Pidato : Nama Carlina Regaty 201010040311126

Nama : Carlina Regaty 201010040311126

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat ketua RT RW desa Bunga
Yang saya hormati Bapak/Ibu penghuni desa Bunga

Dan teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang bagaimana cara membudi dayakan ikan lele.

Perlu kita ketahui bahwa hari ini lele amat sangat diminati oleh masyarakat untuk menjadi menu santapan sehari hari. Peluang usaha budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang cukup diperhitungkan saat ini. Apabila perhatikan banyak terdapat penjual pecel lele yang memerlukan pasokan ikan lele setiap harinya, hal inilah yang membuat permintaan ikan tersebut menjadi semakin tinggi di pasaran dan membuka potensi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ternak ikan lele relatif lebih mudah apabila dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mas atau mujair karena lebih tahan terhadap penyakit maupun kondisi lingkungan.

Oleh karena itu saya ingin berbagi tips bagaimana cara berbudidaya lele dengan baik dan benar, sehingga penduduk desa Bunga bisa ikut mempraktekkan.

Pertama membuat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30 cm, tanah galian lalu di timbun saja di sekitar pinggir calon kolam.

Isi kolam dengan air yang terbebas pencemaran. Kolam sebaiknya diberi pupuk kandang, urea, tsp dan didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton, kolam harus dalam kondisi air tidak jalan karena lele rentan terhadap perubahan air yg terus menerus dan lele akan selalu meloncat kearah sumber air mengalir. kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb. Sampai satu minggu jangan di beri pakan dahulu (biarkan lele makan pakan alami tadi)

Masukkan benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 100-150 rupiah per ekor. Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Sebelum benih ditebarkan sebaiknya benih disuci hamakan dahulu dengan merendamnya didalam larutan KM5N04 (Kalium permanganat) atau PK dengan dosis 35 gram/M2 selama 24 jam atau formalin dengan dosis 25 mg/l selama 5-10 menit. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari atau pada saat udara tidak panas. Sebelum ditebarkan ke kolam, benih diaklimatisasi dulu ( perlakuan penyesuaian suhu) dengan cara memasukan air kolam sedikit demi sedikit ke dalam wadah pengangkut benih. Benih yang sudah teraklimatisasi akan dengan sendirinya keluar dari kantong (wadah) angkut benih menuju lingkungan yang baru yaitu kolam.

Berikan pakan dua kali dalam sehari. Pakannya adalah pelet dan menu tambahan cacahan jeroan ayam. Dengan menu tambahan ini ikan bisa cepat besar. Menu tambahan ini juga meningkatkan pertumbuhan lele. Kalau biasanya satu kilo ada tujuh ekor, setelah diberi pakan tambahan satu kilo hanya enam ekor. Seandainya pakan tidak dikombinasi dengan jeroan ayam, satu periode panen memerlukan 30 karung pelet. Jika ditambah jeroan ayam sebanyak 50 kg dalam satu periode pemeliharaan, pelet bisa dikurangi separuhnya.

Nah, demikian bapak ibu tips untuk berbudidaya ikan lele yang baik dan benar. Semoga pidato ini dapat bermanfaat bagi semuanya, serta dapat menjadikan kita berpikir kedepan untuk mecoba berbudidaya ikan lele guna memajukan ekonomi masyarakat Desa Bunga.
Atas partisipasinya , saya ucapkan terimakasih. Assalamualaikum Wr.Wb

Incoming search terms:

  • Contoh naskah pidato pembenihan larva lele
  • pidato tentang memelihara ikan
  • pidato tentang budi daya ikan
  • pidato singkat tentang budidaya ikan lele
  • Pidato perlatihan budidaya ikan air tawar
  • Pidato budidaya ikan
  • Naskah pidato tentang budidaya lele dumbo
  • Naskah pidato budidaya ikan lele
  • contoh naskah pidato tentan peternakan ayam
  • pidato untuk galatama lele
loading...