PIdato Likha : Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillahirabbil Alamin…

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segenap rahmat dan nimat kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan pada tahun ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah mengarahkan kita pada jalan yang di ridhloi.

Bulan puasa adalah bulan yang kaya akan ampunan. Pada bulan ini kita selaku umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan dengan imbalan pahala yang sungguh tak terhingga.

Marilah menjalankan ibadah puasa dengan hati yang ikhlas dan menjauhi segala perbuatan yang dapat merusak amal ibadah puasa kita. Mari manfaatkan Ramadhan di tahun ini dengan amalan-amalan yang baik serta di ridloi.

Hadirin yang saya hormati…

Sungguh tak terhingga pahala yang akan kita dapat dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jangan sesekali diantara kita tidak menjalankan puasa, karena ia benar-benar sangat merugikan kita.

Dengan menjalankan ibadah puasa, kita akan dibimbing untuk menjadi umat yang sholeh dan sholihah serta akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan kita, baik didunia maupun di akhirat kelak.

Bulan puasa atau Ramadhan adalah momentum bagi kita untuk melebur semua dosa-dosa kita. Dengan menjalankan ibadah puasa dengan hati yang ikhlas, InsyaAllah dosa-dosa yang telah kita perbuat akan mendapatkan ampunan dari Alllah SWT.

Marilah kita berpuasa secara khusyu dan jangan pernah meninggalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan karena kita akan menjadi orang yang sangat rugi.

Puasa mampu mengajarkan kita akan banyak hal. Dengan berpuasa kita bisa merasakan bagaimana seandainya kita tidak diberikan rizqi oleh Allah SWT. bagaimana seandainya kita tidak bisa makan, bagaimana penderitaan orang-orang yang hidup dengan ketidakcukupan, dsb. Puasa dapat membuka mata hati kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT selaku dzat yang maha pengasih dan maha pemurah.

Demikian sedikit pesan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga berguna bagi kita semua, amin.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puja dan puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih berkesempatan untuk menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai kaum Muslimin, yakni menjalankan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad, SAW. yang telah memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di Ridhoi.

Alhamdulillah kita masih bisa menjalankan ibadah Puasa sebagai salah satu dari rukun Islam. Ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat dan berkah. Di bulan yang suci ini Allah AWT. memberikan kemurahan yang tak terhingga kepada kita berupa ampunan serta pensucian diri dari dosa-dosa yang telah kita perbuat. Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan dimana kita kian mendekat kepada Allah dan menjadi hamba-Nya yang sholeh dan sholihah.

Puasa mengajarkan kita untuk memahami akan banyak hal sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah. Dengan menahan lapar sepanjang hari kita akhirnya dapat mawas diri bahwa semua sajian makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lain adalah rizki yang diberikan oleh Allah SWT. terhadap kita. Tanpa kemurahan-Nya kita tidak akan bisa memakan dan meminum apa pun. Dengan menahan lapar, Allah membuka mata hati kita bahwa sesungguhnya masih banyak orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. Para fakir miskin harus menjadi perhatian kita selaku umat yang bertaqwa. Berikan sedekah kepada mereka sebagai hak yang telah diberikan oleh Allah kepada mereka melalui kita.

Mari kita senantiasa mengingat akan perintah serta larangan Allah SWT. Mari kita meningkatkan nilai keimanan kita dengan terus melakukan ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya. Bulan puasa adalah bulan yang agung, mari mensucikan tubuh dan fikiran kita agar kelak kita mendapatkan Syurga Allah.. Amin.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat serta hidayah khususnya buat saya pribadi dan para hadirin sekalian. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kita ampunan dan senantiasa menempatkan kita pada jalan yang di ridhoi-Nya.

Akhirukalam..   

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply