Pidato : Yang Terhormat Bapak Sumoto Selaku Guru Pembimbing

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…….

yang terhormat bapak sumoto selaku guru pembimbing peljaran bahasa indonesia dan teman-teman di kelas XI-A1 yang saya bangakan. puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-NYA kita semua bisa berkumpul pada siang hari ini di ruang kelas XI-A1 dalam keadaan sehat walafiat.

pada saat ini saya akan berpidato tentangtransmigrasi.

telah kita ketahui bahwa indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak seperti yang terdapat pada lirik lagu H. Rhoma Irama.sebagian besar penduduk tersebut berada dalam satu tempat dan tidak menyebar, sehingga timbul banyak masalah di tempat tersebut seperti kurangnya lahan pekerjaan di tempat tersebut,terjadi kesenjangan sosial,dsb. untuk itu pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengurangi masalah yang terjadi, salah satunya adalah melakukan program transmigrasi.

transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya. tujuan transmigrasi sendiri adalah meningkatkan dan mengatur perpindahan penduduk(penduduk diharapkan bisa tersebar secara merata sehingga tidak menimbulkan suatu lingkungan kumuh),meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat(dengan adanya transmigrasi ini akan menimbulkan lahan pekerjaan sehingga masyarakat bisa memiliki pekerjaan di daerah transmigrasi dan bisa meningkatkan pendapatan per kapita), mendorong pembangunan daerah(para transmigran diharapkan bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di tempat tersebut dengan sebaik-baiknya untuk membantu pembangunan daerah tersebut),dsb. transmigrasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah rawan bahaya dan bencana alam, seperti banjir,gempa bumi,gunung meletus,dsb. dengan begitu masyarakat yang ada di daerah rawan bencana tersebut sudah tidak dibebani rasa khawatir terhadap bencana alam. namun transmigrasi ini sedikit banyak berdampak negatif misalnya penggunaan sumber daya alam yang terlalu berlebihan di daerah transmigrasi oleh para transmigran nantinya akan berdampak negatif bagi alam,ekosistem yang ada di daerah transmigrasi karena dibangunnya pemukiman untuk transmigrasi(yang awalnya daerah tersebut merupakan habitat binatang-binatang kemudian setelah adanya transmigrasi mereka yang ada di tempat itu akan terganggu karena habitat mereka dijadikan pemukiman transmigran),dsb. pemerintah seharusnya lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di daerah transmigrasi misalnya meningkatkan layanan kesehatan,ketersediaan listrik,dsb supaya masyarakat tidak memliki anggapan bahwa transmigrasi tidak menguntungkan bagi mereka. jadi sebenarnya transmigrasi sangat menguntungkan bagi masyarakat oleh karena itu kita seharusnya mendukug program pemerintah yang satu ini untuk membangun negara yang lebih aman dan kondusif sekaligus mempercepat dan memperlancar pelaksanaan pembangunan nasioanal. marilah kita mendukung program ini dan tidak berpikiran negatif terlebih dahulu tentang apa yang dilakukan pemerintah.

demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Leave a Reply