Pidato : Selamat Siang Bapak Atau Ibu Guru Dan Para Hadirin

Selamat siang bapak atau ibu guru dan para hadirin sekalian yang saya kasihi dalam Kristus. Pada hari yang baik ini, saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Meningkatkan kemajuan sekolah dalam mewujudkan the glory of love. Saya juga mengucap terima kasih kepada yang telah memberi kesempatan kepada saya di pagi hari ini untuk berpidato di depan bapak/ ibu guru serta hadirin yang saya hormati dan hargai.

Sekolah yang maju pasti merupakan impian dan cita-cita dari kita semua. Namun saudara-saudara, itu semua bukanlah hanya mimpi. Kita harus berpikir optimis dan tidak takut untuk berusaha dalam mewujudkannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara meningkatkan kemajuan sekolah kita tercinta ini, SMAK Stella Maris. Sekolah kita tercinta ini, sebenarnya telah memiliki dasar untuk dapat maju dan berkembang. Mari kita mulai dengan mempelajari mengenai tujuan dari sekolah kita ini. Dengan mengetahui arti dan makna dari tujuan sekolah kita Glory of Love niscaya kita akan semakin terarah dalam menentukan langkah untuk bergerak maju dan berusaha dalam upaya memajukan sekolah.

Tema Glory of Love ini mengandung 3 makna yang pertama adalah smart. Kata smart dalam hal ini mengandung arti yang sangat luas. Smart bukan hanya berarti pintar dan pandai secara ilmiah atau dapat dikatakan pandai secara fisik. Akan tetapi definisi sesungguhnya dari kata smart ini adalah dapat bertindak secara tepat sesuai dengan kondisi tertentu. Dapat dikatakan bahwa smart belum tentu pandai dan pandai belum tentu smart. Seseorang yang pandai secara ilmiah dan berpengetahuan luas saja, tidak dapat dikatakan sebagai sesorang yang smart. Orang tersebut harus mampu betindak secara tepat dan sesuai sasaran dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan penerapan kata smart ini, saya yakin bahwa jika sekolah ini dan seluruh anggotanya bertindak smart maka akan menjadi sekolah yang hebat dan maju mengalahkan semua saingan kita. Dalam penerapan smart ini, kita pasti mendapatkan banyak gangguan baik dari dalam maupun luar diri kita. Sebagai manusia yang memiliki kemampuan terbatas, kita sering terbawa emosi. Hal ini adalah gangguan terbesar jika kita ingin bersikap smart dalam kehidupan kita. Jika kita terbawa oleh emosi, tentu kita akan bertindak gegabah dan tidak dapat berpikir secara jernih sehingga tingkah laku kita akan terbilang jauh dari kata smart. Gangguan dari luar diri kita sebagai contoh kita sebagai rakyat Indonesia memiliki kebiasaan yang selalu ingin mengambil jalan pintas dalam setiap masalah yang kita hadapi. Padahal saudara saudara, jalan pintas tersebut belum tentu merupakan jalan yang terbaik dan yang paling benar atau dapat dikatakan langkah smart kita akan solusi dari masalah tersebut. Pada intinya, biasakanlah berpikir jernih dan smart dalam setiap masalah. Janganlah tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan pikirkanlah secara matang dan berani dalam membuat solusi dan menentukan langkah hidup kita.

Yang kedua adalah friendly kata friendly ini berarti ramah dan santun terhadap sesama. Dalam mewujudkan impian dan cita-cita sekolah yaitu menjadi sekolah maju, jika tidak semua bagian dari sekolah ini menerapkan kata friendly maka cita-cita ini akan tetap akan menjadi cita-cita abadi. Bersikap friendly bukanlah hanya berarti kita ramah kepada semua orang tetapi kita juga harus dapat melakukan adaptasi sesuai keadaan di sekitar kita.

loading...

Leave a Reply