Pidato Bahasa Jawa, Sulitkah Menyampaikannya?

Belajar Pidato Bahasa Jawa – Apakah Susah Mempelajarinya?

Bagi sebagian orang mungkin menilai bahasa jawa sangatlah sulit untuk dipelajari, terlebih jika seseorang tersebut bukan berasal dari daerah jawa, yang berasal dari jawa sendiri masih banyak yang tidak menguasai betul tentang bahasa jawa.

Lalu bagaimana kita mempelajarinya agar mudah?

Tentunya pertanyaan diatas membutuhkan waktu, yang paling mudah dilakukan untuk pembelajaran dalam bahasa jawa adalah berbicara. Dengan kita mengamati pembicaraan seseorang yang sudah mahir dalam bahasa jawa, tentu sedikit demi sedikit kita akan mengerti arti dan maksud kalimat dari bahasa itu sendiri.

Tentu sangatlah mudah jika kita pandai bergaul, lakukan saja pembicaraan kecil dengan orang yang mengerti bahasa jawa, lalu perhatikan arah pembicaraan, tentu jika kita membicarakan sesuatu pasti akan berfokus pada satu topik yaitu pembicaraan itu sendiri.

Dan jika sudah memahami dan menguasai kosa kata bahasa jawa, lalu apa lagi yang harus kita kuasai?

Pertanyaan diatas lah yang sebenarnya menjadi pokok penting dalam pembelajaran bahasa jawa, karena disini kita harus sangat terlatih dan terbiasa berbicara bahasa jawa.

Lalu bagaimana caranya?

Pidato, itulah jawaban dari sekian jawaban yang terkadang membingungkan dan menjadikan penguasaan bahasa jawa kurang diminati. Dengan pidato kita bisa melatih mental dan pikiran kita terhadap sesuatu yang ada dalam tata kebahasaan. Disini kita diharuskan sopan dan mahir dalam berbicara.

Pidato bahasa jawa sendiri memiliki daya tarik yang masih langka dizaman modern ini. Namun bagi sebagian masyarakat jawa pada khususnya masih menggunakan bahasa jawa dalam berpidato. Entah itu pidato acara keagamaan atau pidato-pidato acara khusus lainnya.

Bagi anda yang ingin belajar lebih dalam dalam pidato bahasa jawa, maka silahkan jangan pernah sungkan untuk menerapkan kedua cara diatas untuk melatih bahasa jawa dari sekarang.

Semoga dengan adanya arikel ini anda bisa lebih mencintai tata kebahasaan dalam bahasa Indonesia khususnya bagi anda yang mencintai kebudayaan jawa. Karena masyarakat jawa sendiri sangat mencintai bahasa daerahnya sendiri, mari kita bersama-sama melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia ini dengan seluruh bahasa-bahasanya yang ada, dengan seperti itu kebudayaan kita tidak hilang ditelan zaman.

Jika anda ingin belajar lebih tentang bahasa jawa, silahkan kunjungi website saya yang sudah tercantum di profil saya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih bagi anda yang sudah membaca artikel ini, bila ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Salam satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.

Saya akhiri artikel ini dengan sebuah kebudayaan yang selalu kita junjung di Indonesia.

Sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • buku pintar pidato b jawa
  • kosa kata dalam bahasa jawa pidato
  • Kosa kata pidato jawi
  • orang yg pandai pidato dlm basa jawa
loading...