Pidato Pendidikan : Yang Terhormat Bapak/ Ibu Guru

Assalamualaikum wr wb, 

P

E

M

B

U

K

A

A

N

Salam Pembuka

P

E

M

B

U

K

A

A

N

Salam Pembuka

Yang terhormat Bapak/ ibu guru

Sapaan/ salam hormat

Sapaan/ salam hormat

Serta teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato pada peringatan Hari Pendidkan Nasional yang berjudul Pentingnya Pendidikan Moral untuk Menunjang Pendidikan Generasi Mendatang.

Bapak Ibu Guru beserta teman-teman yang saya cintai,

Kita ketahui bahwa pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pendidikan, mustahil kita dapat melanjutkan kehidupan bernegara, terlebih mempertahankan martabat bangsa di mata internasional.

Namun demikian, membekali generasi masa depan dengan iptek saja tidaklah memadai guna melanjutkan bahkan memajukan kehidupan bangsa. Mereka perlu mendapatkan pendidikan moral yang membentuk generasi penerus bangsa sebagai pribadi yang berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab. Pendidikan moral inilah salah satu modal untuk memperbaiki kondisi bangsa.

I

S

i

I

S

i

Bapak Ibu Guru beserta teman-teman yang saya cintai,

Kita tentu menyadari bahwa keterpurukan suatu bangsa dapat disebabkan oleh rusaknya moral warganya. Bisa jadi rusaknya moral disebabkan oleh warga itu sendiri yang tidak dapat mengontrol diri dengan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta. Selain itu, rusaknya etika juga bisa karena terlalu terlena dengan tayangan televisi ataupun hiburan-hiburan yang kurang mendidik.

Fakta menunjukkan bahwa generasi penerus bangsa membutuhkan pembinaan moral terutama dari keluarga dan pihak sekolah. Hal ini tercermin dari banyaknya siswa SD dan SMP tidak menggunakan fasilitas internet dengan sebaik-baiknya. Mereka tidak menggunakannya untuk mencari informasi atau mempelajari hal-hal yang positif, tetapi menggunakannya untuk mendapatkan hal-hal yang negatif, seperti pornografi. Tentu fakta ini sangat meresahkan banyak pihak, terutama bagi para orang tua dan guru.

P

E

N

U

T

U

p

K

E

S

I

M

P

U

L

A

N

P

E

N

U

T

U

p

K

E

S

I

M

P

U

L

A

N

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita, terutama para orang tua dan pendidik, untuk memperhatikan pendidikan generasi masa depan bangsa. Tidak hanya pendidikan umum saja, tetapi yang lebih penting pendidikan moral dan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta agar generasi penerus bangsa berkepribadian luhur dan memiliki idealisme tinggi. Dengan demikian, kemajuan dan kesejahteraan bangsa diharapkan dapat segera terwujud.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila dalam pidato saya ada kata-kata yang salah atau menyinggung perasaan baik yang disengaja maupun tidak disengaja dalam penyampaiannya, saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Salam Penutup

Salam Penutup

Wassalamualaikum wr wb.

Kerangka Pidato

I. Pembukaan/Pendahuluan

a.       Salam

b.      Salam Hormat

c.       Ucapan Puji Syukur

d.      Tema

II.Isi

III.Penutup

Simpulan

Ucapan terima kasih dan permohonan maaf

Salam penutup