Pidato Singkat Bahasa Indonesia Versi 4

PIDATO SINGKAT BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman semuanya yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan karunia serta nikmat yang tak terhingga dan shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW.

Terimakasih saya ucapkan atas tempat dan waktu yang diberikan kepada saya untuk membawakan sebuah pidato dimana pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit mengulang catatan sejarah bangsa indonesia khususnya tentang bahasa indonesia. Mungkin ada diantara kita yang lupa bagaimana bahasa indonesia menjadi bahasa nasional sekaligus sebagai identitas bangsa indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa nasional seperti yang dinyatakan dalam sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 yang berfungsi sebagai identitas nasional, menjadi kebanggan bangsa, sebagai alat komunikasi dan pemersatu bangsa yang majemuk baik suku, budaya, adat istiadat dan agama.

Ada sebuah proses panjang penggunaan bahasa indonesia dijadikan sebagai bahasa nasional, oleh karena itu adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai generasi muda untuk menghargai peran dan kedudukan bahasa indonesia. Mengapa saya katakan demikian? apakah ada yang salah dengan bahasa yang kita gunakan sehari – hari? Menggunakan bahasa asing atau mempelajari bahasa asing adalah sesuatu yang penting, mengingat tuntutan persaingan di era globalisasi saat ini. Akan tetapi manakala di hati kita terdapat suatu kebanggaan ketika menggunakan bahasa asing dan di satu sisi menganggap bahasa indonesia bukan suatu kebanggan, maka secara tanpa sadar kita telah menjatuhkan identitas kita sebagai bangsa indonesia.

Bapak, Ibu Guru dan teman – teman yang saya hormati….

Terdapat sebuah fenomena di kalangan remaja, dimana mereka dengan bangga menciptakan atau menggunakan bahasa yang menurut mereka itu adalah suatu trend yang jika ada kalangan remaja yang tidak mengerti dengan bahasa tersebut maka mereka di cap sebagai seorang remaja yang kurang pergaulan. Bahasa yang mereka sebut dengan bahasa GAUL tersebut kini sudah merambah pada dunia hiburan seperti yang terlihat pada tayangan – tayangan televisi dan melalui siaran radio.

Apapun alasannya bangsa ini telah memilih bahwasanya bahasa indonesia adalah bahasa yang mencerminkan kepribadian bangsa, sebagai bahasa nasional yang menjadi identitas kita sebagai rakyat indonesia yang jika kita tidak bangga dan menghargai keberadaan bahasa indonesia dengan menciptakan istilah baru lalu siapa lagi yang akan menghargai bahasa indonesia.

Bapak, Ibu Guru dan teman – teman yang saya hormati…..

Mungkin tidak banyak yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini dan sebelum saya akhiri pidato singkat ini, harapan saya adalah semoga melalui pidato yang saya sampaikan ini akan menambah kebanggaan kita terhadap indonesia dan mencintai budaya asli indonesia, mencintai produk asli indonesia, bangga akan keanekaragaman budayanya, bumi dan alamnya, serta bahasa indonesia khususnya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan mohon maaf apabila ada kata yang sekiranya tidak berkenan bagi teman – teman dan khususnya Bapak dan Ibu Guru semuanya

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato Kenakalan Remaja

Assalamu’alaikum Wr. Wb 
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini. 

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga saat ini. 

Dan kepada Yth. Bapak/Ibu… yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua tentunya tahu dan menyadari betapa banyak terjadinya kenakalan remaja saat ini, dengan perbuatan negatif dan menyimpang di masyarakat. Seperti sudah mengenal rokok dan narkoba, yang pada awalnya hanya mencoba dan menjadi ketagihan sampai kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini yang diakibatkan dari kesalahan orang tua dalam cara mendidik atau orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan anak mereka, atau juga karena pergaulan remaja saat ini yang sudah terjerumus dengan pergaulan yang salah. Boleh saja kita mempunyai banyak teman, namun kita juga harus berhati-hati untuk memilih teman, agar kita tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. 

Masih banyak lagi kenakalan remaja yang terpengaruh oleh pergaulan yang salah, seperti mabuk-mabukan, tawuran antar pelajar, geng motor, dan bahkan hal tersebut banyak menimbulkan korban dari banyak remaja yang terlibat dalam pergaulan yang salah. Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja dengan hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua dan juga bangsa. 

Teman-temanku yang saya banggakan, selektiflah dalam mencari teman dan tetap ingatlah bahwa tak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk. Sampai disini yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini, jikalau ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb