Pidato Ketua Pd Tarbiyah Islamiyah Sumbar (1)

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

YANG TERHORMAT

BAPAK MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA

BAPAK KETUA PENGURUS BESAR TARBIYAH ISLAMIYAH

BAPAK GUBERNUR SUMATERA BARAT

BAPAK BAPAK DAN IBU PENGURUS TARBIYAH ISLAMIYAH

DAN YANG SAYA CINTAI WARGA TARBIYAH DI MANAPUN BERADA.

HADIRIN DAN HADIRAT YANG SAYA MULIAKAN

PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH ADALAH WADAH UMMAT YANG TELAH MEMBUKTIKAN EKSISTENSINYA. HINGGA HARI INI, GERAK LANGKAHNYA TELAH MEMBERIKAN KONTRIBUSI BESAR DALAM KEHIDUPAN UMMAT. INILAH ORGANISASI MASYARAKAT BERBASIS TRADISI DAN AGAMA YANG TUA DAN SANGAT BERSEJARAH.

KARENANYA, DIPERCAYAI KEMBALI MEMIMPIN PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH SUMATERA BARAT, BAGI SAYA SECARA PRIBADI, BERARTI KEMBALI MEMIKUL AMANAT YANG TERAMAT BERAT. SEBAB BEGITU BANYAK HARAPAN DITUMPANGKAN DI SINI, MENJADI CITA-CITA BERSAMA. SEMUA INI BUTUH BEKERJA SAMA DALAM KEBERSAMAAN.

SAYA SELALU MENGINGAT-INGAT KEPADA DIRI, KEPADA PENGURUS, BAHWA PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH ADALAH LADANG AMAL YANG TAK PERNAH BERTEPI. JANGAN PERNAH MEMPERHITUNGKAN SETIAP BAKTI DAN BUDI, KARENA KITA MENCINTAI PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH DARI LUBUK HATI.

PENGURUS DAERAH PERIODE 2012 – 2017 MEMILIKI BEBAN KERJA MENERUSKAN HAL-HAL YANG BELUM TERSELESAIKAN. MENGGAPAI VISI, MENGEMBAN MISI, SEDARI AWAL TELAH DITETAPKAN OLEH PENDIRI, SEBAGAI AKAR TUNGGANG PERJUANGAN PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH.

DALAM TITAH PARA PENDIRI, TARBIYAH ISLAMIYAH MEMILIKI TIGA JALAN PERJUANGANNYA. DAKWAH, PENDIDIKAN, DAN SOSIAL.

JALAN DAKWAH YANG DIPILIH SELAMA INI, TELAH MEMBERI WARNA DAN JATI DIRI BAGI TARBIYAH ISLAMIYAH. DIMANA, BAHASA DAKWAH YANG SANTUN, BEKERJA SAMA DENGAN PARA PIHAK, MEMILIKI PRINSIP YANG TEGAS, SEBAGAI PENGANUT PAHAM AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH. BERANGKAT DARI SINILAH, TARBIYAH ISLAMIYAH TAK MEMILIKI PRETENSI UNTUK BERBAHASA YANG DAPAT MELUKAI SIAPAPUN. BAIK UMMAT MAUPUN UMARA. PEMERINTAH MAUPUN YANG DIPERINTAH. TARBIYAH ISLAMIYAH JUGA TAK PERNAH KETINGGALAN UNTUK MEMANFAATKAN PELUANG DARI KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN EUFORIA MEDIA MASSA. TERMASUK JUGA, MELALUI IKLAN LUAR RUANG SEBAGAI MEDIA UNTUK MENYAMPAIKAN PESAN ILAHIYAH.

SEMENTARA ITU, DALAM BIDANG PENDIDIKAN, KETIKA KINI DISEBUTKAN PENDIDIKAN KARAKTER, PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH TELAH MEMULAINYA, JAUH SEBELUM ITU DISEBUT-SEBUT. ITULAH MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH (MTI), YANG BAGI SEBAGIAN DARI KITA, PADA SUATU SAAT, ENTAH MENGAPA TIDAK HENDAK MENGAKUINYA. KITA MENYUGUHKAN KEPADA ANAK-ANAK KITA, PENDIDIKAN YANG MENGEDEPANKAN LOGIKA, NALAR. LALU ALPA MENYUGUHKAN PENDIDIKAN HATI. MEMBANGUN HATI MEREKA DENGAN SEGENAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL. KITA TERLENA DENGAN RAYUAN MAUT MASA DEPAN, KATANYA, LOGIKA DAN NALARLAH YANG LEBIH PENTING. AKHIRNYA, WAKTU MENJAWABNYA. BAHWA, KESEIMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL, SPIRITUAL DAN INTELEKTUAL TERBUKTI MANJUR DALAM MENATA KEHIDUPAN. KEKELIRUAN ITU AKHIRNYA DISADARI. KITA HARI INI, MENYEBUT DENGAN LANTANG, PENTINGNYA PENDIDIKAN BERKARAKTER. KARENANYA, KITA WARGA TARBIYAH ISLAMIYAH PATUT BANGGA, BISA BERTAHAN DI TENGAH KEPERGIAN ZAMAN YANG TELAH MEMENTINGKAN NALAR SEMATA. KINI, ZAMAN TELAH KEMBALI, SERUPA PENDULUM WAKTU, YANG MENUNJUKKAN, BETAPA PENTINGNYA PENDIDIKAN BERKARAKTER ITU.

DI BIDANG SOSIAL, KITA TELAH BEKERJA SAMA DENGAN BANYAK PIHAK. MEMBANGUN FASILITAS UMUM, MEMFASILITASI KORBAN BENCANA DAN SEBAGAINYA. INILAH KERJA YANG HARUS TETAP DILAKUKAN, DIKEMBANGKAN, JANGAN BERHENTI SEBELUM MATI.

PROYEKSI KERJA BESAR PENGURUS DAERAH KE DEPAN ADALAH, KONSOLIDASI ORGANISASI KE TINGKAT BAWAH. MEMBERI PEMAHAMAN TENTANG INDEPENSI TARBIYAH ISLAMIYAH TERHADAP DINAMIKA POLITIK PRAKTIS. BEBAS DARI INTERVENSI PIHAK MANA PUN. WARGA TARBIYAH BEBAS DARI HAL-HAL DEMIKIAN. INILAH BENTUK KEMERDEKAAN DAN DEMOKRASI YANG DIBANGUN ATAS DASAR KESADARAN DAN PENGETAHUAN POLITIK PRAKTIS KITA BERSAMA. SETELAH MELIHAT KENYATAAN, REALITAS POLITIK YANG BERKEMBANG. TARBIYAH ISLAMIYAH TIDAK PERLU IKUT-IKUTAN.

SUNGGUHPUN BEGITU, KALAUPUN ADA BAGIAN DARI KADER, KELUARGA BESAR, BERJUANG DAN MEMILIH JALAN DEMIKIAN, MAKA IA PATUTLAH KITA DUKUNG, DIMANAPUN IA BERADA, PADA PARTAI MANAPUN, SEBAB KITA MENYADARI, WARGA TARBIYAH TIDAK KEMANA-MANA, TAPI ADA DIMANA-MANA.

PROYEKSI KERJA SELANJUTNYA ADALAH, MELANJUTKAN DAN MENGEMBANGKAN PERAN PENGAWALAN TERHADAP KEBERADAAN MADRASYAH TARBIYAH ISLAMIYAH (MTI). DIMANA, KEBERADAANNYA TELAH MELAHIRKAN BANYAK TOKOH ITU, SEMESTINYA KITA BERSAMA PEDULI AKAN LEMBAGA PENDIDIKAN YANG SATU INI. SEBAGAI CIRI KHAS DARI PENDIDIKAN SURAU DI MINANGKABAU. IA BERGESER MENJADI MADRASAH DAN KARENA TUNTUTAN ZAMANNYA PADA SUATU MASA.

KINI, KETIKA CERITA KITA TENTANG KARAKTER, MAKA SALAH SATU BENTUK KESADARAN PALING NYATA ADALAH, MARI KITA MEMBENAHI, MEMINTA PIHAK TERKAIT, YANG MEMILIKI KEWAJIBAN PENUH SESUAI AMANAT DARI NEGARA, MASYARAKAT, UNTUK BEKERJA SAMA. MEMBANTU EKSISTENSI MTI LEBIH MANDIRI, MAJU, KREATIF, SERTA MAKIN DIBUTUHKAN MASYARAKAT.

SECARA INTERN, PENGURUS PERIODE INI JUGA FOKUS UNTUK MEMBANGUN FASILITAS KANTOR, LEMBAGA PENDIDIKAN, JUGA LAPANGAN EKONOMI KREATIF. SEMUANYA SUDAH DICANANGKAN, SUDAH PULA ADA BEBERAPA YANG SUDAH DIKERJAKAN. MARI TETAP SOLID, BERSATU, DEMI KEMAJUAN TARBIYAH ISLAMIYAH, WARGA TARBIYAH, SUMATERA BARAT DAN INDONESIA.

DEMIKIANLAH, MARI TETAP ISTIQAMAH MENJALANKAN VISI DAN MISI. SELAMAT BEKERJA. TERIMA KASIH BANYAK KEPADA BANYAK PIHAK.

WASSALAMUALAIKUM. WR. WB.

Incoming search terms:

  • co toh tarbiyah islamiyah
  • pidato sumbar
loading...

Leave a Reply