Pidato Deklarasi AMAK NTT (26!10!2012

Yth Para Anggota Dewan Pembina

Yth Para Undangan

Yth Rekan AMAK NTT

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala berkat yang melimpah, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di tempat ini. Hari ini adalah moment yang sangat berharga dalam hidup saya karena di tempat ini kita tidak hanya merayakan deklarasi AMAK NTT, tetapi juga merayakan semangat kebangkitan perjuangan kaum muda; semangat untuk me-reposisi kesadaran kita dan publik bahwa kita masih ada dan mau berjuang untuk melawan tirani kekuasaan para koruptor.

Saudara-saudara

Organisasi Angkatan Muda Anti Korupsi NTT lahir dari suatu kesadaran bahwa korupsi merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan karena memusnahkan hak-hak kita sebagai warga negara untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan. Korupsi memusnahkan kesempatan memperoleh hidup yang layak, memusnahkan hak kita atas pelayanan kesehatan yang baik, memusnahkan harapan dan cita-cita kita untuk menjadi lebih bermartabat dan terdidik.

Angkatan Muda Anti Korupsi NTT adalah hasil dari suatu dialektika terhadap ketidakadilan yang dirasakan masyarakat NTT. Hingga hari ini, secara gamblang kita melihat fenomena pemiskinan harkat dan martabat manusia NTT oleh oknum-oknum pejabat publik yang berkuasa. Kita malu sebagai orang NTT yang propinsinya didaulat sebagai salah satu propinsi terkorup, akan tetapi masyarakatnya tetap miskin. Ini fakta bahwa banyak oknum pejabat publik dan kroninya melakukan korupsi, akan tetapi tidak banyak yang ditindak. Dan selama itu tidak ditindak, kita rakyat NTT harus memikul malu para koruptor tersebut.

Saudara-saudara

Kerinduan terbesar yang terpatri dalam hati saya dan teman-teman AMAK NTT bahwa hari ini, Kita Harus Malu, Kita Harus Marah, Kita Harus Mau! Kita harus marah karena saudara-saudara kita di NTT harus meminum kenyataan pahit dan pasrah akan situasi dan keadaan yang terus meracuni mereka. Kita Harus Malu karena kita telah membiarkan kekuasaan para koruptor mengikis habis harapan mereka untuk lebih baik. Dan Kita Harus Mau, mau untuk bergerak bersama menyatakan perang suci terhadap keserakahan dan penindasan ini.

Hari ini, kita harus berani dan dengan lantang menyuarakan bahwa tidak selamanya harkat dan martabat kita sebagai masyarakat NTT terus menerus dilecehkan oleh hawa nafsu para koruptor. Hari ini, kita harus secara tegas menyatakan bahwa kita tidak akan memikul dosa pembiaran karena membiarkan para koruptor di NTT merajalela atas kita. Hari ini harus kita tegaskan sebagai hari kita memulai pembebasan masyarakat NTT dari kemiskinan dan ketidakadilan dengan secara serentak melawan dan memberantas perilaku korup para koruptor. Hari ini, kita harus hentikan pelecehan atas intelektualitas kita karena membiarkan kerakusan para koruptor terjadi di depan mata kita.

Saudara-saudara

Marilah kita mulai perjuangan ini bersama-sama. Angkatan Muda Anti Korupsi NTT membuka pintu seluas-luasnya kepada rekan-rekan muda NTT yang ingin mengaktualisasikan gagasannya membangun NTT yang lebih baik. Organisasi ini siap untuk menjadi wadah kita bersama dalam memerangi korupsi. Satu langkah kecil yang kita mulai hari ini adalah tanda bahwa kita mau menjadi api penerang untuk menggapai NTT yang lebih baik, NTT yang bersih dari korupsi.

Terima Kasih

loading...

Leave a Reply