Pidato Anak : .

.

. .

Sahabat dai, Apa kabar? Alhamdulillah, Luar Biasa Allahu Akbar, Yes. Masyallah..

Sahabat dai yang dirahmati Allah,

Satu hal yang menjadi persoalan bagi umat Muslim adalah tentang Sholat. Apa.!? Sekali lagi..! Di sini kami yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa para dewan juri dan semua yang hadir di sini pernah merasakan bangku TK atau Sekolah Dasar, betul? Pasti guru-guru, ustadz kita, kiyai kita pernah mengajarkan seperti ini, "Anak-anak rukun Islam ada lima yang pertama Syahadat yang kedua Sholat yang ketiga zakat," dan seterusnya, dan seterusnya, maka di sinilah kami akan membahas rukun Islam sesudah syahadat, apa ayo..? Sekali lagi..! Nah, sholat adalah salah satu hal yang paling penting dalam agama Islam, dan ulama’ pun pernah mengatakan :

.

Sholat adalah tiangnya agama, dan barang siapa yang mendirikannya ia sama saja memperkuat atau memperkokoh agama itu sendiri.

Tetapi, barang siapa yang meninggalkannya, ia sama saja merobohkan agama itu sendiri,Naudzu billah min dzalik…

Jadi, sahabat dai yang dirahmati Allah,

Jangan pernah meninggalkan sholat, bahkan Allah pun berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an surah Al-Ma’un ayat 4 :

Maka celakalah orang yang sholat, Lho, orang sholat kok celaka..? Kenapa?

Jangan salah dulu, orang shalat yang celaka adalah orang yang sering menunda-menunda waktu sholat, melalaikan sholat. Ketika adzan dikumandangkan, eh.., malah enak facebookan, ketika azan pun dikumandangkan, eh.., malah enak-enak SMSan, ketika adzanpun dikumandangkan, eh.., malah enak bermesraan dan pacaran.

Maka di sini sudah jelas bahwa sholat adalah salah satu hal yang sangat penting dalam agama Islam, oleh karena itulah mari kita perbaiki diri kita! Yang sholatnya masih sering bolong, sekarang dibenarkan ya? Karena satu sholat yang kita tinggalkan itu sama saja satu tiket menuju ke neraka apalagi, dua kali, tiga kali, empat kali dan seterusnya maka neraka pun semakin dekat di hadapan kita, naudzu billah min dzalik…

Hadirin sahabat dai, di sini, kami mempunyai satu syair yang bisa kita renungkan bersama. Mau dengar apa nggak? Yuk, nyanyi bareng-bareng..,

.

Repote dadi pedagang, sholate digawe gampang, opomaneh wayahe laris, durung sholat ngakune uwes. Repote dadi pejabat, sholate disendat-sendat, opomaneh, wayahe rapat, sholate diloncat-loncat.

Hadirin sahabat dai yang dirahmati Allah,  

Jangan pernah meninggalkan sholat, sholat adalah keutamaan ibadah, seorang muslim tak bisa dinamakan muslim sejati jika sholatnya masih belum benar. Bahkan Allah berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi:

Sesungguhnya sholat bisa mencegah perbuatan keji dan Munkar. Jadi, seseorang yang sudah melakukan sholat dengan baik dan benar, maka otomatis perbuatan kesehariannya akan baik, namun jika dia sering meningalakjan sholat, sholatnya masih banyak yang tertunda, masih banyak yang ditinhgalkan, maka pintu kemaksiatan akan terbuka lebar untuk dirinya.

Hadirin sahabat dai yang dirahmati Allah,

Mari kita saling menengadahkan tangan sebagaimana yang Rasulullah ajarkan kepada kita, seraya berdoa,

.

Demikian yang bisa kami sampaikan. Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan. Jika ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi. Jika Syahrul dan kawan-kawan punya umur panjang, maka bolehlah kita berjumpa lagi.

Sekian dari kami,

Beli es di negara Dubai, see you next time and bye-bye.

.