PIDATO : Nama Ellisa Mahardini

Nama : Ellisa Mahardini

Kelas: XII IPA 1

Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati Bapak Darsono selaku guru pembimbing bahasa Indonesia, dan teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kita atas kehadirat Allah Swt yang telah memberikan banyak kenikmatan. Shalawat serta salam tak lupa kita junjungkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Anjuran Menuntut Ilmu Pengetahuan.

Islam merupakan agama yang mempunyai perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan. Islam pun sangat menekankan umatnya untuk terus menuntut ilmu pengetahuan.

Ayat pertama yang diturunkan Allah adalah Surat Al-Alaq, didalam ayat itu Allah memerintahkan kita untuk membaca dan belajar. Dalam surat tersebut pun Allah Swt memerintahkan kita agar menerangkan ilmu. Setelah itu kewajiban kedua adalah mentransfer ilmu tersebut kepada orang lain.

Dalam ajaran islam baik dalam ayat Al-Quran maupun hadits, bahwa ilmu pengetahuan paling tinggi nilainya melebihi hal-hal lain. Bahkan sifat Allah Swt adalah Dia memiliki ilmu yang Maha Mengetahui.

Telah dijelaskan dalam Al-Quran bahwa orang yang pling mulia disisi Allah hanya karena dua hal; karena imannya dan karena ketinggian ilmunya. Bukan karena jabatan ataupun hartanya.

Dalam menuntut ilmu pengetahuan kita tidak mengenal waktu dan juga tidak mengenal gender. Pria dan wanita mempunyai kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu pengetahuan. Sehingga setiap orang, baik pria maupun wanita dapat mengembangkan potensi yang diberikan Allah Swt kepada kita, sehingga potensi itu berkembang dan sampai kepada kesempurnaan yang diharapkan. Karena itulah menuntut ilmu dianggap sebagai ibadah utama, karena dengan ilmulah kita bisa melaksanakan ibadah-ibadah lainnya dengan benar.

Dapat kita simpulkan bahwa ajaran agama islam yang menekankan kewajiban menuntut ilmu tanpa mengenal gender, karena menuntut ilmu sangat bermanfaat dan setiap ilmu pasti bermanfaat. Kalau kita dapati ilmu yang tidak bermanfaat, hal itu karena factor-faktor lain yang mempengaruhinya. Sedangkan ilmu itu sendiri pasti sesuatu yang bermanfaat.

Demikian pidato dari saya, saya berharap agar generasi muda untuk terus menuntut ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya, mencatat dan juga meneliti yang nantinya akan menjadi warisan kita kepada generasi penerus. Dan tak lupa untuk membagi ilmu tersebut kepada orang lain. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat khususnya untuk saya dan umumnya untuk Anda semua.

Wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply