Pidato Ami : Alhamdulillahirabbil’aln, Segala Puji Bagi

Assalamu’alaikum teman-teman..

Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji bagi Allah yang selalu memberikan nikmat kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul disini semoga kita semua selalu berada dalam rahmat dan lindungan Allah..

Temen-temen masih puasa kan? Pasti masih dong.. Yang tadi pagi sahur siapa? Ayo ngacung! Walau udah dibangunin ibu atau ayah, tapi kadang rasanya males ya buat bangun sahur pagi-pagi. Terus jadi ngambek deh sama ibu atau ayah. Wah, gawat tuh kalo udah ngambek sama ibu ayah, padahal kan ibu sama ayah bangunin kita sahur agar kita kuat puasa seharian.

Teman-teman yang dimuliakan oleh Allah.. Tahukah temen-temen ada berapa akhlak dalam Islam? Ada 4 temen-temen,

1. Akhlak terhadap Allah SWT

2. Akhlak terhadap orang tua

3. Akhlak terhadap sesama manusia

4. Akhlak terhadap Alam

Nah, sekarang saya mau membahas tentang akhlak terhadap orang tua. Akhlak terhadap orang tua itu adalah selalu berbuat baik pada orang tua, kenapa? Karena keridhaan orang tua merupakan keridhaan Allah temen-temen. Allah akan mengabulkan segala mimpi dan cita-cita kita bila orang tua meridhai atau memberikan izin bagi kita. Nah, kalo kita ngambek terus sama ibu ayah berarti kita sudah berbuat tidak baik. Jangankan ngambek, berkata "ah" saja gak boleh loh! Allah berfirman alam Al-Quran surat Al-Isra ayat 23:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia."

Tuh kan, berkata "ah" saja tidak boleh, apalagi marah.. Lebih gawat lagi kalo misalnya ibu ayah jadi marah sama kita, apa kata dunia? Bisa-bisa cita-cita kita tidak tercapai loh, gak mau kan kayak gitu? Oleh karena itu ingat ya teman-teman, kita harus berbuat baik pada orang tua. Apalagi pada ibu, karena ibu telah mengandung dan melahirkan kita dengan susah payah. Hal ini di sebutkan loh di dalam hadist yang dikisahkan oleh Abu Hurairah:

Jadi ceritanya begini..

Ada seorang laki-laki mendatangi Nabi Muhammad saw, lalu ia bertanya kepadanya, Siapakah yang dapat aku jadikan sebagai teman dekat? , Lalu Nabi saw pun menjawab pada laki-laki itu:

Ibumu, ibumu, ibumu, lalu ayahmu, lalu orang terdekatmu dan orang dekat setelahnya

Temen-temen yang dimuliakan oleh Allah.. Berbuat baik pada orang tua juga berarti harus selalu mendoakan keduanya. Sudah hapal kan doanya? Ayo temen-temen kita doakan kedua orang tua kita..

"Allahumaghfirli wali wa lidaya warhamhuma kamaa rabbayani shagiraa.." Amin..

Ya Allah sayangilah kedua orang tua hamba sebagaimana mereka berdua telah menyayangi hamba sewaktu kecil. Sejak kecil kita dirawat, dididik dan disayang oleh orang tua kita, maka sekarang kita harus selalu memberikan yang terbaik, menghormati dan mendoakan orang tua kita teman-teman. Jangan lagi deh marah-marah kalo di bangunin sahur, atau merengek minta dibelikan ini-itu. Walaupun orang tua kita akan membelikan barang yang kita inginkan karena mereka sayang kita, tapi kita sudah berbuat tidak baik pada orang tua kita.

Nah teman-teman yang dimuliakan oleh Allah.. Sekian pidato dari saya, semoga kita semua dapat menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, selalu menghormati dan berbuat baik pada orang tua kita. Amiin ..

Wa billahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Incoming search terms:

  • ngambek sama ibu ?
  • Pidato kita dari kecil dirawat oleh ortu
loading...