru serta teman-teman sekalian

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa yang independent, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni kehidupan dengan menghargai adanya perbedaan. Kedepannya,sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti.

Sekian dari pidato singkat dari saya , terima kasih atas perhatian Bapak guru serta teman teman sekalian.Mohon maaf jika ada kekurangan karena sesungguhnya manusia tidak lah sempurna.

Selamat pagi.

4

4

Incoming search terms:

  • nama kelompok pidato
loading...

Leave a Reply