PIDATO ILMIAH : Nama Zulfiani

Nama : Zulfiani

Nim : K11113068

Kelas : Kesmas B

Nama Dosen : Anita Damayanti, SS, M.A

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat dosen mata kuliah bahasa Indonesia serta rekan rekan mahasiswa yang saya banggakan.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai kesehatan, khususnya penyakit maag yang rentan diderita oleh mahasiswa.

Hadirin yang berbahagia,

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan juga merupakan anugerah dari Tuhan sehingga kita dapat beraktivitas. Kesehatan harus kita jaga agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ada di sekitar kita. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan.

Hadirin yang berbahagia,

Gangguan yang sering dialami oleh mahasiswa khususnya mereka yang jauh dari orang tua atau tinggal di rumah kontrakan adalah gangguan pada lambung yang dikenal sebagai maag. maag sering timbul dari pola hidup yang kurang baik. Kesibukan mahasiswa terkadang membuat mereka terlambat makan dan tugas yang menumpuk akhirnya menimbulkan stress di kalangan mahasiswa. Sakit maag bisa datang tanpa disadari sebelumnya dan bisa saja kita terkena penyakit maag di saat sedang sibuk menjalani rutinitas sehingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti sewajarnya.

Walaupun kadang penyakit ini sering dianggap sepele tetapi justru penyakit inilah yang mesti kita waspadai. Penyakit maag yang dipicu oleh sakit pada lambung bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan sehingga bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa saja maag ini mengganggu tubuh secara keseluruhan bila sakit pada lambung sudah tergolong kronis.

Sakit maag pada umumnya terjadi karena adanya luka atau iritasi di lapisan mukosa lambung. salah satu penyebabnya adalah karena produksi asam lambung yang berlebihan yang berakibat nyeri dan mual bagi penderitanya.Penyakit maag ini tidak mengenal umur, atau gender, maag dapat menyerang pada siapa saja dan dapat diderita oleh semua kalangan usia maag juga dapat kambuh kembali bila penderita melakukan pola hidup yang tidak sehat atau makan tidak teratur sehingga kembali memicu terjadinya luka pada lambung.

Hadirian yang berbahagia,

Beberapa gejala dibawah ini dapat menjadi indikasi umum bagi seseorang yang menderita penyakit maag:

Timbulnya rasa mual/muntah

nyeri pada perut bagian atas (ulu hati)

anoreksia/tidak nafsu makan

kepala terasa pusing, sulit tidur

suhu badan naik dan keluar keringat dingin

juga dapat terjadi pendarahan bahkan kematian jika penyakit ini sudah terbilang kronis.

Kebanyakan penyebab maag ini adalah karena kelalaian pola hidup dan makan yang kurang tepat, secara umum penyebab tukak lambung/maag ini adalah:

Stres dan tekanan emosional

Produksi asam lambung/pepsin yang berlebihan

adanya luka, iritasi, peradangan pada lambung

menunda atau terlambat makan/ makan berlebihan

makan makanan yang terlalu merangsang seperti pedas, asam, minuman beralkohol.

Untuk mengatasi penyakit maag sebaiknya harus ada kesadaran dahulu dari mahasiswa. Adapun upaya untuk mencegah penyakit maag  adalah makan tepat waktu dan teratur serta tidak berlebihan, pola hidup yang seimbang dan sehat, menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan sebelum makan, menghindari jajan sembarangan, dan hindari stress atau tekanan emosional, serta bagi mahasiswa yang penyakit maag agar selalu membawa obat maag.Namun, jika keluhan masih belum berkurang maka sebaiknya konsultasi kepada dokter.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian yang dapat saya sampaikan ,semoga pidato saya ini dapat membantu memberikan tambahan pengetahuan dan bekal kepada kita untuk menjaga kesehatan, khususnya bagi diri saya sendiri yang masih banyak kekurangan, kekeliruan, serta kealpaan dalam memahami tentang hal yang satu ini.  Bagaimanapun juga, penyakit maag bisa kita hindari dengan cara melakukan pola hidup sehat dan deteksi sedini mungkin Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf atas kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.