Naskah Pidato CAMPUR : Selamat Pagi/Siang/Malam

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat Pagi/Siang/Malam

Salam Sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat,

wisudawan wisudawati

Civitas Akademi STIK Immanuel Bandung

Ketua STIK Immanuel Bandung

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Greja Kristen Pasundan

Ketua Majelis Sinode atau yang mewakili

Ketua Kopertis Wilayah IV atau yang mewakili

Ketua Dinas Kesehatan Jawa Barat atau yang mewakili

Puji Syukur selayaknya kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas kehendak-Nya kita semua dapat berkumpul bersama disalam ruangan ini dalam suasana damai dan sangat berbahagia untuk mengikuti acara wisuda ke-XX STIK Immanuel Bandung. Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mewakili rekan-rekan wisudwan/i dalam menyampaikan kata sambutan dalam acara wisuda ini. Sungguh suatu kehormatan dapat berdiri dihadapan rekan-rekan wisudawan/i yang saya banggakan.

Akhirnya setelah 3 sampai 4 tahun lamanya kita semua dapat menyelesaikan perkuliahan ini dengan penuh suka dan duka. Kita semua akan menuju ke gerbang baru dimana pasti akan lebih banyak hal-hal baru yang menantang, yang paling penting untuk tahap ini kita LULUS. Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada hari ini. Apapun predikat kelulusan kita, kita yakini bahwa itu adalah hasil yang terbaik yang bisa kita dapatkan. Lihatlah, bahwa pada hari ini tidak hanya teman-teman wisudawan/i yang tersenyum bahagia, melainkan orang-orang disekitar kita yang selama ini mendukung kita telah dapat tersenyum bahagia. Karena pada hakikatnya yang menjadi kebahagiaan bagi kita adalah kebahagiaan besar bagi mereka. Our happiness is their happiness.

Teman-teman wisudawan dan wisudawati yang berbahagia,

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan beberapa hal. Hal yang pertama adalah mengenai persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang ada dan begitu banyaknya lulusan-lulusan sekolah kesehatan kita dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Selain itu, kita juga tidak bisa terus bergantung kepada lapangan pekerjaan yang ada. Kita harus mencoba untuk tidak terus mencari pekerjaan, melainkan kita lah yang harus membuka lapangan pekerjaan itu sendiri. Tidak mudah memang, tapi saya yakin kita bisa untuk merubah pola pikir seorang pegawai menjadi seorang entrepeneur. Mungkin teman-teman pernah mendengar ada anggapan orang lain bahwa sukses berwirausaha hanyalah milik orang yang pernah dikeluarkan ketika sekolah. Itu adalah ungkapan yang jelas sekali salah. Ungkapan seperti itu keluar mungkin karena banyak orang-orang ternama seperti steve jobs, bill gates, dan mark zuckerberg yang telah sukses dan berawal dari dikeluarkannya dari sekolah. Namun, bukan itu sebenarnya nilai yang harus ditangkap. Nilai yang harus kita petik dari cerita mereka adalah Mereka saja bisa sukses sebelum mereka membereskan belajarnya, apalagi kita yang sudah selesai menyelesaikan belajar, harus lebih sukses dari mereka.

Hal yang kedua adalah saya mengajak bagi teman-teman semuanya yang masih mampu dan mempunyai kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Saya teringat dengan judul pidato Steve Jobs pada acara wisuda Stanford University, 12 Juni 2005 yaitu Stay Hungry, Stay Foolish. Jangan pernah puas dan tetaplah merasa bodoh. Jangan pernah merasa puas dengan yang kita dapatkan sekarang karena sebenarnya kita bisa mendapatkan yang lebih dari sekarang dan juga tetaplah merasa bodoh agar kita selalu ingin belajar dan belajar lagi.

Hadirin yang saya hormati,

Begitu banyak pengalaman, ilmu pengetahuan, relasi yang telah diberikan STIKI kepada kami. Semua itu tidak terlepas dari peran mentor-mentor kita di STIKI ini, yaitu Bapak dan Ibu Dosen tercinta. Kalian telah menjadi pedoman hidup bagi kami di rumah kedua kami ini. Kalian berani untuk menjatuhkan kami kedalam lembah yang berkabut padahal untuk melihat kebawah pun kami takut. Terimakasih yang sebesar-besarnya dan penahargaan yang setinggi-tingginya atas segala ilmu pengetahuan serta berbagai pembelajaran yang luar biasa telah kami dapatkan di kampus ini.

Bapak dan Ibu dosen yang saya cintai, Janganlah kalian khawatir dengan kami. Meskipun kemampuan kami masih banyak kekurangannya, tapi percayalah kami bisa berjuang dan bertahan tanpa bimbinganmu lagi. Saya yakin, kehidupan setelah ini akan jauh lebih sulit. Tapi, dengan Rido-Nya dan dengan Doa Ibu dan Bapak Dosen serta keinginan kami untuk terus membahagiakan orang tua kami, kami yakin kami akan lebih kuat dari apapun. Doakan kami, dan sampai jumpa di masa yang akan datang.

Terimakasih juga kami ucapkan kepada kedua orang tua dan segenap keluarga besar atas doa disetiap waktu dan sujudnya disetiap malam, atas pengorbanan baik berupa tenaga, pikiran, dan materi yang entah sudah tidak dapat lagi kami hitung jumlahnya, walaupun kami sadar bahwa ucapan terimakasih tidak sanggup untuk menggantikan semua yang telah mereka berikan, termasuk hari berbahagia ini yang kami berikan untuk mereka, orang tua terbaik sepanjang masa.

Hadirin yang berbahagia,

Akhir kata mewakili seluruh wisudawan/i pada hari yang berbahagaia ini saya menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada kampus STIK Immanuel ini. Sebelum saya menutup sambutan ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan satu kalimat yang semoga bisa memberikan teman-teman motivasi. Success came from honest people, so to be honest in your words, act and attitude. May Allah always be with us.

Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatian yang diberikan dan mohon maaf atas segala kekurangan

Wassalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.