Pidato Menuntut Ilmu

MENUNTUT ILMU

@Salam

@Mukhadimah

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

            Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang amat sederhana ini

            Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan, dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang, dari zaman Siti Khodijah menuju Zaman Siti Nur Kholijah,

Dan penghormatan saya kepada abu,umi,serta kluarga yang ada d rumah,dan penghormatan saya juga kpd tgk2 dan teman2 yg seperjuangan dgn saya.

            Untuk mempersingkat waktu saya pada malam ini, saya akan menyampaikan beberapa patah kata. Pidato yang berjudul:

MENUNTUT ILMU

             Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

            Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah wajib bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW di dalam haditsnya yang artinya:

Mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.

            Kenapa Rasulullah SAW. Mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu ? Karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang, bulan, langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia dan seluruh makhluk hidup Tetapi jika tidak berilmu, kita akan menjadi orang bodoh, tidak tahu apa-apa di dunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling jelek dan paling rendah.

Saudara-saudara saya sekalian!!!

           

            Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan sangat penting dalam hidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akherat, sebagaimana hadist nabi Muhamaad SAW yg artinya :

Barangsiapa yang menghendaki dunia maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya, hendaklah ia berilmu. (Al Hadits).

            Sebagai manusia, kita memiliki akal, Dengan akal inilah kita Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama derajatnya dengan makhluk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Maka dari itu menuntut ilmu tidak ada batasannya, meskipun kita sudah tamat SD,SMP,SMA atau Sarjana sekalipun. Kita wajib menuntut ilmu Sebagaimana hadist Nabi yang artinya:

Tuntutlah ilmu sejak dari ayunan hingga keliang lahat.

Dan hadist beliau juga :

Artinya: Carilah ilmu walau sampai ke negeri Cina.

Maka dari itu Islam memerintahkan kita untuk mencari ilmu, selama nyawa masih dikandung badan. Tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia baik di dunia maupun di akherat, hanyalah orang-orang yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

Demikianlah pidato singkat dari saya tentang menuntut ilmu, semoga bermafaat bagi saya khususnya, dan bagi kita semua umumnya.

Mohon maaf jika ada kesalahan,baik disengaja maupun tidak semua kita serahkan kepada Allah.

Wabilahi taufiq hidayah,wasaalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh