Pidato Bahasa Indonesia

Pidato Bahasa Indonesia

Menuju Go Green, menyelamatkan bumi kita

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Unggulan Pangkajene

Yang saya hormati guru-guru serta para staff SMA Negeri 2 Pangkajene

Dan para hadirin serta teman-temanku sekalian yang saya cintai dan banggakan.

Assalamu alaikum wr,wb dan salam sejahtera bagi kita semua. Terima kasih saya ucapkan atas kesempatan yang diberikan sehingga pada hari ini saya dapat berdiri di tempat ini guna membawakan sebuah pidato sederhana yang berjudul Menuju Go Green, menyelamatkan bumi kita

Para hadirin yang berbahagia, mengawali pidato saya. Pertama-tama saya ingin menanyakan sesuatu hal. Apakah selama ini kita mengalami perubahan cuaca yang sangat drastis di bumi? Ya ? Tentu jawabannya adalah ya. Perubahan tersebut disebabkan karena meningkatnya suhu di bumi akibat sinar ultraviolet dari matahari yang leluasa masuk ke permukaan bumi. Bebasnya sinar ultraviolet ini karena lapisan atmosfer pelindung bumi atau biasa disebut ozon makin menipis. Ozon sendiri terbentuk oleh gas Oksigen ( O2 ) yang dihasilkan oleh tumbuhan-tumbuhan. Sehingga secara otomatis tumbuhan sangatlah berperan penting dalam melindungi dan menyelamatkan bumi kita. Selain itu, pada akhir-akhir bulan ini terjadi fenomena yang sangat mengejutkan yaitu jatuhnya sebuah batu meteor ke permukaan bumi di Rusia. Nah, hal ini tentu membuat kita dapat berpikir lanjut tentang apa penyebab dari peristiwa itu. Kemungkinan penyebab ada dua, pertama karena ukuran meteornya memang sangat besar sehingga atmosfer kesulitan membakarnya. Dan kedua karena menipisnya lapisan atmosfer, termasuk ozon sehingga hanya sedikit bagian meteor yang terbakar.

Para hadirin yang berbahagia, mengetahui hal ini. Tentulah kita harus melestarikan dan merawat tumbuhan secara efisien. Tumbuhan adalah paru-paru dunia dan sangat berperan penting dalam menyelamatkan bumi kita. Sebagai penghasil Oksigen, tumbuhan mampu menghidupkan seorang manusia selama 10 tahun lamanya. Dan membantu dalam menyeimbangkan ekosistem alam. Maka dari itu marilah kita menuju hidup yang go green dengan cara menanam tumbuhan minimal 5 di setiap rumah, serta merawat dan menjaga kelangsungan hidup tumbuhan di sekitar kita. Hidup Go green ini dapat dimulai dalam lingkungan rumah kalian, bahkan di lingkungan sekolah. Jika telah terbiasa, dan berjalan efektif secara otomatis hidup go green yang dilaksanakan di lingkungan sekolah dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain hingga menuju lingkup masyarakat luas bahkan dunia.

Selain menanam tumbuhan juga ada beberapa hal yang perlu dilakukan guna mengurangi pemanasan global yaitu,

1. Tidak membuang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan seringkali dilakukan oleh banyak orang. Padahal membuang sampah sembarangan dapat meningkatkan pemanasan global, seperti membuang sampah di sungai. Apa akibatnya? Akibat membuang sampah di sungai adalah banjir. Nah, supaya tidak terjadi seperti itu, maka janganlah membuang sampah sembarangan.

2. Jangan membakar sampah

Membakar sampah bukan cara yang baik untuk menghilangkan sampah. Jika kita membakar sampah, asapnya bisa merusak lapisan ozon. Bila lapisan ozon rusak, sinar ultraviolet bisa masuk ke bumi secara berlebihan dan dampaknya akan berpengaruh kepada makhluk hidup.

3. Mamatikan lampu atau barang elektronik jika tidak diperlukan

Hal ini dapat mengurangi penambahan listrik dan penambahan biaya listrik.

Tentulah semua hal ini sangatlah baik untuk menyelamatkan bumi kita, karena keselamatan bumi kita sangatlah tergantung dari manusia itu sendiri. Marilah menjadi manusia yang mencintai buminya, dengan menuju Go green demi menyelamatkan bumi kita.

Demikianlah pidato dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau kata-kata yang kurang berkenan karena yang sempurna hanyalah milik Sang Pencipta. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Assalamu alaikum wr.wb

Tugas Bahasa Indonesia

Membuat sebuah teks pidato bertemakan lingkungan hidup

Oleh :

Nurul Muthmainnah Gita fitri

X Ki Haja Dewantara

SMA Negeri 2 Pangkajene

Leave a Reply