Pidato Cinta Rosul : MENGENAL AKHLAK NABI UNTUK LEBIH MENI

MENGENAL AKHLAK NABI UNTUK LEBIH MENCINTAI BELIAU

Dian ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada Dian untuk menyampaikan sedikit informasi yang Dian ketahui mengenai akhlak Nabi kita, Nabi Muhammad SAW, dengan harapan agar lebih mengenal beliau dan lebih menyayangi serta mencintainya. Sebab, ada peribahasa yang berkata tak kenal maka tak sayang maka tak cinta .

Hadirin yang dimuliakan Allah..

Untuk mencintai nabi Muhammad SAW, maka kita wajib mengenalnya, lalu, bagaimana cara kita bisa mengenal beliau? Pasti ada dari teman-teman yang bertanya-tanya semisal seperti ini: Dian, nabi Muhammad kan sudah tidak ada, bagaimana kita bisa kenal?. Nah, teman-teman, kita bisa mengenal beliau melalui Al-Quran yang kita baca sehari-hari. Karena di dalam Al-Quran banyak kisah para nabi dan bahkan akhlak nabi kita adalah Al-Quran. Sebab, Siti Aisyah r.a yaitu istri nabi pernah berkata:

(khuluquhu Al-Quran) yang artinya akhlaknya Muhammad SAW adalah Al-Quran. Dalam hal ini Siti Aisyah r.a ingin mengatakan bahwa Nabi itu bagaikan Al-Quran yang berjalan.

Selain mengenal nabi dari Al-Quran, kita juga bisa mengenal beliau melalui hadits-hadits Nabi dan buku-buku sejarah tentang nabi.

Hadirin dan Teman-teman yang saya sayangi..

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qolam ayat ke 4 yang artinya:

Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

Dan Nabi bersabda: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.(H.R Malik, Ahmad dan Baihaqi)

Dalam diri Nabi terdapat sifat-sifat utama dan akhlak yang mulia, antara lain: sikap santun, rendah hati, lemah lembut, jujur, tidak suka mencari-cari kesalahan orang lain, sabar, tidak sombong, dan tidak suka pujian.

Hadirin Rohimakumullah..

Nabi kita juga ahli dalam memimpin, karena sejak kecil beliau sudah terlatih menjadi seorang pemimpin, yaitu dengan cara menggembalakan kambing yang banyak dan berdagang sampai ke luar negeri, sehingga beliau mempunyai sifat tidak pernah putus asa dalam berusaha. Oleh sebab itu, Nabi dengan akhlak mulianya adalah contoh teladan bagi kita semua.

Disini, Dian mengajak teman-teman semua agar banyak membaca Al-Quran dan Al-Hadits serta buku-buku sejarah Nabi agar lebih mengenal nabi dan mencintainya. Teman-teman mau kan? Seru loh? Betul apa tidak teman-teman?

Hadirin dan teman-teman yang dimuliakan Allah..

Sebagai penutup,marilah kita saling mendoakan semoga kita bisa meniru akhlak nabi dengan cara lebih mengenalnya dan rajin bersholawat kepada nabi. Oleh karena itu, mari kita bersholawat bersma-sama tanda cinta kita kepada nabi Muhammad SAW.

NB:

kata Dian dig anti dg nama anak yg membawakan pidato ini.

Maaf pidatonya tidak bisa bagus, hanya ini yang bisa dian tulis.

ditambahin lagi saja tidak apa2.

Incoming search terms:

  • pidato akhlak
  • teks pidato tentang akhlak nabi muhammad saw
  • ceramah tentang akhlak nabi muhammad
  • pidato cinta rasul
  • pidato tentang cinta
  • ceramah tentang cinta kepada rasulullah
  • Ceramah tentang cinta rasul
  • pidato tentang akhlak nabi muhammad
  • ceramah akhlak rasulullah
  • pidato anak anak tema cinta rasul
loading...