PIDATO BUPATI : SAMBUTAN KEPALA DINAS PERINDAGKOP DAN UMKM

SAMBUTAN KEPALA DINAS PERINDAGKOP DAN UMKM PADA ACARA PEMBUKAAN PELATIHAN AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI

TANGGAL, 2013

YTH.SAUDARA KEPALA KEPALA BIDANG;

YTH.SAUDARA NARASUMBER / FASILITATOR DARI DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

BAPAK / IBU SEMUANYA YANG HADIR PADA SAAT INI, YANG SAYA HORMATI;

ASSALLAMMUALAIKUM WR. WB.

SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA,

1

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA TAUFIK DAN HIDAYAH-NYALAH SEHINGGA PADA PAGI HARI INI KITA DAPAT BERSAMA-SAMA BERKUMPUL DI TEMPAT INI DALAM RANGKA MENGIKUTI ACARA PEMBUKAAN PELATIHAN YAITU :

1

PELATIHAN AKUNTANSI;

PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI;

PELATIHAN MANAJEMEN BAGI KOPERASI / KUD.

SAUDARA SAUDARA YANG SAYA HORMATI,

2

KITA SADARI BAHWA KONDISI KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PULANG PISAU MASIH BELUM MENUNJUKAN KEMAJUAN YANG SIGNIFIKAN BAIK DARI SEGI KELEMBAGAAN MAUPUN TINGKAT PRODUKTIVITAS USAHA. HAL MENDASAR YANG DIHADAPI ADALAH TERBATASNYA AKSES KOPERASI DAN UMKM KEPADA SUMBER DAYA PRODUKTIF, SEPERTI PERMODALAN, TEKNOLOGI, INFORMASI DAN PASAR. KETERBATASAN TERSEDIANYA DANA UNTUK MODAL KERJA ATAU INVESTASI TELAH MENYEBABKAN KOPERASI DAN UMKM SULIT UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS USAHANYA DI SAMPING SULIT JUGA UNTUK MENGEMBANGKAN PRODUK YANG BERDAYA SAING.

2

3

UNTUK MENGATASI MASALAH TERSEBUT DI ATAS KAMI DARI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN PULANG PISAU SELAKU DINAS TEKNIS BERUPAYA KERAS DAN MENGAMBIL LANGKAH-LANGKAH KEBIJAKAN, YAITU DENGAN MEMBERDAYAKAN KOPERASI DAN MENUMBUHKEMBANGKAN WIRA USAHA BARU, DI SAMPING KEGIATAN-KEGIATAN USAHA LAINNYA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN SESUAI DENGAN ARAH KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PULANG PISAU YAITU MENGEMBANGKAN EKONOMI KERAKYATAN YANG BERBASIS PADA AGRIBISNIS MENUJU AGROINDUSTRI, MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA, MENGEMBANGKAN INFRASTRUKTUR DASAR DAN MENGELOLA SUMBER DAYA ALAM SECARA BERKELANJUTAN, MENDORONG PERIKEHIDUPAN YANG TERTIB, DEMOKRATIS DAN SADAR HUKUM SERTA MEWUJUDKAN KEPEMERINTAHAN YANG BAIK.

3

SAUDARA-SAUDARA, HADIRIN YANG SAYA HORMATI

KHUSUSNYA DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN KOPERASI PERLU DITEMPUH BEBERAPA STRATEGI DAN KEBIJAKAN DI ANTARANYA :

A.MELAKUKAN REVITALISASI KOPERASI

4

DARI BEBERAPA KOPERASI YANG TUMBUH DI WILAYAH KABUPATEN PULANG PISAU TERUTAMA DI DAERAH PEDESAAN MASIH BELUM TERLIHAT ADANYA MANFAAT BAGI MASYARAKAT KHUSUSNYA BAGI ANGGOTA, UNTUK ITU PERLU MENGEMBALIKAN FUNGSI KOPERASI DI PEDESAAN AGAR BERPERAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN ANGGOTANYA DAN MASYARAKAT DISEKITARNYA SERTA MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DESA. UPAYA-UPAYA YANG AKAN DILAKUKAN ADALAH :

4

1.MEREVITALISASI SEKTOR PERTANIAN DALAM ARTI LUAS DAN PEMBANGUNAN PEDESAAN YANG DITUJUKAN UNTUK MEMPERKUAT SEKTOR PERTANIAN DAN MENINGKATKAN EKONOMI DI PEDESAAN. UPAYA INI DILAKUKAN MENGINGAT SEKTOR PERTANIAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG BESAR DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA.

5

2.MEMFOKUSKAN PENGEMBANGAN KUMKM PADA BEBERAPA SEKTOR YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI PADA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UNTUK MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI YANG TINGGI. BEBERAPA SEKTOR EKONOMI YANG MENJADI PRIORITAS PENGEMBANGAN KUMKM ADALAH SEKTOR AGRIBISNIS MENUJU AGROINDUSTRI, PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA, KERAJINAN RAKYAT DLL.

5

3.MENGEMBANGKAN SENTRA UMKM SEHINGGA MENJADI KLASTER UMKM YANG DINAMIS. PENGEMBANGAN SENTRA/KLASTER UMKM INI JUGA SANGAT STRATEGIS DALAM RANGKA PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBERDAYAAN UMKM.

4.MENDORONG PENGEMBANGAN KOPERASI SEBAGAI WADAH BAGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DALAM RANGKA PENINGKATAN POSISI TAWARNYA SERTA MENINGKATKAN KUALITAS KELEMBAGAAN KOPERASI SESUAI DENGAN JATI DIRINYA.

6

5.MENINGKATKAN KOORDINASI DAN SINERGI ANTAR LINTAS PELAKU DALAM PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN UMKM. KOORDINASI DAN SINERGI INI DITUJUKAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGALOKASIAN SUMBER DAYA YANG ADA DALAM PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN UMKM.

6

B.MENDORONG PENERAPAN AKUNTABILITAS DAN KESEHATAN KOPERASI

AKUNTABILITAS KOPERASI BERKAITAN ERAT HUBUNGANNYA DENGAN CITRA KOPERASI DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK MEMILIH KOPERASI SEBAGAI LEMBAGA YANG MAMPU MENINGKATKAN TARAP HIDUPNYA, OLEH KARENANYA PENGELOLAAN KOPERASI YANG AKUNTABEL DIDUKUNG MELALUI TERTIBNYA PELAKSANAAN RAT, PENILAIAN KESEHATAN DAN PEMERINGKATAN KOPERASI SERTA PENINGKATAN PROFESIONALISME PENGURUS.

C.SUMBER DAYA MANUSIA

7

SANGAT DISADARI BAHWA KONDISI SDM PENGELOLA KOPERASI DAN UMKM DIRASAKAN MASIH RENDAH, BAIK DARI SEGI KETERAMPILAN, PENGETAHUAN MAUPUN TEKNIS DAN MANAJEMEN USAHA, SEHINGGA PENINGKATAN SDM PELAKU USAHA HARUS DILAKUKAN MELALUI DIKLAT YANG TERARAH DAN BERKESINAMBUNGAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN, BAIK YANG DILAKSANAKAN DI PROVINSI MAUPUN DI KABUPATEN DENGAN MENDATANGKAN TENAGA PROFESSIONAL UNTUK MELATIH DAN MEMBIMBING GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA BAGI KOPERASI DAN UMKM.

7

SAUDARA-SAUDARA, HADIRIN YANG SAYA HORMATI

8

DARI BEBERAPA STRATEGI DAN KEBIJAKAN TERSEBUT, DIHARAPKAN MAMPU MENGATASI PERMASALAHAN DALAM RANGKA MEMBERDAYAKAN KOPERASI DAN MENUMBUHKEMBANGKAN WIRAUSAHA BARU, SEHINGGA DIHARAPKAN KE DEPAN AKAN TUMBUH KOPERASI KOPERASI YANG BERKUALITAS YANG MAMPU MENGELOLA POTENSI DAN SUMBER DAYA ALAM YANG TERSEDIA, SEHINGGA BERMANFAAT UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA DAN MASYARAKAT, DAN AKHIRNYA DAPAT MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN SERTA MENGURANGI ANGKA KEMISKINAN DI WILAYAH KABUPATEN PULANG PISAU.

8

SAUDARA-SAUDARA, HADIRIN YANG SAYA HORMATI

9

SEMOGA DENGAN DISELENGGARAKANNYA KEGIATAN PELATIHAN INI DIHARAPKAN DAPAT BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT, KHUSUSNYA BAGI PARA PESERTA BAIK PESERTA DARI KOPERASI MAUPUN DARI UMKM. SEHINGGA DIHARAPKAN NANTI SAUDARA AKAN MAMPU MEMBENAHI KOPERASI SAUDARA BAIK DARI SEGI KELEMBAGAAN, KEUANGAN, MAUPUN TINGKAT PRODUKTIVITAS USAHANYA SERTA YANG TIDAK KALAH PENTING TERUTAMA BAGI PARA PENGURUS KOPERASI, SETELAH SELESAI MENGIKUTI PELATIHAN INI DIHARAPKAN SAUDARA MAMPU MEMBUAT LAPORAN HASIL RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) KARENA INI SANGAT BERMANFAAT, TERUTAMA SEBAGAI BAHAN EVALUASI, BAIK UNTUK INTERN KOPERASI SENDIRI MAUPUN BAGI PEMERINTAH SEBAGAI DASAR UNTUK MENENTUKAN KEBIJAKAN PEMBINAAN LEBIH LANJUT.

9

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, SEMOGA KEGIATAN DAN USAHA YANG TELAH KITA LAKUKAN DAPAT BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT.

SELANJUTNTA DENGAN BIMBINGAN DAN PENYERTAAN TUHAN YANG MAHA ESA, BAPAK / IBU YANG HADIR PADA SAAT INI KEGIATAN PELATIHAN AKUNTANSI DAN MANAJEMEN SERTA PELATIHAN PEMBUATAN LAPORAN HASIL RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI, DENGAN RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA. SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WASALAMMUALAIKUM WR. WB.

KADIS PERINDAGKOP DAN UMKM

ttd

H. FAUZI TAMBANGM SH

Incoming search terms:

  • contoh kata sambutan kepala dinas
  • kata sambutan untuk umkm
  • pidato kedinesan
  • sambutan kepala dinas kop & ukm
loading...