Pidato B. Indonesia Globalisasi

Nama: Try Andrian

Kelas: XII IPA 1

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Ibu Guru Bahasa Indonesia, Ibu Ipa Ratna, dan juga teman-teman sekalian.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadiran Allah Swt. yang telah memberikan kita kesehatan dan kekuatan sehingga kita semua bisa hadir di tempat yang berbahagia ini. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Guru dan teman-teman sekalian yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato saya ini.

Globalisasi adalah istilah yang berhubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, budaya, investasi, maupun teknologi. Di abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini jarang sekali kita melihat orang tidak menggunakan handphone. Handphone bagaikan suatu kebutuhan yang wajib dimiliki. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Internet bagaikan menghapus batas ruang dan waktu antarmanusia. Pengaruh globalisasi juga cukup besar dalam bidang kuliner. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia, seperti KFC, Pizza Hut, dan makanan cepat saji lainnya. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat.

Ada beberapa dampak positif dan negatif dari arus globalisasi.

Dampak positif:

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan masyarakat dan beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju

Tingkat kehidupan yang lebih baik

Dibukanya industry yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurani pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia

Dampak negatif:

Pola hidup konsumtif.

Masyarakat banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.

Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk.

Sikap Individualistik

Masyarakat yang merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas.

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita. Karena budaya dalam negeri adalah ciri khas negeri kita sendiri, yang harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya. Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi ini.

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr Wb.

loading...

Leave a Reply