Pidato Capel 2005 : Drs. KH. Imam Badri

Drs. KH. Imam Badri

Untuk sama-sama dimengerti, untuk sama-sama dimengerti, sama-sama disadari, bahwa dalam segala kegiatan penting perlu adanya nasihat,

Alhamdulillah, hasil ujian dapat diumumkan pada hari ini berkat guru-guru yang sukarela, tanpa dibayar, yang telah mengoreksi kertas-kertas ujian,

Harap dimaklumi perjuangan guru-guru tersebut dan panitia tidak ada ukuran uang, tidak ada ukuran material, semua itu demi pendidikan di Gontor, dan perndidikan generasi pernerus islam.

Terimakasih kepada wali santri yang telah sabar menunggu sampai hasil ujian ini diumumkan, inilah bentuk pengorbanan para orangtua terhadap anak-anaknya, insya Allah, pengorbanan ini akan diterima oleh Allah, dan Insya Allah pengorbanan bapak ibu tidak akan sia-sia. Salah satu kewajiban orangtua kepada anakknya adalah mengirimkan anaknya untuk belajar agama.

Terimakasih atas penghargaan bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah mempercayai untuk menyekolahkan anaknya di Pondok ini, meskipun Pondok ini banyak kekurangan, para kiayinya bukan seorang ulama besar, Pondok ini bukan Pondok keluarga, Pondok golongan tertentu. Pondok ini adalah Pondok wakaf, diwakafkan kepada ummat Islam, kamilah yang mendapatkan amanat ini untuk memimpin Pondok ini pada saat ini.

Bapak-bapak, ibu-ibu kami mohon maaf atas segala kekuarang Pondok kami, sarana-sarana kami, dalam pelayanan kami terhadap para tamu sekalian.

Dalam ujian itu ada yang lulus dan ada yang tidak lulus, kalau dalam ujian itu tidak ada yang lulus maka itu tidak dapat dikatakan sebagai ujian, apabila dalam suatu ujian ternyata lulus semua maka itu juga tidak dapat dikatakan sebagai ujian.

Ada tiga hal yang dinilai dalam ujian ini,

Akademis

Santri yang terlalau bodoh juga tidak dapat kami terima, yang terlalu lugu juga tidak dapat kami terima, karena mereka itu sudah ada sekolah khusus.

Akhlaq

Kami tidak hanya menerima anak-anak yang pintar saja, akan tetapi kami juga memperhatikan dari segi akhlaq, anak yang terlalu nakal apabila diterima maka akan menjadi penyakit dan menularkan penyakit tersebut kepada teman-temannya.

Kesehatan

Anak-anak yang mempunyai penyakit yang parah dan menular akan membahayakan anak tersebut dan teman-temannya, serta mengganggu aktivitas anak tersebut selama mengikuti pelajaran di pondok ini.

Jangan marah kepada kami, kepada pondok kami, kepada anaknya, terimalah dengan ikhlas. Jangan marah kepada kami selaku pengurus pondok karena kami bekerja dan berusaha semaksimal mungkin tanpa pertimbangan dana, materiil, apalagi suap menyuap, semuanya bekerja dengan ikhlas. Kalau bapak-bapak dan ibu-ibu marah kepada kami kami akan tetap menjalankan tugas kami dengan ikhlas.

Leave a Reply