Pidato X1 : Asssalamualakum Wr. Wb.

Nama : Wahyuda Amarta

Kelas : X1

Nama : Wahyuda Amarta

Kelas : X1

Asssalamualakum wr. wb.

Yth. Ibu Dra. Munjiani.

Beserta hadirin yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat-Nya kita dapat berhadir di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa salawat dan salam kita haturkan kepada Rasullullah saw., beserta para sahabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi hadirin yang telah datang . Kemudian izinkanlah saya Wahyuda Amarta untuk menyampaikan sebuah pidato yang bertema, Kendaraan bermotor dan polusi udara di kota Banjarbaru.

Di zaman globalisasi ini, manusia telah menciptakan berbagai sarana dan prasarana yang cangih dan sangat membantu aktifitas sehari-harinya, salah satunya adalah kendaraan bermotor. Dengan adanya keandaraan bermotor kita dapat bepergian ke suatu tempat dengan mudah, cepat, dan efisien. Namun, kendaraan bermotor juga merupakan salah satu penyebab polusi udara karena menghasilkan gas karbon monoksida.

Hadirin yang berbahagia,

Di kota Banjarbaru yang kita cintai ini, tak sedikit warganya yang menggunakan kendaraan bermotor. Jumlah pengguna kendaraan bermotor di Banjarbaru tiap tahun semakin meningkat. Hal ini menyebabkan gas karbon monoksida yang dihasilkan semakin banyak dan tentunya polusi udara tak terhindarkan. Gas yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan bermotor itu merupakan gas beracun yang dapat menghambat sel darah di tubuh manusia. Gas yang terhirup akan menyebabkan gangguan pernafasan dan jika terus menerus terhirup akan menyebabkan peradangan di paru-paru yang akhirnya berujung kematian. Hal ini sangat menghawatirkan terhadap kesehatan warga kota Banjarbaru.

Kita sebagai warga Banjarbaru hendaknya perduli dengan masalah tersebut dan berusaha menaggulanginya. Upaya pemerintah juga sangat diperlukan dalam mengatasi masalah polusi udara. Upaya tersebut yaitu dengan menggalakkan penanaman pohon-pohon di sekitar jalan raya. Kemudian mengadakan sosialisasi atau dengan membatasi penggunaan kendaraan bermotor di kota Banjarbaru. Namun upaya pemerintah tersebut tidak akan berhasil tanpa kerja sama kita sebagai warga Banjarbaru.

Kesimpulan dari pidato ini adalah kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab utama polusi udara di kota Banjarbaru. Saran saya yaitu mari kita bersama-sama bertanggung jawab menghilangkan polusi udara di kota tercinta kita demi terjaminnya lingkungan dan warga yang sehat. Demikian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Wassamualaikum wr. wb.

Incoming search terms:

  • pidato tentang kota banjarbaru
loading...

Leave a Reply