Pidato Kebudayaan.doc : Mohamad Abdillah Alif (25040)

Mohamad Abdillah Alif (25040)

Lestarikan Kebudayaan Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi hadirin semua. Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan yang telah mengumpulkan kita semua pada hari ini, Yang saya hormati Ibu Mediana, serta yang saya hormati hadirin dan hadirot sekalian.

Baiklah saudara sekalian, mari kita mulai merenung untuk memikirkan kelestarian budaya bangsa Indonesia ini. Pertama-tama kita harus menyadari akan pentingnya kelestarian budaya. Jangan sampai budaya yang diwariskan oleh bangsa ini memudar ataupun hilang dan diklaim oleh bangsa lain.

Ada beberapa cara untuk melestarikan budaya bangsa ini, diantaranya adalah:

Melalui Media Massa

Media massa merupakan media penyampaian yang sangat mudah dan menarik. Disana terdapat empat fungsi media yaitu:

– Pengawasan (Surveillance)

– Korelasi (Correlation)

– Penyampaian Warisan Sosial (Transmission of the Social Heritage)

– Hiburan (Entertainment)

Maka dengan demikian media harus diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi semua masyarakat. Di televisi misalnya kita bisa memasukan tontonan yang menarik dan bermanfaat tentang warisan budaya bangsa ini. Kenalkan dan besarkan hati anak cucu kita dengan budaya ini, agar mereka bangga dan mau menunjukan kepada dunia inilah bangsaku.

Melalui Pementasan-Pementasan

Walau tidak mudah upaya-upaya pelestarian budaya, kita harus tetap gencar dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah pementasan-pementasan seni budaya tradisional di berbagai pusat kebudayaan atau tempat umum yang dilakukan secara berkesinambungan. Upaya pelestarian itu akan berjalan sukses apabila didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah dan adanya sosialisasi luas dari media massa termasuk televisi. Maka cepat atau lambat, budaya tradisional kembali akan terkenal diberbagai kalangan muda ataupun tua.

Melaui Peran Pemerintah

Dalam hal ini pemerintah harus terlibat, karena tugas pemerintah bukan hanya memikirkan bagaimana bangsa ini sejahtera dan bagaimana ekonomi Negara ini menguat. Kita rasa tugas pemerintah juga adalah adalah bagaimana mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa yang akan megharumkan nama Indonesia. Dan juga supaya budaya asli negara kita tidak diklaim oleh negara lain.

Itulah hal-hal yang harus kita perhatikan, agar budaya kita tetap terjaga dan terlestarikan. Kesimpulannya adalah mari kita libatkan semua aspek di Negara ini untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia, supaya anak cucu kita bisa melihat betapa kayanya bangsa ini.

Mungkin cukup sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Jika ada salah kata yang terucap dari saya, tentunya saya mohon maaf atas kesalahan tersebut. Wassalamualaikum wr wb.

loading...