Pidato Versi 44

Pidato adalah kegiatan berbicara satu arah di depan umum untuk menyampaikan pikiran atau gagasan atau gambaran kepada pendengar yang disampaikan dalam situasi formal ataupun non formal melalui rangkaian kata yang tersusun sistematis dengan bahasa lisan sebagai media utama yang bertujuan memberi pamahaman atau informasi dengan rasa percaya diri untuk mempengaruhi pendengar agar mengikuti ajakan pembicara secara sukarela.

Pidato merupakan penampilan diri seseorang di hadapaan pendengar untuk menyampaikan isi hati atau buah pikiran dengan rangkaian kata-kata dengan harapan agar pendengar tergugah hati nuraninya dan tergerak pikirannya. Pidato merupakan bentuk wicara individual yang banyak ragamnya. 

B. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

Jenis-jenis pidato juga dapat diidentifikasi berdasarkan tujuan pokok pidato yang disampaikan. Berdasarkan tujuannya, kita mengenal jenis-jenis pidato: 

> Pidato informatif

Pidato informatif adalah pidato yang tujuan utamanya untuk menyampaikan informasi agar orang menjadi tahu tentang sesuatu.

> Pidato persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang tujuan utamanya membujuk atau mempengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan kita secara sukarela bukan sukar rela.

> Pidato rekreatif 

Pidato rekreatif adalah pidato yang tujuan utamanya adalah menyenangkan atau menghibur orang lain. 

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi:

1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.

2. Pidato Pengarahan, adalah pidato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.

3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang batas secara bergantian.

4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilajui oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.

5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.

6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggung jawaban.

A.      DEFINISI PUBLIC SPEAKING

Public Speaking apabila ditelaah secara harfiah, maka dapat dibagi dalam 2 kosakata yaiut public yang artinya umum, khayalak banyak, secara massa dan speaking yang berarti berbicara  secara  runtut  dan  mengandung  makna. sehingga Public Speaking dapat diartikan sebagai  tata  cara  melakukan  bicara  di  depan umum,  secara  runtut  dan  terencana,  dengan  tujuan  tertentu. Public speaking adalah seni berbicara di depan publik.

Macam-macam Public Speaking( penyajian lisan) :
Diskusi, Seminar, Kongres, Ceramah, Dakwah, Khotbah, Pidato, Simposium, Kolokium, Konferensi, Sidang, Rapat, Talk Show, MC, Pembawa Berita, Debat,Brain storming(curah pendapat), Lawak, Gossipping, Persentasi, Iklan, Dialog, Wawancara, Iklan, dan lain-lain.

loading...