Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja Versi 2

Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja

Assalamualaikum wr wb.

Bapak/ ibu guru beserta *//+

rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Remaja.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negatif.

Internet, kata yang tidak asing ditelinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis.  Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada. Dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan Warnet.  Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya.  Saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana.  Informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini. Lalu apa hubungannya dengan siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan. Iinternet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dan di manapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.  Siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang  melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya.  Namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah. Hal itu memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam di depan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda). Remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya.  Jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negatif tergantung dari mana dia memulai.

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Akan tetapi, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya.  Dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita. Selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

Sekian, dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Remaja dan pelajar .
Internet, sudah tidak asing lagi pada kehidupan kita, terutama pada kehidupan remaja. Dalam kehidupan kita, internet berfungsi sebagai sumber informasi. Keberadaan internet pada kehidupan remaja dapat berfungsi sebagai media belajar yang sangat membantu para remaja dalam belajar untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan.
Tidak hanya pelajar dan remaja, orangtua dan masyarakat umum juga dapat menikmati manfaat internet, seperti media hiburan, media pertukaran data dengan cepat, sarana berkomunikasi, memperluas wawasan, dan masih banyak lagi.
Sayangnya, internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi kita. Dampak yang tidak baik pun sebenarnya sudah ikut bergabung dalam kehidupan kita. Dampak negatif tersebut, misalnya ****ografi, kekerasan, kecanduan game online, dan kecanduan jejaring sosial, yang sangat berpengaruh pada kehidupan remaja, khususnya pelajar.
Banyaknya situs-situs yang berbau ****ografi dan bersifat kekerasan yang bebas dimasuki remaja, dapat menjerumuskan remaja ke hal-hal yang tidak baik. Selain itu, kecanduan bermain game online dan jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, dan Twitter sering membuat remaja dan pelajar lupa akan waktu, lupa akan kesehatan, melalaikan pelajaran, hinga bersikap boros, baik memboroskan waktu atupun uang.
Sebenarnya, dampak positif dan negatif internet berada di tangan penggunanya. Jika kita menggunakan internet dengan sebaik mungkin, Insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang baik. Namun sebaliknya, jika kita tidak menggunakan internet dengan baik, kemungkinan besar kita dapat terjerumus ke dampak negatifnya.
Wawasan tentang karakteristik remaja dalam mengakses internet perlu diketahui oleh orangtua dan guru dalam upaya kontrol terhadap penggunaan internet. Tugas komunitas, seperti pengelola warung internet adalah mengarahkan masyarakat tentang berinternet yang sehat. Sedangkan remaja dan pelajar diharapkan dapat belajar bertanggungjawab atas perilaku sendiri, termasuk ketika menggunakan internet.
Kesimpulannya yaitu, internet memiliki dampak-dampak yang sangat bergantung pada penggunanya. Jika internet digunakan dengan baik, Insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang baik. Tetapi, jika kita tidak menggunakan internet dengan baik, kemungkinan besar kita dapat terjerumus ke dampak negatifnya yang tentu saja membahayakan kehidupan kita.
Mari kita gunakan internet dengan sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai internet masuk kedalam kehidupan kita, terutama kehidupan remaja dan pelajar.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita, khususnya para remaja dan pelajar agar menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Apabila tedapat kesalahan dalam penyampaian tadi, saya mohon maaf. Terimakasih.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak/ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya.

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama pra remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis. Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan "Warnet".

Dunia Informasi Tanpa Batas. begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet. Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, laiu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hai yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat "asusila" lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Hai ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur generasi muda. Remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan di sekitamya, dia akan mengikuti hai yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong ke arah mana remaja itu akan berjalan, ke arah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hai yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Assalamualaikum wr.wb.
 
Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Kebumen, Bapak Sardi, S.Pd.M.M.Pd. Ibu Sri Winarni yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi.
 
Marilah kita memanjatkan doa dan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.
 
Hadirin yang terhormat,
Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan pengaruh internet terhadap remaja. Tujuan saya menyampaikan pidato ini adalah untuk mengingatkan dan mengajak teman-teman supaya mengetahui dampak pengaruh penggunaan internet sehingga kita bisa menggunakan internet dengan sebaik-baiknya dan untuk hal yang bermanfaat.
 
Hadirin yang berbahagia,
Internet, tentu sudah tidak asing lagi pada kehidupan remaja. Keberadaan internet pada kehidupan remaja khususnya pelajar, berfungsi sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang sangat membantu dalam kegiatan belajar di sekolah. Selain itu, internet juga bisa menjadi media komunikasi remaja . Dengan jejaring sosial, kita bisa menambah banyak teman dan bertukar informasi. Bahkan, melalui internet, remaja dapat mengembangkan talenta yang dimilikinya seperti membuat situs sendiri dan mengembangkannya, membuat cerpen dan mempublikasikannya di blog, dan lain-lain.
Tidak hanya pelajar, orangtua dan masyarakat umum juga dapat menikmati manfaat internet, seperti media hiburan, media pertukaran data dengan cepat, sarana berkomunikasi, memperluas wawasan, dan masih banyak lagi.
 
Sayangnya, internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi remaja. Tak jarang remaja menyalahgunakan internet untuk hal yang tidak bermanfaat, seperti membuka situs-situs porno dan kekerasan. Padahal, hal itu sangat berpengaruh terhadap kejiwaan, kepribadian, dan konsentrasi remaja dalam kegiatan belajar. Selain itu, dampak yang sudah terlihat pada remaja saat ini, seperti kecanduan game online, dan kecanduan jejaring social seperti Facebook, Friendster, dan Twitter dapat membuat remaja menjadi lupa akan waktu beribadah, lupa akan kesehatan, lupa mengerjakan tugas, hingga bersikap boros, baik memboroskan waktu ataupun uang.
 
Sebenarnya, dampak positif dan negative internet berada di tangan penggunanya. Jika kita menggunakan internet dengan tujuan yang baik, tentu kita akan mendapat manfaat yang baik pula. Tapi, jika menggunakan internet dengan maksud yang tidak baik, kita akan mendapat hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat hingga dapat merugikan diri sendiri.
 
Hadirin yang terhormat,
Berdasarkan uraian yang saya sampaikan, dapat diambil kesimpulan bahwa internet dapat memberikan dampak yang baik ataupun negatif tergantung pengguna internet itu sendiri.Jika digunakan untuk hal yang baik, seperti mengerjakan tugas dan memperluas wawasan, tentu akan bermanfaat untuk diri kita sendiri. Namun, jika digunakan untuk hal yang tidak baik, seperti membuka situs porno, dan kekerasan, bukan tidak mungkin kita akan mendapat pengaruh negatif internet.
Untuk itu harapan saya, agar kita sebagai remaja sekaligus pelajar bisa lebih bijak dalam menggunakan internet, sehingga kita mendapat manfaat dari internet demi kemajuan diri kita dan terhindar dari pengaruh buruk internet. 
 
Demikian pidato yang saya sampaikan. Saya mohon maaf jika ada ucapan dan tingkah laku saya yang kurang berkenan dalam saya menyampaikan pidato. Atas perhatian hadirin, saya mengucapkan terima kasih. 
 
Akhir kata, Wassalamualaikum wr.wb.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Ibu Guru Bahasa Indonesia
Dan teman-teman yang saya banggakan.
Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah swt karena atas berkah dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal-afiat . Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.
Pada kesempatan ini saya akan berpidato mengenai Pengaruh Internet Bagi Siswa. Internet kata yang tidak asing lagi bagi semua orang, terutama para remaja (siswa) yang senantiasa bergaul dan mencari hal-hal yang baru. Internet merupakan media berteknologi tinggi, mewah, praktis dan mudah didapatkan. Internet bisa didapatkan di manapun kita berada hanya dengan bermodalkan Hp yang memiliki koneksi internet kita sudah bisa mengakses internet atau jika tidak kita hanya perlu pergi ke warung yang menjual jasa internet atau yang sering disebut warnet.
Internet memiliki banyak manfaat bagi siswa diantaranya internet sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan sehingga siswa dapat mencari informasi yang berhubungan dengan materi di sekolah dan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dengan mudah. Hal tersebut dapat membuat siswa lebih kreatif dan aktif dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan.
Namun meskipun internet memiliki manfaat bagi kita, internet juga membawa dampak negatif bagi kita apabila kita tidak pandai-pandai memanfaatkan fasilitas internet tersebut salah satu contohnya adalah siswa yang menyalahgunakannya untuk mencari hal-hal yang aneh seperti gambar-gambar yang tidak pantas untuk dilihat atau video aneh yang bersifat asusila yang dapat mengganggu konsentrasinya terhadap proses belajar. Namun tidak semua siswa melakukan hal tersebut, hanya sebagian siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sekitarnya. Apabila seorang remaja/siswa telah kecenderungan pada hal yang negatif, siswa tersebut akan nampak lebih pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kekayaan informasi yang terdapat di internet.
Adapun cara untuk memperkecil dampak negatif internet yaitu:
1. Membatasi waktu browsing. Dengan membatasi waktu untuk browsing pastinya kita akan hanya mencari hal-hal yang diperlukan saja.
2. Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan kita dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer kita.
3. Seringkan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar agar kita tidak kecanduan terhadap internet. Hal tersebut juga tidak kalah pentingnya.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa internet memiliki manfaat bagi kita namun di balik manfaat itu terdapat sisi negatif yang bisa berdampak buruk bagi kita apabila kita menyalahgunakan fasilitas yang terdapat di internet.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang

maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat

berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada

saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Remaja dan

pelajar .

Internet, sudah tidak asing lagi pada kehidupan kita, terutama pada kehidupan remaja. Dalam

kehidupan kita, internet berfungsi sebagai sumber informasi. Keberadaan internet pada kehidupan

remaja dapat berfungsi sebagai media belajar yang sangat membantu para remaja dalam belajar untuk

mencapai prestasi belajar yang memuaskan.

Tidak hanya pelajar dan remaja, orangtua dan masyarakat umum juga dapat menikmati manfaat

internet, seperti media hiburan, media pertukaran data dengan cepat, sarana berkomunikasi,

memperluas wawasan, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, internet tidak selalu memberikan dampak yang baik bagi kita. Dampak yang tidak

baik pun sebenarnya sudah ikut bergabung dalam kehidupan kita. Dampak negatif tersebut, misalnya

pornografi, kekerasan, kecanduan game online, dan kecanduan jejaring sosial, yang sangat berpengaruh

pada kehidupan remaja, khususnya pelajar.

Banyaknya situs-situs yang berbau pornografi dan bersifat kekerasan yang bebas dimasuki remaja,

dapat menjerumuskan remaja ke hal-hal yang tidak baik. Selain itu, kecanduan bermain game online

dan jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, dan Twitter sering membuat remaja dan pelajar lupa

akan waktu, lupa akan kesehatan, melalaikan pelajaran, hinga bersikap boros, baik memboroskan waktu

atupun uang.

Sebenarnya, dampak positif dan negatif internet berada di tangan penggunanya. Jika kita

menggunakan internet dengan sebaik mungkin, Insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang baik.

Namun sebaliknya, jika kita tidak menggunakan internet dengan baik, kemungkinan besar kita dapat

terjerumus ke dampak negatifnya.

Wawasan tentang karakteristik remaja dalam mengakses internet perlu diketahui oleh orangtua

dan guru dalam upaya kontrol terhadap penggunaan internet. Tugas komunitas, seperti pengelola

warung internet adalah mengarahkan masyarakat tentang berinternet yang sehat. Sedangkan remaja

dan pelajar diharapkan dapat belajar bertanggungjawab atas perilaku sendiri, termasuk ketika

menggunakan internet.

Kesimpulannya yaitu, internet memiliki dampak-dampak yang sangat bergantung pada

penggunanya. Jika internet digunakan dengan baik, Insya Allah kita akan mendapatkan manfaat

yang baik. Tetapi, jika kita tidak menggunakan internet dengan baik, kemungkinan besar kita dapat

terjerumus ke dampak negatifnya yang tentu saja membahayakan kehidupan kita.

Mari kita gunakan internet dengan sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai internet

masuk kedalam kehidupan kita, terutama kehidupan remaja dan pelajar.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita, khususnya para remaja

dan pelajar agar menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Apabila tedapat kesalahan dalam

penyampaian tadi, saya mohon maaf. Terimakasih.

Assalamualaikum wr.wb.

Yth. Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tanjung Raja.

Yth. Ibu Dan Bapak Dewan Guru beserta Staf Tata Usaha SMA Negeri 2 Tanjung Raja.

Yang saya hormati, ibu Anik Dwiyanti selaku Guru Pembimbing Bahasa Indonesia.

Serta teman-teman seperjuangan yg saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul bersama di tempat ini. Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang Pengaruh Internet Terhadap Remaja.

Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya : pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.

Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan Warnet, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

Mungkin hanya ini pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf karena saya pun hanya manusia biasa yang pasti punya kekurangan ataupun kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.
Wassalamualaikum wr.wb.

Assalamualaikum wr wb

Yang terhormat kepala sekolah SMK NEGERI 1 KARANGANYAR.

Yang terhormat wakil kepala sekolah SMK NEGERI 1 KARANGANYAR.

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru serta staf Tata Usaha.

Dan teman-temanku yang saya cintai.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya.

Perkenalkan, Nama saya Dwi Ningtiastuti. Yang terhormat Bapa/Ibu Guru dan semua teman-teman yang hadir di sini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindahnya yang ada dimuka bumi ini. Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang.

Bapak, Ibu guru yang saya hormati. Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Remaja SMK.

Seiring meningkatnya Sumber Daya Manusia di zaman era Globalisasi ini, yang semakin melesat, seperti Perubahan teknologi di masyarakat semakin canggih, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi secara meluas. Dan masyarakat juga dapat mempermudah berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan orang lain maupun orang yang memilik jarak yang cukup jauh.

Karena jejaring di internet sudah meluas hingga kemanca Negara, tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengakses aplikasi internet di zaman yang sudah modern dan sistem pembelajaran yang sudah modern serta canggih membuat pelajar secara cepat dapat mempelajari cara penggunaan aplikasi internet, sehingga para pelajar tingkat SD, sudah pandai dalam penggunaan media internet. Semakin lama mereka pun akan semakin berkembang mengikuti perkembangan yang sedang trend  dan mereka dapat mengetahui jejaring apa saja yang telah tersedia.

Tetapi disisi lain internet juga dapat mempengaruhi nilai-nilai prestasi pelajar. Karena internet memiliki sifat ketergantungan, dan dampak-dampak negatif serta dampak-dampak positif seperti :

1) Dampak-dampak positif dari penggunaan internet.

a)Internet dapat memberikan informasi yang luas dan dapat menunjang proses pembelajaran dari sistem pembelajarannya sudah modern.

b) Internet juga dapat memberikan informasi yang lebih menarik karena terdapat animasi-animasi yang menarik perhatian si pengguna untuk melihat serta membacanya.

c) Banyak informasi yang tersedia di internet dan mudah untuk mendapatkannya.

d)Tidak hanya untuk pendidikan saja, selain untuk pendidikan, internet juga menyuguhkan berbagai macam jejaring sosial yang mudah didapat, sehingga berguna untuk kita mengetahui cara bersosialisasi dengan orang lain.

e) Dan internet berguna untuk pertukaran data-data ataupun bertukar informasi dengan menggunakan media yang dapat di akses seperti: E-mail, Facebook, Twitter dan sebagainya, karena murah dan cepat di terima ataupun dikirim.

2) Dampak-dampak negatif dari penggunaan internet

a) Kejahatan

Kejahatn yang sering dilakukan seseorang dengan menggunakan sarana yang telah tersedia di media internet.

b) Penipuan

Banyak orang yang tertarik dengan penawaran dan pemesanan yang tersedia di dunia maya atau di internet, sehingga masyarakat tertarik untuk membelinya dan memesannya, dan akhirnya melakukan transaksi yang akan mengakibatkan penipuan sehingga transaksi yang sudah dilakukan hilang secara cuma-cuma.

c) Penculikan

Kasus penculikan seperti ini sudah sering terjadi dikalangan remaja ataupun anak-anak yang salah gunakan jejaring sosial, yang pada awalnya hanya untuk berteman ataupun bersosialisasi dengan orang lain, tetapi menjadi kasus penculikan.

d) Waktu luang tidak digunakan untuk hal-hal yang penting, atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, maupun pengetahuan. Tatapi waktu luang tersebut digunakan untuk melihat situs-situs yang mudah didapatnya.

Contohnya: melihat situs-situs pornografi atau situs yang dilarang oleh ajaran agama, ataupun situs-situs yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat ataupun para pelajar.

e) Pelajar atau masyarakat yang telah menggunakan media jejaring sosial akan terlihat jauh atau menjauh dari teman-teman atau masyarakat yang ada disekitarnya, karena mereka lebih cenderung berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan teman dunia mayanya.

f) Dan pelajar dalam berinteraksi di jejaring sosialnya, dalam segi pembahasan lebih sering membahas hal-hal diluar pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi nilai-nilai prestasinya, karena mereka lupa akan waktu belajar dan menimbulkan rasa malas.

g) Internet menyuguhkan bermacam-macam hiburan yang dirangkai khusus dimedia seperti: Game online, Musik, dan film-film. Hiburan yang seperti itu dapat membuat mereka kecanduan karena keasyikan dari hiburan-hiburan yang menarik dan modern. Hiburan seperti itu bukan tidak boleh untuk dinikmati atau dikonsumsi, hiburan tersebut dapat dikonsumsi hanya untuk penyegaran otak saja, agar tidak terlalu lelah, bukanya menjadikan mereka lupa akan tugas-tugas mereka contohnya: tugas belajar.

Itu adalah beberapa pengaruh internet untuk yang penggunaannya, pengaruh dari segi positif hingga negatif. Tetapi disisi positif internet dapat membantu kita dalam proses pembelajaran dalam memperoleh informasi, karena internet telah menyuguhkan media yang dapat memberikan info yang luas. Tetapi disisi negatif juga, mereka lebih sering meninggalkan waktu belajarnya, dan tidak memanfaatkan waktu belajarnya dengan baik. Sehingga dapat mengurangi nilai-nilai prestasi mereka, dan menjauhkan mereka dari orang-orang yang ada disekitarnya. Karena mereka lebih cenderung berinteraksi dengan jejaring sosial ataupun teman-teman dunia mayanya, dan dengan mudahnya kejahatan terjadi.

Maka peran orang tua sangat penting dalam mendidik maupun mengawasi perkembangan zaman yang terus menerus semakin berkembang, yang nantinya akan putra/putri nya kuasai. Selain itu orang tua mengawasi putra/putri nya agar terhindar dari hal-hal yang negatif dan dapat mempengaruhi nilai-nilai prestasinya maupun nilai-nilai kepribadianya

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMK NEGERI 1 KARANGANYAR

Wassalamualaikum wr wb.

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak kepala SMP BLABLABLA

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru

Serta teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada halangan apapun. amin

Yang kedua kalinya tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiah.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengaruh internet bagi pelajar mengingat betapa familiarnya internet di kalangan remaja saat ini.

Dengan seiringnya zaman maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Dimana kita telah mengenal internet. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan HP yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya. Atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan warnet. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya
diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

Internet selain memiliki dampak positif juga memilikii dampak negative. Telah kita ketahui dampak2 positif dari internet yaitu kemudahan2 yang kita dapat seperti misal dalam dunia pendidikan penggunaannya di ramu dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga pengetahuan dapat di serap dengan baik karena lebih menarik dan menyenangkan, selain itu juga member manfaat lain melalui program aplikasi missal berbentuk games(permainan) membuat pelajar memiliki daya imajinasi yang tinggi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dampak negativenya contohnya membuat pelajar menjadi kecanduan seperti games dan aplikasi lainnya yang sedang hot saat ini adalah facebook yang mengakibatkan lupa waktu dan memacu anak menjadi malas belajar. Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh. Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah, namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan ada lebih kurangnya saya mohon maaf sebesar2nya. Akhir kata wabillahitaufiqwalhidayah

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Marilah kita limpahkan puji dan syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul kembali di kelas Manajemen B, Yang terhormat Ibu Dirah selaku Dosen Bahasa Indonesia dan yang saya sayangi teman-teman Manajemen B.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Kehidupan Remaja.

Saya memilih internet sebagai topik pidato saya, karena internet sudah menjadi fenomena nyata yang sudah merasuki kehidupan pribadi, jurnalistik, bisnis, pendidikan, pemerintahan, bahkan percintaan. Seperti yang kita ketahui, internet merupakan dunia tanpa batas yang bisa diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Penggunaan internet bagi remaja bermacam-macam.

Penggunaan internet dapat membawa pengaruh positif maupun negatif terhadap remaja. Positifnya, internet dapat menjadi pusat informasi dalam media pembelajaran atau sebagai sarana penunjang dalam belajar. Kita bisa mencari informasi seputar pelajaran yang dibahas di sekolah, ataupun informasi pengetahuan umum yang tidak kita pelajari di sekolah.

Internet juga bisa menjadi media komunikasi remaja. Melalui jejaring sosial yang sudah beraneka macam, kita dapat berkomunikasi dengan orang banyak yang kita kenal maupun tidak kita kenal di belahan dunia. Dengan jejaring sosial ini, kita bisa menambah banyak teman dan bertukar informasi. Bahkan, melalui internet, remaja dapat mengembangkan talenta yang dimilikinya seperti membuat situs sendiri dan mengembangkannya, membuat cerpen dan mempublikasikannya di blog, dan lain-lain.

Namun, internet juga memiliki sisi negatif terhadap kehidupan remaja. Seperti membuat remaja menjadi ketergantungan terhadap internet. Terkadang, remaja menyalahgunakan internet. Mereka membuka situs yang terdapat gambar-gambar, video-video pornografi, dan kekerasan. Padahal, hal itu sangat berpengaruh terhadap kejiwaan, moral, kepribadian, dan konsentrasi remaja. Sisi negatif lainnya dari internet yaitu, Net gaming dan computer addiction. Dimana remaja mengalami kecanduan terhadap game online atau game offline yang mereka download dan instal dari internet yang membuat mereka menjadi lupa terhadap pekerjaannya.  

Contoh lainnya yaitu, penipuan. Ini sering terjadi pada remaja yang sangat hobby berbelanja melalui internet. Kita bisa membeli sesuatu hanya melalui internet.Kita melihat barang yang akan kita beli, kemudian kita hanya disuruh mentransfer uang yang sejumlah dengan harga barang tersebut melalui bank. Banyak orang yang membeli sesuatu dari internet, dan sudah mentransfernya. Namun, barang yang dia beli tak juga datang. Ini berarti, internet bisa menjadi motivator dan penghancur generasi muda.  

Untuk itu, marilah kita gunakan internet dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pribadi kita dalam menyongsong masa depan.

Sekian Pidato yang saya sampaikan, bila ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Karena, manusia tidak ada yang sempurna, yang sempurna hanya Allah Swt.

Wabillahitaufiq walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  

Incoming search terms:

  • pidato bahasa jawa tentang dampak jejaring sosial
loading...