Pidato Kkk

PIDATO

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak Kepla Sekolah SMP Negeri 2 Gondang. Bapak / ibu guru yang kami hormati. serta teman teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa , oleh karena berkat, rahmat dan penyertaan-Nyalah sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai PENGARUH SINETRON BAGI PERKEMBANGAN REMAJA

Sinetron memberikan pengaruh yang sangat besar bagi remaja, karena fakta membuktikan bahwa sebagian dari waktu remaja diluangkan untuk menonton dan tayangan yang ditonton adalah sinetron.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sinetron merupakan hiburan yang menarik. Dengan menonton sinetron remaja dapat mempelajari hal-hal positif yang terkandung didalamnya.

Kita tahu bahwa segala sesuatunya pasti memiliki dampak positif dan dampak negatif, disisi positif sinetron merupakan media hiburan yang mendidik, namun disisi negatif sinetron bagaikan pisau tajam yang siap merusak perkembangan remaja. Sinetron dapat menyebabkan kecanduan bagi para remaja. Kecanduan ini dapat mempengaruhi fisik remaja karena keseringan menonton dapat merusak sel-sel syaraf yang ada di otak .

Bapak guru dan teman-teman sekalian.

Di dalam tayangan sinetron tak jarang kita menjumpai adegan-adegan kekerasan dan adegan yang mempertontonkan gaya hidup yang berlebihan. Kita tahu bahwa masa remaja adalah masa yang sangat rentan, karena masa remaja adalah masa dimana sesorang mencari jati dirinya. Pada masa inilah kita para remaja kebanyakan meniru apa yang kita lihat. Dalam kenyataannya memang benar, tak jarang remaja yang kita lihat saat ini menirukan kekerasan seperti yang ditayangkan di dalam kebanyakan sinetron contohnya adalah kekerasan yang terjadi antar kelompok remaja (geng). Bukan hanya kekerasan , tapi juga gaya hidup yang berlebihan yang banyak diritukan para remaja mulai dari gaya berpakaian, gaya berbicara dan masih banyak lagi.

Sinetron memang media yang sangat menghibur dan digemari oleh banyak masyarakat, namun bukan berarti sinetron tidak memiliki pengaruh yang negatif bagi masyarakat khususnya bagi kita para remaja.

Oleh karena itu, sebagai remaja kita seharusnya menempatkan sinetron sebagai media hiburan yang mendidik. Seharusnya kita memiliki filter terhadap sinetron yang kita tonton, mana nilai yang seharusnya kita ambil sebagi pelajaran dan mana yang tidak seharusnya kita tiru.

Ingin berkembang ke arah yang lebih baik atau kearah yang lebih buruk ? ini semua tergantung dari pilihan kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada kata-kata dari saya yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

NAMA: ANGGA NUR. M.

KELAS : IXA

NO. : 06

TANGGAPAN WACANA PEPISAHAN SMP NEGERI 2 GONDANG

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Kepala Sekolah ingkah tuhu kinurmatan, Bapak / Ibu guru ingkang dhahat kinurmatan. Para mitra saha adik-adik ingkang kula tresnani.

Puja puji syukur dhumateng Gusti inkang Maha Agung, ingkang sampun angluberaken rahmat sarta hidayah, dene kula panjenengan sami ing wekdal menika saget angempal wonten ing SMP Negeri 2 Gondang ngriki saperlu ngawonten aken adicara pepisahan.

Bapak / Ibu guru ingkang dhahat kinurmatan, mboten kesupen kula pinangka sesulihipun siswa kelas 3, ngaturaken Agunging panuwun ingkang tanpa upami, awit keiklasan saha sih katresnanipuin Bapak / Ibu guru anggenipun nulawentah dhumateng para siswa, saengga saget ngrampongaken kewajiban ingkang sampun kalampahan sedangunipin tinggang tahun kanthi angsal serat tandha tamat belajar.

Bapak / Ibu guru tuwin adik-adik ingkang dhahat kula tresnani. Sakedhap meleh kula sarencang badhe nilaraken sekolah ingkang satuhu kula tresnani. Awrat anggen kula matur kados pundi awratipun nilar Bapak / Ibu guru saha adik-adik. Amargi ngawontenan kedah mekaten, pramila kanthi awrating manah, kapekso kula sakalian rencang rencang nilaraken Bapak / Ibu guru saha adik- adik kelas setunggal tuwin kelas kaleh. Senadyanta sampun pepisahan ingkang ateges tebih ing netra, mawantu wantu kula tansah nyenyuwun sumpados taksih celak ing penggaleh. Wonten pepanggihan tantu badhe wonten pepisahan. Menika kados sampun kinodrhat mboten kengeng ipun ewahi maleh.

Wawasan mekaten ingkang saget kula aturaken, wonten tumpang suh utawi kirang langkungipun anggen kula matur, nyuwun aguing samodra pangaksami.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply