Pidato : – Pendidikan Karakter

Pidato – Pendidikan Karakter

Bismillahirahmannirahim,

Assalamualaikum wr wb,

Ibu guru yang saya hormati, teman-temanku kelas XII IA 2 yang saya hormati dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT ysng telah memberikan rahmat dan hidayat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Semoga shalawat serta salam, tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Nabi Muhammad SAW, Nabi akhir jaman dan panutan umat manusia.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah di berikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertemakan Pendidikan Karakter.

Pendidikan karakter sekarang ini mutlak di perlukan bukan hanya di sekolah, tetapi di rumah dan likungan sosial. Bahkan peserta pendidikan karakter sekarang ini bukan hanya anak usia dini hingga remaja tetapi usia dewasa, mutlak diperlukan untuk kelangsungan hidup bangsa ini.

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia dan lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.

Pemerintah boleh berganti, raja boleh turun tahta dan presiden boleh berhenti masa jabatannya, namun pendidikan karakter harus terus berjalan. Seperti halnya saya ambil contoh perilaku siswa yang menyalahi aturan yakni, pertengkaran, tawuran antar pelajar/ antar warga desa, meminum miras, dan lain-lain. Contoh-contoh tersebut menunujukan karakter yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila. Apakah kita tidak malu bila di sebut bangsa yang tidak bermartabat dan tidak berpendidikan ? Kita seharusnya dapat memfilter budaya-budaya luar yang tidak sesuai dengan karakter bangsa kita. Jika tidak, maka bangsa kita akan semakin terperosok.

Oleh karena itu, mari kita berpintar-pintar melestarikan budaya bangsa kita sendiri yang memiliki wawasan dan cara berpikir sesuai norma dan katakter bangsa Indonesia.

Ibu guru yang saya hormati, teman-temanku kelas XII IA 2 yang saya hormati dan saya banggakan. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan dihati.

Akhirul kalam,

Wassalamualaikum wr wb.

Leave a Reply