Kerangka Susunan Pidato : Penjelasan Contoh Acara

Penjelasan Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

1. Pembukaan (pembukaan disini dibacakan oleh MC biasanya dengan tanda atau ucapan Basmalah sebagai tanda acara perpisahan sekolah dibuka sekaligus pembacaan susunan acara perpisahan)

2. Sambutan Ketua Panitia (Sambutan ketua panitia ini berisi tentang semua kegiatan, pernyataan selamat mengikuti acara ini serta pernyataan maaf dari panitia jika ada kekurangannya)

3. Ucapan Kata kata dari Kelas 6 SD, Kelas 9 SMP dan Kelas 12 SMA/SMK (biasanya ucapan terima kasih dan permohonan maaf dari siswa kepada pihak sekolah serta minta doa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Biasanya perwakilan satu siswa saja, nah yang ditunjuk harus siap berpidato, nah untuk contoh pidato perpisahan bisa di lihat di Contoh Pidato Perpisahan Sekolah.

4. Ucapan Kata Kata dari Adik Kelas (OSIS) (biasanya ucapan ini diwakili oleh ketua OSIS dan isinya ucapan selamat kepada kakak kelas, permintaan maaf dan terima kasih.

5. Sambutan dari Wali Murid (biasanya ucapan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah membantu anak-anak mereka dalam menuntut ilmu sampai lulus sekolah)

6. Sambutan dari Kepala Sekolah ( biasanya kepala sekolah menyampaikan selamat kepada siswa karena telah lulus serta kesan, pesan kedepan)

7. Pelepasan Atribut Sekolah ( biasanya perwakilan 2 orang siswa dan siswi untuk dilepas atribut sekolah oleh kepala sekolah)

8. Penyerahan Cindera Mata (biasanya penyerahan cindera mata kepada bapak/ibu guru sebagai ucapan terima kasih)

9. Penyerahan Hadiah untuk siswa berprestasi (kalau ada)

10. Hiburan (acara ini merupakan acara santai dan biasanya diisi oleh penampilan siswa tentang seni, ada yang menyanyi, baca puisi, dan band. Buat yang biasa mengadakan kegiatan pensi biasanya tampil disini, nah ini contoh proposal kegiatan pensi yang sering digunakan.

11. Pembacaan doa (ada yang membacakan doa, biasanya oleh guru agama disekolah)

12. Penutup (Biasanya oleh MC dengan bacaan alhmdllah)