Pidato : Yang Terhormat Bapak Ibu Guru Yang Terhormat

Assalamualaikum warrah matullahi wabarahkatu

Yang terhormat bapak ibu guru yang terhormat beserta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas kehadirat Nya lah kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini.Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berdiri di sini untuk berbicara tentang banjir yang melanda jakarta.

Banjir mungkin sudah menjadi bencana rutin yang terjadi setiap tahunnya di jakarta. Hal ini tentu sangat memprihatinkan karena kerugian dari bencana tersebut tidak bisa dibilang kecil. Dan kerugian tersebut hampir dirasakan seleuruh penduduk ibukota. Contohnya adalah kerusakan barang elektronik karena terendam banjir atau banyak mobil yang mogok karena mesinnya terdendam. Tak hanya itu, banjir juga membuat mewabahnya penyakit penyakit seperti demam berdarah, penyakit kulit dan dll

Penyebab dari banjir yang terjadi dijakarta adalah karena beberapa faktor seperti karena kurangnya daerah resapan air yang ada di jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, penduduk jakarta makin berkembang pesat hal ini juga menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal terus meningkat sedangkan lahan yag tersedia terbatas. Karena itulah banyak orang yang menebang pohon yang dulu menjadi daerah resapan air dibuat menjadi tempat tinggal.

Faktor lain adalah pendangkalan sungai dan tersumbatnya got got yang ada di jalan, pendangkalan sungai atau got ini terjadi karena banyak sampah yang mengendap di dasar sungai atau got. Sampah sampah yang mengendap tersebut adalah sampah sampah yang kita buang sembarangan dan terbawa arus hujan sehingga membuat got dan sungai yang berada disekotarnya mengalami pengdangkalan. Banyak hal lain yang menjadi penyebab banjir di jakarta tapi mungkin tidak bisa saya jelaskan seluruhnya pada kesempatan kali ini.

Untuk mencegah terjadinya banjir kita bisa melakukan beberapa hal seperti melakukan penghijauan untuk menjadi daerah resapan di lingkungan tempat tinggal anda dengan cara menanam pohon. Atau mencoba mengumpulkan sampah sampah plastik yang ada dan mencoba untuk mendaur ulangnya agar mengurangi jumlah sampah yang ada dan anda juga bisa mencoba membiasakan diri untuk menggunakan tas belanja tidak sekali pakai atau yang berbahan kain.

Hal hal di yang telah kita sebutkan tadi mungkin cukup sulit dilakukan untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Sebenernya ada cara yang paling praktis yang bisa dilakukan untuk membuat jakarta ini terhindar dari banjir, yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini mungkin terdengar sepele tapi hal ini mempunyai pengaruh yang besar jika semua penduduk jakarta bisa membuang sampah pada tempatnya. Maka mari kita coba untuk menjaga kota jakarta dimulai dari diri kita sendiri.

Mungkin demikian pidato yang dapat saya sampaikan ,mohon maaf apabila ada kata kata yang kurang berkenan. Sekali lagi terimakasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk dapat berdiri disini. Semoga kita semua dapat memulai untuk membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan kita

Wassalammualaikum warah matullahi wabarokatu

Leave a Reply